Hotel Dan Pengertian Resepsionis Hotel - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Hotel Dan Pengertian Resepsionis Hotel

informasitempat, Hotel Dan Pengertian Resepsionis Hotel - Apa itu Resepsionis hotel? Resepsionis hotel adalah penerima tamu di kantor depan memiliki banyak istilah atau sebutan. Ada yang menyebutkannya dengan istilah Frint Desk Agent, Front Desk Clerk, Guest Service Agent, Guest Room Service, dan Receptionist.

Yang Dimaksud Dengan Resepsionis Hotel


Gambar Hotel Dan Pengertian Resepsionis Hotel


Semua istilah yang disebut diatas sama artinya, hanya saja cara penyebutannya berbeda, sebagaimana yang dijelaskan oleh J. Martin (1991:45) dalam bukunya Human Relation for the Hospital Industry bahwa :

"The front desk of a hotel or motel is usually the primary nexus between guest and hotel or moter. The person working the front desk, whatever the job title - front desk clerk, receptionist, gues seruvuce agent - is a person who registers dan checks the guest in and out, keeps records by hand or computer, relates to the houskeeping and other departements, and generally operates an information and record center".

Lebih lanjut Robert. J. Martin, memberikan definisi tentang resepsionis/Desk Clerk, sebagai berikut :
"Desk clerk in hotels or motels are often the first people to greet incoming guest. They register the guest. They register the guest, assign a room to them, issue the room key, and often provide information about services available in the hotel and in the community.

Berdasarkan pendapat Robert J. Martin, jelas bahwa istilah apapun yang dipakai untuk menyebut penerima tamu, dia adalah seseorang yang bekerja atau bertugas di Depan Hotel.

Apa Itu Desk Clerk?

Desk Clerk adalah orang atau petugas yang pertama kali menyambut dan memberi salam kepada setiap tamu yang datang ke hotel tersebut. Seorang resepsionis lalu akan mendaftarkan tamu, mencarikannya kamar yang siap ditempati tamu baik itu atas saran atau permintaan dari tamu itu sendiri, memberikan atau mengeluarkan kunci kamar.

Seorang resepsionis juga harus menyediakan informasi bagi tamu hotel yang berhubungan dengan pelayanan atau fasilitas yang tersedia di hotel serta informasi lainnya di luar hotel. Di sebuah hotel besar atau kecil, kita lihat bahwa tugas seorang resepsionis sangat kompleks. Hal ini dikarenakana tugas rangkap atau ganda yang harus diterimanya.

Misalnya, pada sebuah hotel kecil, seorang Desk Clerk juga menjadi seorang kasir, operator telepon, menangani reservasi serta menyediakan informasi. Dengan perkembangan teknologi, dimana tugas seseorang yang dulunya dikerjakan secara manual, tidak mustahil dalam abad milenium ini semua tugas tersebut dapat di handle oleh sebuah komputer yang canggih.

Baca Juga Metodelogi Perhitungan Biaya Layanan IT Konseptual

Begitu juga yang sekarang ini terjadi pada industri hotel. dulu di sebuah hotel besar kita jumpai banyak petugas, seperti : penerima tamu, pemberi informasi, petugas kasir, petugas reservasi kamar, dan lainnya. Tetapi sekarang ini, tugas yang begitu banyak di sebuah hotel besar cukup di handle oleh seorang Desk Clerk saja. Ini dimungkinkan karena di hotel tersebut semua proses data tamu sudah didukung komputerisasi. Oleh karena itu Desk Clerk dituntut untuk bekerja secara profesional.

Sedangkan Renner (1981 :114) dalam bukunya Basic Hotel Front Office Procedures, menjelaskan bahwa :

" The first contact with the hotel personnel may be a doorman or bellman, but most likely, it will be a Desk Clerk. he is the prime representative of the hotel, the management and all other employes working for it. The first impression will make all the difference in how the guest will view the hotel and subsequently enjoy their stay; they will then make the establishment."

Baca Juga 3 Cara Mengetahui Kepribadian Dari Cara Berjalan

Penutup

Dari pendapat Renner diatas dapat dikatakan bahwa bisa saja tamu pertama-tama berhubungan dengan pihak hote dengan seorang doorman atau bellboy, tetapi kebanyakan yang terjadi adalah tamu berhubungan dengan Desk Clerk. Dialah wakil utama hotel, manajemen, dan seluruh karyawan yang bekerja di hotel. Kesan pertama akan mempengaruhi pandangan tamu mengenai hotel untuk menikmati kunjungan atau katu tinggal di hotel tersebut.

Baca Juga Cara Resepsionis Hotel Menghadapi Masalah Reservasi Kamar

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel