3 Masalah Reservasi Kamar, Pendaftaran Tamu Dan Status Kamar Hotel - Tempat Informasi -->

Sponsor:

3 Masalah Reservasi Kamar, Pendaftaran Tamu Dan Status Kamar Hotel

informasitempat, Masalah Reservasi Kamar, Pendaftaran Tamu Dan Status Kamar Hotel - Sebagai resepsionis hotel selalu berusaha terampil dan inspiratif, karena seorang resepsionis hotel tidak lepas dari permasalahan yang berkaitan dengan tamu hotel, kamar hotel, pelayanan hotel dan lain sebagainnya yang menyangkut perhotelan.

Cara Resepsionis Mengatasi Masalah Tamu Hotel Dan Kamar Hotel


Gambar 3 Masalah Reservasi Kamar, Pendaftaran Tamu Dan Status Kamar Hotel


Kata siapa seorang resepsionis itu tugasnya mudah? Sebagai orang yang terdepan dan pertama ditemui oleh tamu hotel adalah resepsionis, jadi tugas resepsionis harus mengetahui tentang apa saja masalah yang harus dihadapi, tipe tamu seperti apa yang datang ke hotel dan tahu tentang sttus kamar hotel. Oleh karena itu mari kenali apa saja masalah yang dihadapi seorang resepsionis hotel.

3 Masalah Reservasi Kamar Hotel

1. Sumber Masalah Bagi Resepsionis Dalam Proses Reservasi Kamar Hotel

Sumber masalah bagi seorang resepsionis dalam proses reservasi kamar hotel untuk tamu hotel terkadang tidak bisa dihindari, dan itu penyebabnya adalah kesalahan dari diri kita sendiri. Silahkan Baca Resepsionis Hotel Dan Cara Resepsionis Menerima Tamu , Sumber masalah dan hambatan yang memungkinkan reservasi kamar tidak berjalan pada umumnya adalah sebagai berikut :

A. Data Kamar Yang Tersedia Tidak Akurat, Seperti :
  • Berapa kamar yang sudah dipesan
  • Berapa kamar yang sisa atau masih tersedia (available)

B. Keraguan Dalam Menerima Reservasi Kamar
  • Semestinya kita menerima reservasi kamar, tetapi kita menolaknya

C. Kealpaan dalam melepaskan kamar yang sudah di blok untuk tamu rombongan tepat pada waktunya
  • Tamu yang mengubah jadwal check-in, kalau tidak segera dilaksanakan, akan menimbulkan masalah karena kamar untuk tamu group banyak
D. Kesalahan Dalam Kearsipan Reservasi Kamar Menurut Tanggal Kedatangan Atau Urutan Abjad.

E. Ketelambatan Mendapat Harga Kamar Dalam Paket (package) Reservasi Kamar
  • Reservation clerk salah dalam memblok kamar, misalnya ia memblok kamar standar, sedangkan tamu hotel sebenarnya ingin minta kamar deluxe

F. Kurang Mampu Dalam Mempersiapkan Jumlah No Show, Understay, Overstay, dan dampaknya terhadap jumlah tamu yang diharapkan.
  • Hal ini dapat ditanggulangi dengan cara mendapatkan data tamu, misalnya data sehubungan dengan tanggal, hari, jam, dan kedatangan tamu.

G. Kegagalan Untuk Mendapatkan Seluruh Informasi Untuk Melengkapi Pencatatatan Reservasi Kamar.
  • Proses pencatatan berhasil dengan baik, misalnya :
  • Jika tamu melengkapi kartu garansi dengan lengkap dan benar
  • Apabila kita dapat memenuhi permintaan kamar dengan lengkap dan benar
  • Apabila resepsionis melaksanakan dengan cara efisien, tepat, cepat dan benar.


2. Sumber Penyebab Masalah Atau Hambatan Resepsionis Dalam Proses Pendaftaran Tamu

Hal-hal yang dapat menjadi penyebab atau penghambat kelancaran proses pendaftaran tamu hotel adalah sebagai berikut :

A. Informasi tentang kamar yang tersedia tidak akurat yang disebabkan oleh penentuan kamar yang tidak baik, misalnya :
  • Resepsionis mengirim tamu ke kamar dengan status OO, CO, OC dan sebagainya. hal ini terjadi karena ketidaktelitian dalam menentukan kamar hotel.
B. Kegagalan untuk memperoleh informasi tentang tanggal keberangkatan tamu hotel

C. Pengecekan status kamar berkaitan dengan houskeeping report tidak dilaksanakan dengan baik.

D. Tidak tersedianya dokumen koresponden tamu yang dibutuhkan, misalnya : tidak pasti tentang pembayaran, hal-hal khusus, dan tentang keinginan tamu.

E. Kegagalan untuk menetapkan dengan benar harga kamar yang akurat
misalnya, harga kamar kontrak harus ada dokumen kontrak.

3. Sumber Penyebab Masalah Resepsionis Dalam Proses Status Kamar

Hal-hal yang biasanya menjadi penyebab kegagalan dalam proses status kamar, antara lain :
A. Informasi yang kurang akurat dalam hunia kamar yang disusun oleh houskeeper
informasi yang dikirim oleh staf Houskeeping Office tidak dengan yang sebenarnya ke Kantor Depan

B. Kurang lancarnya penyediaan informasi anatar departemen terkait

C. Kesalahan dalam menjaga informasi yang akurat pada room rack.

Status Kamar Hotel

Apa yang harus dilakukan oleh resepsionis untuk mendapatkan status kamar hotel yang akurat di Kantor Depan?
  • Bekerja sama dengan baik dengan Housekeeper Departement.
  • Mencocokan status kamar dengan Housekeeper Report.   

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel