Hotel, Pengertian Tamu Hotel Dan 8 Jenis Tamu Hotel - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Hotel, Pengertian Tamu Hotel Dan 8 Jenis Tamu Hotel

informasitempat, Pengertian Tamu Hotel Dan 8 Jenis Tamu Hotel - Apa itu tamu hotel? Tamu hotel adalah tamu yang datangnya dari berbagai negara dan menginap di sebuah hotel dan tentu masing-masing mempunyai tujuan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Berlangsunganya suatu bisnis hotel sangat ditentukan oleh jumlah tamu hotel. Karena tamu hotel, baik yang menginap atau yang menggunakan jasa hotel lainnya merupakan sumber penghasilan atau pendapatan suatu bisnis hotel.

Jenis Tamu Hotel Yang Harus Diketahui


Gambar Hotel, Pengertian Tamu Hotel Dan 8 Jenis Tamu Hotel


Sebelum kita mengurai lebih lanjut mengenai tamu hotel, terlebih dahulu perlu kita bahas definisi dari tamu hotel, sebagaimana telah dikutip dari beberapa sumber.

Menurut buku Himpunan Peraturan Usaha Akomodasi Bidang Usaha Hotel (1992:2) dinyatakan bahwa : Tamu hotel adalah orang yang menginap dan atau mempergunakan jasa-jasa lainnya yang disediakan oleh hotel. Tamu Hotel adalah lebih lanjut, Paul B. White dan Helen Beckley (1975 :1) dalam bukunya Hotel Reception menjelaskan tentang tamu sebagai berikut :

  1. Tamu hotel adalah orang yang paling penting di hotel
  2. Tamu hotel tidak tergantung pada kita, tetapi kita tergantung pada tamu hotel
  3. Tamu hotel bukan orang yang menggangu pekerjaan kita, sebaliknya, ia adalah tujuan dan harapan kita.
  4. Kita tidak berbuat baik dengan melayani tamu hotel, tetapi tamulah yang berbuat baik dengan memberi kita peluang untuk melayani.
  5. Tamu hotel bukan orang asing bagi kita tetapi ia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari usaha kita.
  6. Tamu hotel bukan barang tidak berjiwa, tamu hotel memiliki rasa emosi dan dengan bias serta prasangka sebagaimana kita juga.
  7. Tamu hotel tidak boleh ditentang, karena argumentasi kita tidak membawa keuntungan.
  8. Tamu hotel akan menyampaikan keinginan mereka yang harus dilayani dengan keuntungan timbal balik.

Peran Tamu Hotel Bagi Sebuah Hotel

Berdasarkan definisi diatas bahwa betapa pentingnya seorang tamu bagi sebuah hotel. Oleh karena itu, faktor yang terpenting adalah bagaimana memberikan pelayanan yang PRIMA kepada setiap tamu yang datang ke hotel.

Semua karyawan hotel harus menanamkan dalam benaknya bahwa dalam melayani, kenyamanan setiap tamu hotel adalah yang terpenting. Dengan demikian, pimpinan maupun karyawan hotel harus berusaha menarik dan mendatangkan tamu ke hotel, melayani tamu hotel secara memuaskan selema tamu hotel tinggal di hotel, dan berusaha agar para tamu mau kembali lagi di masa yang akan datang untuk tinggal dan menginap di hotel tersebut.

8. Jenis-Jenis Tamu Hotel

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas bahwa seorang tamu hotel adalah bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis sebuah hotel. Oleh karena itu, seorang tamu layak mengharapkan dan mendapatkan pelayanan yang profesional dari sebuah hotel.

Setiap tamu hotel ingin memperoleh sesuatu yang melebihi nilai yang dharapkannya dari harga yang mereka bayar. Untuk itu, seorang resepsionis jangan sampai membuat tamu memiliki kesan bahwa harga yang merekan bayar tidak sepadan dengan pelayanan yang mereka peroleh. Pada umumnya jenis-jenis tamu hotel yang menginap disuatu hotel dapat di klasifikasikan sebagai berikut :

1. Domestic Tourist

Tamu hotel jenis domestic tourist ini adalah para wisatawan lokal atau daerah yang tinggal atau menginap pada suatu hotel, misalnya pada waktu weekends, special function, dan atau untuk aktivitas lain.

2. FITS (Free Independent Travellers)

Tamu hotel jenis FITS ataua free independent travellers adalah tamu yang melakukan perjalanan secara sendiri (individual). Dan tidak terikat dalam satu rombongan atau group. Biasanya jenis tamu ini melakukan reservasi kamar langsung ke hotel dan umumnya hanya mereservasi kamar (room only)

3. GITs (Group Inclusive Tours)

Jenis tamu GITs atau group inclusive tour ini adalah tamu hotel yang melakukan perjalanan secara bersamaan dalah suatu Package Tour. Biasanya jenis tamu hotel ini, jika melakukan perjalanan dengan perantara travel agent, sehubungan dengan penginapan (hotel atau akomodasi), makan, minum, sudah diatur oleh travel agent yang bersangkutan karena mereka sudah membeli dalam bentuk package.

4. SITs (Special Interest Tours)

Tamu hotel SITs atau special interest tours adalah jenis tamu suatu rombongan yang berkunjung ke suatu tempat, biasanya dengan tujuan khusus seperti mengunjungi tempat wisata dan lainnya.

5. CIPs (Commercially Important Persons)

Tamu hotel jenis ini adalah tamu hotel executive dari suatu perusahaan besar yang selalu berpergian dan menginap di hotel yang mewah. biasanya reservasi kamarnya dilakukan oleh seorang sekretaris.

6. SPATTs (Special Attention Guests)

Jenis tamu hotel SPATTs atau special attention guests adalah tamu hotel yang membutuhkan perhatian lebih atau perhatian khusus, seperti tamu yang sudah tinggal lama dalam sebuah hotel, tamu hotel yang sakit, tamu hotel yang sudah lanjut usia, atau tamu hotel yang cacat dan tamu hotel yang lainnya.

7. VIPs (Very Important Persons)

Tamu hotel jenis VIP atau Very Important Persons adalah tamu hotel yang dianggap penting dalam sebuah hotel, seperti : Selebrities, tamu-tamu yang menginap di kamar yang harganya mahal, para pejabat pemerintahan, executive dari perusahaan, tamu-tamu yang sering menginap di hotel dan lainnya.

8. Regular Guest

Tamu hotel jenis ini adalah tamu hotel yang menginap di sebuah hotel umumnya tamu tersebut menginap pada sebuah hotel tanpa membuat reservasi terlebih dahulu. Contohnya adalah : businessman. atau business travellers. regular guest sering juga disebut dengan istilah Walk in Guest.

Walaupun ada perbedaan istilah jenis-jenis tamu seperti yang telah diuraikan di atas, ini bukan berarti utuk membedakan perlakuan dalam melayani tamu hotel. Setiap tamu hotel yang datang (check-in) ke hotel layak mendapatkan pelayanan Prima oleh pihak hotel. Oleh karena itu, seorang resepsionis hotel harus selalu ingat bahwa setiap tamu adalah istimewa (every guest is special one).

Baca Juga 4 Cara Meningkatkan Karir Agar Semakin Bersinar

Penutup

Dengan cara pandang sperti itu seorang resepsionis akan memperolah feed back yang baik dari setiap tamu. dengan demikian, sikap profesional seorang resepsionis sangat diperlukan sehubungan dengan pelayanan yang diberikannya kepada setiap tamu yang datang ke hotel.

Baca Juga 11 Faktor Seseorang Memilih Menginap Di Sebuah Hotel

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel