Hotel Dan Produk Hotel - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Hotel Dan Produk Hotel

informasitempat, Hotel Dan Produk Hotel - Guest Room (kamar tamu) merupakan produk utama hotel karena pendapatan yang dihasilkan kamar merupakan sumbangan besar penghasilan terhadap operasional sebuah hotel. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Sue Baker (1992 :22) dalam bukunya Principles of Hotel Front Office Operations : "The sale of room is one of the main products to be provided by a hotel; it is also very often the principal source of hotel revenue".

Apa Saja Produk Hotel?


Gambar Hotel Dan Produk Hotel


Mengingat hotel berfungsi sebagai suatu sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu, yang mana bisa berfungsi sebagai tempat tinggal sementara selama jauh dari tempat asalnya. Maka kebutuhan tamu sama halnya dengan kebutuhan dasar manusia lainnya, yaitu berupa kebutuhan fisik seperti : sandang dan pangan serta kebutuhan psikis, seperti : harga diri, ketenangan, keamanan, ketentraman, dan penghargaan atas prestasi dirinya diharapkan dapat terpenuhi. Kebutuhan pokok dalam suatu hotel adalah istirahat, tidur, mandi, makan, minum dan lain-lainnya.

Berbicara mengenai produk hotel sebenarnya berkaitan dengan fasilitas dan pelayanan yang ada dan diberikan oleh suatu hotel. Adapun produk hotel dan fasilitas yang terdapat dalam suatu hotel antara lain : kamar tamu (guest room), makanan dan minuman (food anda beverage) dan jasa-jasa lainnya (other service).

3 Produk Hotel

1. Kamar Tamu (Guest Room)

Dalam bukunya Accomodation Management (1986:182), Rosemary Hurst menjelaskan bahwa : "The guest room is temporary home and refuge for travelellers of many different nationalities and as such should offer privacy and quitness, warmth, security, and facilities for relaxation; it should provide a space to rest and to take stick of a new and often strange, environment in clean and congenital".

Berdasarkan pendapat Rosemary Hurst, kamar tamu hotel adalah rumah sementara dan tempat perlindungan bagi penunjang dari berbagai macam kebangsaan dan begitu juga harus memberikan kebebasan pribadi, ketentraman, kehangatan dan fasilitas untuk istirahat serta harus mempunyai lingkungan yang bersih dengan keadaan sekitarnya yang menyenangkan.

Produk hotel (kamar) tidak hanya terdiri dari ruang kamar, jadi penjual kamar di hotel dalam hal ini staf Front Desk, yaitu resepsionis, juga harus mengetahui fasilitas dan pelayanan (service) tambahan lainnya di dalam kamar hotel tersebut.

Fasilitas dan pelayanan tambahan lainnya dalam hotel tersebut diantaranya adalah : apakah ada room service, dan termasuk semua fasilitas pool view, mini bar, house movies, apakah tamu dapat menggunakan dial direct dari kamarnya, apakah ada room service, dan termasuk semua fasilitas pelayanan serta amenities yang mungkin termasuk dalam produk hotel yaitu kamar hotel (guest room). 

Untuk itu seorang resepsionis hotel perlu memiliki pengetahuan tentang produk hotel yang akan dijual kepada para tamu hotel. sebagaimana dijelaskan oleh Sue Baker, bahwa : "The front office staff should have full knowledge of what is included in the accommodation package of a hotel ". Karena setiap tamu yang datang ke hotel memiliki kebutuhan berbeda, biasanya hotel menyediakan berbagai jenis kamar. Dengan kata lain, sebuah hotel selalu menawarkan jenis kamar yang berbeda kepada tamu hotel.

Perbedaan jenis kamar hotel ini dapat berupa ukuran kamar, view kamar, fasilitas, dan pelayanan yang tersedia dalam kamar tersebut. Bagi seorang resepsionis, kamar-kamar tamu adalah hal yang sangat penting untuk diketahuinya. Maka sangat aneh jika seoarang resepsionis menjual suatu kamar kepada tamu bila seorang resepsionis hanya mengetahui sebagian informasi saja.

Memang terkadang tidak mudah menguasai atau memahami berbagai informasi tentang kamar hotel beserta fasilitasnya, terlebih lagi tentang informasi yang berhubungan dengan hotel besar yang memiliki berbagai kenis kamar dengan berbagai fasilitas yang berbeda. Untuk itu, seorang resepsionis perlu disediakan "guest room checklist". Checklist dibawah ini merupakan contoh bantuan untuk seorang resepsionis dalam menjual suatu kamar hotel kepada tamu.

2. Makanan Dan Minuman (Food And Beverage)

Umumnya dalam suatu hotel produk ini dibagi dalam dua jenis, Yaitu :

A. Food Service (pelayanan makanan) Hotel
Food service atau pelayanan makanan adalah bagian yang mengkhususkan pekerjaannya pada pelayanan makanan, sedangkan pelayanan minuman hanya sebagai pelengkap. Adapun yang tergolong dalam pelayanan makanan adalah seperti : restoran, catering/baquet. dan room service.

B. Beverage Service (Pelayanan Minuman) Hotel
Pelayanan minuman atau beverage service adalah bagian yang mengkhususkan tugasnya pada pelayanan minuman beralkohol (soft drink). Sedangkan makanan dalam bentuk snack disajikan sebagai pelengkap. adapun yang tergolong dalam peyanan minuman (beverage service) adalah seperti : bar, snack bar, lounge, discotique dan lainnya.

3. Other Service (jasa Lainnya)

Other service atau jasa lainnya adalah kelompok produk hotel selain Rooms dan Food and Beverage, yang secara terpisah disajikan kepada tamu untuk memperoleh income tersendiri. Adapun produk yang tergolong dalam jasa lainnya adalah seperti : Businsess Centre, Drug Store, Loundry and Dry Cleaning, pelayanan telekomunikasi, dan lain sebagainya.

Sebagaimana dijelaskan dalam buku Himpunan Peraturan Usaha Akomodasi Bidang Usaha Hotel (1992:2) bahwa : "Jasa lainnya adalah semua jenis sarana dan kemudhana yang disediakan oleh hotel untuk melayani tamu hotel yang dapat berupa jasa pemenuhan kebutuhan sehari-hari, kebutuhan profesi, kebutuhan olahraga, kebutuhan rekreasi, dan hiburan umum".

Baca Juga 8 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Dunia Kerja

Penutup

Tentunya dengan menguasai informasi mengenai produk hotel yang dijual kepada tamu, baik kepada tamu yang menginap maupun kepada tamu yang hanya makan dan minum di hotel, seorang resepsionis akan mudah menjual semua produk yang dimiliki oleh hotel tersebut. Oleh karena itu, pengenalan terhadap dan pengetahuan mengenai produk atau fasilitas hotel sangat penting bagi seoarng resepsionis hotel.

Baca Juga Cara Menuju Sukses Dalam Karir

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel