Hotel, Resepsionis Hotel Dan Hotel Image - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Hotel, Resepsionis Hotel Dan Hotel Image

informasitempat, Resepsionis Hotel Dan Hotel Image - Bagian Hotel, kantor depan adalah salah satu kantor departemen di hotel yang secara operasional berhubungan langsung dengan para tamu. kantor depan termasuk bagian depan hotel yang berada di departemen akuntansi yang tidak langsung berhubungan tamu sering disebut dengan istilah back Of The House Departement.

Pengertian Hotel Image


Gambar Hotel, Resepsionis Hotel Dan Hotel Image


Kantor depan merupakan pusat kegiatan hotel, tugas dan fungsinya sangat kompleks. Maka sangat wajar jika departemen ini dianggap sebagai pusat kegiatan hotel. Kantor depan hotel adalah pusat informasi, sebagai sumber informasi yang diperlukan tamu atau departemen lain di hotel. Front Desk merupakan First Impression bagi para tamu dan juga sebagai last impression, termasuk kesan yang memuaskan meupun kesan yang kurang memuaskan.

Hal ini sangat tergantung pada pelayanan yang diberikan oleh semua karyaw Front Desk karena di tempat inilh justru lebih sering terjadi hubungan antara tamu dan karyawan hotel apabila dibandingkan dengan departemen lainnya di hotel.

Hotel Image

Secara harfiah, citra hotel (hotel image) adalah segala sesuatu yang menyangkut nama baik, citra, reputasi, dan kredibilitas suatu hotel di mata para tamu. Baik atau buruknya suatu hotel, itulah citra hotel. Dengan semakin ketatnya persaingan di bidang Hospitality Industry, khususnya dibidang bisnis perhotelan (hotel business), maka penciptaan citra hotel semakin penting. Ini karena di masa yang akan datang tamu akan mencari hotel dengan reputasi baik.

Nama sebuah hotel merupakan aset yang bernilai tinggi. Untuk memperoleh reputasi yang baik diperlukan karyawan hotel yang terampil, cekatan, profesional dan berpengalaman. dengan kata lain, sikap dan tingkah laku karyawan hotel akan sangat mnentukan berhasilnya operasi sebuah hotel di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, para karyawan perlu mendapatkan pengembangan diri dalam segala aspek pelayanan yang diperlukan oleh hotel. Semua karyawan hotel mulai dari Top management sampai Production Level dituntut untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada semua tamu hotel. Oleh karena itu, setiap karyawan hotel perlu membekali diri dengan keterampilan dalam pelayanan. Dengan demikian, kepuasan tamu dapat diwujudkan, untuk menjadi karyawa hotel yang ideal diperlukan beberapa kualifikasi intelektual dan kualifikasi moral.

Faktor Sukses Bisnis Hotel

Untuk dapat unggul bersaing dengan hotel-hotel pesaing lainnya di masa yang akan datang diperlukan citra, nama baik, reputasi, dan kredibilitas yang baik pula. Inilah yang dimaksud dengan citra hotel. Sebaik apapun faktor kemewahan yang ditampilkan oleh sebuah hotel, apabila hotelnya buruk, maka dengan sendirinya tingkat hunian kamar dari hari ke hari akan semakin menurun.

Umumnya setiap hotel yang ditunjuk oleh pihak manajemen untuk membentuk citra hotel adalah Front Desk Departement, karena pada departemen inilah tamu pertama kali berhubungan dengan pihak hotel. Petugas Front Desk yang menangani langsung para tamu tersebut adalah Resepsionis (Front Desk Agent). Dan adapun tugas-tugas resepsionis hotel dalam upaya menjaga atau membentuk citra hotel adalah sebagai berikut ini.

Tugas-tugas Seorang Resepsionis 

  • Mengikuti perkembangan bisnis hotel, khususnya mengenai peraturan-peraturan yang berlaku dalam bisnis hotel
  • Mampu memberikan pelayanan yang prima sehubungan dengan informasi hotel yang dibutuhkan para tamu.
  • Mampu menjadikan dirinya sebagai penghubung (contact person) antara hotel dan para tamu.


Resepsionis hotel merupakan perpanjangan tangan manajemen hotel ketika berhubungan dengan pihak tamu. Seorang resepsionis hotel adalah ibarat corong atau juru bicara hotel karena ia harus mewakili dan membawa citra hotel. Mengingat fungsi resepsionis hotel sangat vital bagi sebuah hotel, maka orang-orang yang duduk dalam posisi atau jabatan ini meski memiliki kualifikasi, seperti : memiliki wawasan luas, analitis, dan evaluatif, juga ahli dalam masalah psikologis, diplomasi, dan lainnya.
Ini karena seorang resepsionis hotel selalu berhubungan dengan para tamu, baik tamu mencanegara maupun tamu domestik yang memiliki sifat dan kultur berbeda. Karena intensitas dengan pihak luar (tamu) sangat tinggi, ia juga harus luwes atau supel dalam bergaul, taktis, dan pandai. yang jelas, seorang resepsionis hotel harus memiliki kemampuan untuk bergaul dengan orang lain (ability to get along with other people).

Baca Juga 6 Cara Menjadi Pemimpin Yang Berkualitas

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel