Apakah Tenaga Atom Itu Dan Berapa Besar Tenaga Sebuah Atom Itu - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apakah Tenaga Atom Itu Dan Berapa Besar Tenaga Sebuah Atom Itu

Apakah Tenaga Atom Itu Dan Berapa Besar Tenaga Sebuah Atom Itu

Apakah Tenaga Atom Itu - Tenaga Atom adalah tenaga yang diperoleh dari sebuah atom, tenaga itulah yang membuat bagian-bagian atom itu dapat bersatu padu. jadi, didalam tenaga atom int i-sari atom merupakan sumber tenaga.

sedangkan tenaga ini terlepas ke luar pada saat unsur-unsur atom itu saling terpisah. pada dasarnya ada dua macam cara untuk memperoleh tenaga dari dalam atom itu, yang satu disebut "fusi" dan yang lainnya dinamakan "fissi".

Gambar Apakah Tenaga Atom Itu Dan Berapa Besar Tenaga Sebuah Atom Itu

apabila terjadi fusi, maka dua buah atom bergabung dan membentuk satu atom tunggal, fusi unsur atom ini akan berakibat keluarnya sejumlah tenaga yang sangat luar biasa besarnya dalam bentuk panas, kebanyakan dari tenaga di dalam bola matahari itu, ini adalah salah satu bentuk tenaga atom.

bentuk tenaga atom lainnya datang dari proses fissi, terjadi apabila satu atom terpecah menjadi dua, hal ini bisa terjadi dengan cara membom atau memanaskan atom itu dengan partikel-partikel atom seperti Neutron, yaitu salah satu partikel yang membentuk atom itu sendiri.

namun atom tidak selamanya terpisah pada saat atom di bom dengan Neutron, pada umumnya atom tidak dapat dipisah. tetapi atom dari zat uranium dan plutonium dapar memecah diri pada kondisi tertentu.

salah satu bentuk uranium yang diterangkan dengan istilah "U-235" (yang dikenal dengan istilah "istop" uranium) akan ter[ecah jadi dua bagian apabila atom di bom dengan neutron.

tahukah anda berapa besar tenaga yang bisa dikeluarkannya? satu pin U-235 dapat mengeluarkan tenaga lebih dari 1.000.000 kali tenaga yang dikeluarkan oleh pembakaran satu pon batu bara.

sebuah batu kerikil kecil uranium dapat menjalankan sebuah kapal angkutan barang untuk menjelajahi samudera, atau menggerakan sebuah pesawat terbang, bahkam bisa menghidupkan sebuah generator.

maka jelaskan bahwa tenaga atom sangat mungkin sekali untuk merupakan sumber tenaga utama bagi keperluan umat manusia di masa depan.

Berapa Besar Sebuah Atom

marilah kita mulai dengan satu pertanyaan, yaitu bahwa segala sesuatu yang kita ketahui tentang atom sekarang ini bisa saja berubah besok pagi. apa penyebabnya? ilmu pengetahuan terus-menerus mempelajari hal-hal yang baru tentang atom ini semenjak manusia berhasil menciptakan mesin yang bisa memisahkan atom itu.

sungguh aneh! perkataan "atom" itu berasal dari bahasa Yunani, yang justru berarti "tidak dapat dipisahkan lagi". orang-orang Yunani kuno beranggapan bahwa sebuah atom adalah unsur yang paling kecil dari sesuatu zat yang tidak mungkin untuk dapat dipecah-pecah lagi.

tetapi sekarang ini kita telah menemukan lebih dari 20 macam partikel di dalam inti sebuah atom! para sarjana berpendapat bahwa sebuah atom itu terdiri dari elektron, proton, neutron, positron, neutrino, meson, dan hyperon.

elektron adalah partikel yang memuat titik kecil tenaga listrik yang negatif. proton, yang kira-kira 1,836 kali lebih berat dibandingkan dengan elektron, mengandung tenaga listrik yang positif. neuron lebih berat lagi, tetapi tidak mengandung arus listrik sama sekali.

positron berukuran hampir sama dengan elektron dan memuat arus listrik positif, neutrino, berukuran kurang lebih seperdua ribu dari sebuah elektron. tetapi ia tidak mengandung arus apapun, meson bisa mengandung arus positif maupun negatif. hyperon adalah lebih besar dari pada proton.

bagaimana semua partikel dan arus tenaga itu bersatu-padu dalam sebuah atom masih merupakan rahasia bagi kita, yang jelas adalah bahwa atom-atom ini membentuk unsur zat, dan atom-atom ini berbeda-beda pula antara satu dengan lainnya.

salah satu perbedaannya terletak pada beratnya, jadi unsur-unsur itu digolongkan menurut : berat jenis atom, misalnya pada daftar ini hidrogen itu menduduki angka "satu dan besi "55". ini berarti atom besi itu 55 kali lebih berat daripada sebuah atom hidrogen.

tetapi ukuran berat ini terlalu sangat kecil, satu atom hidrogen hanya mempunyai berat sekitar seperjuta-juta-juta-juta gram! untuk sekedar memberikan gambaran yang lain kepada anda tentang betapa kecil ukuran sebuah atom itu, lebih baik kita teliti terlebih dahulu tentang ada berapa banyak atom yang terdapat dalam satu gram hidrogen.

jawabannya adalah kira-kira angka '6" yang diikuti oleh 23 buah angka nol di belakangnya, bila anda ingin menghitungnya dan dalam setiap detik sempat menghitung satu atom, maka anda akan memerlukan semua jumlah atom yang terdapat hanya di dalam satu gram hidrogen saja.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Apakah Tenaga Atom Itu Dan Berapa Besar Tenaga Sebuah Atom Itu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel