4 Tanaman Hias Purba Yang Unik Dan Langka - Tempat Informasi -->

Sponsor:

4 Tanaman Hias Purba Yang Unik Dan Langka

Tanaman Hias Purba Yang Unik Dan Langka

Tanaman hias ini sudah hidup sejak jutaan tahun yang lalu. tidak hanya usianya yang tua. sosok tanamannya juga terlihat unik dan eksotis. masuk akal jika tanaman hias purba dibandrol dengan harga jutaan rupiah.

kebanyakan tanaman hias purba berasal dari ordo Cucadales, seperti Zamia, Dioon, Encephalartos, dan Cycas. golongan tanaman ini memang tanaman langka. namun saat ini petani tanaman sudah banyak yang mengembangbiakan tanaman hias purba sehingga bibitnya dijual dengan harga terjangkau.

Syarat Tumbuh Tanaman Hias 

bagi anda yang ingin menanam tanaman hias purba, saat ini banyak penjual tanaman hoas yang menyediakan bibit tanaman. selain dengan memisahkan anakan, Cycadales juga dibiarkan dengan menyemaikan biji. beli bibit yang sudah cukup besar, bibit yang terlalu kecil lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit.

tanaman keluarga Cycadales dapat tumbuh subur baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. tanaman ini memerlukan cahaya sinar matahari langsung. jika anda menanamnya di dalam pot. secara reguler harus diletakkan ditempat yang terkena cahaya matahari langsung.

media tanam untuk tanaman harus kaya akan usur hara, campuran media yang digunakan adalah pasir malang, tanah kebun dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. selama fase generatif, berikan pupuk dengan unsur P dan K tinggi, misalnya pupuk NPK.

tanaman purba memiliki pola pertumbuhan yang sangat lambat. saat tanaman sudah cukup besar, tanaman cukup diberikan pupuk slow release seperti Dekastar. waktu pemupukan cukup 3 bulan sekali dengan dosis 1 sendok teh pupuk per tanaman.

siram secukupnya karena tanaman ini tidak menyukai mendia tanam dengan air yang berlebihan atau menggenang, kelebihan air siraman akan menyebabkan busuk pada akar dan batang. lakukan penyiraman sebanyak 4 hari sekali.

4 Jenis Tanaman Purba

berikut beberapa jenis tanaman purba yang sudah banyak dikembangbiakan dan bibitnya dijual dengan harga yang terjangkau.

1. Dioon Spinulosum

tanaman Dioon memiliki perawakan yang langsing. sesekali bercabang, warna daunnya hijau dan pelepah daun menyerupai batang kelapa namun dalam ukuran yang kecil. termasuk jenis Dioon yang sudah banyak dibiakkan.

Gambar 4 Tanaman Hias Purba Yang Unik Dan Langka

petani tanaman di indonesia biasanya mengimpor biji tanaman ini karena di Indonesia Dioon belum banyak tanaman yang dewasa dan sudah menghasilkan biji.

2. Zamia Furfuracea

 
Gambar 4 Tanaman Hias Purba Yang Unik Dan Langka

pertumbuhan zamia sangat lambat. untuk mencapai diameter batang 10 cm saja diperlukan waktu pertumbuhan lebih dari 10 tahun. warna daun hijau tersusun berhadapan. berbeda dengan dioon yang memiliki ujung daun meruncing, zamia banyak dibiakkan dengan memisahkan anakan karena tanaman ini biasanya memiliki anakan.

3. Cycas Revoluta

dari sekian banyak jenis tanaman purba, cycas ini memiliki harga jual yang lebih terjangkau. tanaman dengan diameter 7 cm dijual dengan harga Rp.200.000. Cycas termasuk tanaman yang mudah dibiakkan dan di Indonesia sudah banyak tanaman ini sehingga harganya tidaj terlalu mahal.

Gambar 4 Tanaman Hias Purba Yang Unik Dan Langka

sosok tanaman cycas sangat mirip dengan dioon namun dengan pelepah daun dan panjang daun yang pendek.

4. Encephalartos Lehmannii L


Gambar 4 Tanaman Hias Purba Yang Unik Dan Langka

tanaman ini termasuk keluarga cycas yang langka dan harganya bisa mencapai jutaan rupiah. sosoknya sangat unik dengan karaketer batang menyerupai batang cycas. buahnya seringkali sembunyi diantara pelepah daun, semakin menambah kesan eksotis tanaman ini. kebanyakan dari encephalartos dibiakkan dengan biji karena jarang menghasilkan anakan.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel