Apa Itu Fatamorgana Dan Penyebab Fatamorgana - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apa Itu Fatamorgana Dan Penyebab Fatamorgana

Apa Itu Fatamorgana Dan Penyebab Fatamorgana

Penyebab Fatamorgana - bayangkan nasib seorang pengembara yang sedang menjelajahi padang pasir, ia sedng menghadapi maut kerena kehausan, tetapi tiba-tiba ia melihat di kejauhan ada suatu pemandangan, yaitu sebuah danau dengan airnya yang jernih serta pohon-pohon disekelilingnya.

Gambar Fatamorgana Dan Apakah Yang Menyebabkan Fatamorgana

dengan perlahan ia merangkak maju, tetapi bayangan itu akhirnya lenyap menghilang dan tidak ada sesuatu pun yang tingga kecuali pasir yang hangat. danau yang terlihat dari kejauhan itu adalah fatmorgana atau bayangan semu.

apakah yang menyebabkan timbulnya bayangan semu itu? sebuah fatamorgana itu adalah suatu tipuan alam terhadap kita oleh karena adanya kondisi tertentu di atmosfer, pertaman sekali kita harus ingat bahwa kita mampu melihat sesuatu benda oleh karena adanya cahaya yang memantul dari benda itu ke dalam mata kita.

biasanya cahaya yang mencapai lensa mata kita menurut garis yang lurus, jadi bila kita membuang pandangan jauh ke depan, kita hanya melihat benda-benda yang berada diatas horizon atau kaki langit.

sekarang kita datang kepada soal tipuan yang dilakukan oleh alam terhadap cahaya itu, di sebuah padang pasir terdapat lapisan udara padat yang mengembang diatas tanah, yang berfungsi sebagai sebuah cermin.

sebuah benda mungkin saja berada di luar jangkauan mata kita jadi tidak terlihat, karena terletak jauh dibawah kaki langit, tetapi apabila cahaya yang memantul dari benda itu akan dipantulkan ke mata kita, sehingga kita bisa melihat benda itu seolah-olah berada di ata kaki langit pada jangkauan pandangan kita.

pada dasarnya kita memang sedang melihat benda yang sebenarnya mata kita sendiri tidak melihatnya. apabila langit dikejauhan itu memantul ke dalam cermin yang terdiri dari lapisan udara ini. 

maka ia terkadang kelihatannya seperti sebuah danau, dengan demikian kita telah menyaksikan sebuah fatamorgana. pada suatu hari yang terik, di saat anda sedang mendaki sebuah bukit dan sudah mendekati puncak bukitnya, anda mungkin melihat jalan itu seolah-olah sedang basah, hal ini adalah fatamorgana juga.

apa yang anda saksikan adalah cahaya dari cakrawala yang telah dipantulkan oleh udara terik yang berada diatas permukaan jalanan itu, sehingga kelihatan seolah-olah ia berasal dari jalanan itu sendiri.

fatamorgana bisa terjadi diatas permukaan laut juga, kita bisa melihat bayangan kapal yang sedang berlayar di cakrawala, hal semacam ini disebabkan terdapatnya udara dingin di dekat air, sementara udara panas menyelubunginya.

kapal-kapal yang berada di kejauhan dan terletak di bawah kaki langit, dapat terlihat di langit oleh karen gelombang cahaya yang berasal dari kapal itu terpantul oleh lapisan udara yang panas itu.

salah satu tempat yang paling terkenal di dunia dengan fatamorgana adalah Sisilia, yang terletak bersebrangan dengan Selat Messina. pemandangan kota Messina terpantul di cakrawala dan kita bisa menyaksikan gedung dari puri-puri yang terapung di cakrawala dalam bayangan mata kita.

orang Italia menyebutnya "fatamorgana" menurut nama Morgan Le Fay, yaitu nama seorang peri pujaan mereka, yang mereka anggap sebagai penyebab dari pemandangan yang semu ini.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Apa Itu Fatamorgana Dan Penyebab Fatamorgana"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel