Sejarah Perang Dunia I Di Eropa Dan Penyebab Perang Dunia I - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Sejarah Perang Dunia I Di Eropa Dan Penyebab Perang Dunia I

Sejarah Perang Dunia I Di Eropa Dan Penyebab Perang Dunia I - Perang Dunia I terjadi antara tahun 1914 - 1918. Perang tersebut merupakan perang terbesar dibandingkan dengan perang yang pernah ada sebelumnya. Pada abad-abad yang lalu terjadi banyak perang, tetapi tidak ada perang yang paling mengerikan seperti perang yang terjadi di Eropa pada tahun 1915. Perang ini melibatkan banyak bangsa, bahkan melibatkan bangsa dari benua lain hingga perang ini disebut Perang Dunia. Pada waktu itu beberapa negara menjadi sangat kuat dan masih ingin memperluas wilayah mereka.

Sejarah Perang Dunia I

Perang Dunia I mengakibatkan kehancuran luar biasa serta kematian lebih dari 10 juta orang. Perang dunia pertama tersebut diawali dengan persaingan antar negara Eropa dalam memperebutkan pengaruh demi kepentingan ekonomi dan politik. Negara-negara lain merasa terancam dan khawatir akan kekuatan tentara negara tetangganya yang semakin hari semakin kuat dan semakin bertambah.

Eropa pada saat itu seperti kota mesiu. cukup sepercik api untuk meledakkannya. Percikan itu terjadi pada tahun 1914 ketika Pangeran Franz Ferdinan, yang adalah pewaris tahta kekaisaran Autria-Hungaria, dibunuh oleh pasukan Serbia, sedangkan Jerman mengirim tentaranya dan menyerang Rusia dan Perancis. Dalam waktu singkat semua negara-negara besar itu ikut berperang, entah dipihak Jerman dan Austria, atau entah dipihak lainnya. dan perang berlangsung selama 4 tahun yaitu dari tahun 1914 hingga 1918. Dan banyak senjata maut baru yang dipergunakan dalam Perang Dunia ini.


Gambar Sejarah Perang Dunia I Di Eropa Dan Penyebab Perang Dunia I

 

Latar Belakang Perang Dunia I

Latar belakang Perang Dunia I dibedakan menjadi dua macam, yaitu penyebab yang tidak langsung dan penyebab langsung. Penyebab tidak langsung Perang Dunia I merupakan suasan yang memicu ketegangan antara Eropa dan pembentukan aliansi militer. Penyebab langsung-nya adalah peristiwa yang memicu terjadinya perang.

Penyebab Tidak Langsung Perang Dunia I

1. Perkembangan Nasionalisme
Perkembangan nasionalisme di Eropa selama abad ke-19, memunculkan Italia dan Jerman sebagai kekuatan baru. Perkemabangan nasionalisme memunculkan kegelisahan negara-negara imperialis, seperti negara Prancis, Turki, Ottoman dan Austria-Hongaria. Dan negara-negara itu mulai menghadapi tuntutan kemerdekaan dari wilayah yang dikuasai.

Perkembangan nasionalisme paling jelas muncul di kawasan Balkan. Bangsa-bangsa Slavia di kawasan ini menuntut melepaskan diri dari jajahan Turki Ottonom. Pelopor gerakan kemerdekaan bangsa-bangsa Slavia adalah Serbia. Serbia bercita-cita membentuk negara Serbia Raya yang menghimpun bangsa-bangsa Slavia di kawasan Balkan.

2. Persaingan Ekonomi Dan Politik
Perkembangan industri yang luar biasa di Eropa mengakibatkan timbulnya persaingan ekonomi untuk memperoleh bahan mentah industri dan pasar untuk menjual hasil produksi industri. Persaingan ekonomi berkembang menjadi persaingan politik setelah negara-negara Eropa menggunakan imperialisme untuk mneguasai suatu wilayah yang kaya akan bahan mentah industri maupun yang berpotensi sebagai pasar hasil industri.

Wilayah yang kaya akan bahan mentah industri misalnya : Austria-Hongaria dan Rusia. Memperebutkan kawasan Balkan, Italia dan Perancis memperbetukan kawasan Afrika Utara, Jerman dan Prancis memperebutkan pusat Industri baja di daerah Ruhr, Jerman dan Inggris memperebutkan kawasan Timur Tengah.

3. Pembentukan Aliansi Militer
Dalam suasana perkembangan nasionalisme dan persaingan ekonomi-politik, masing-masing negara membangun kekuatan militer, seiring dengan teknologi mesin perang baru yang bermunculan ketika itu. Persaingan yang semakin ketat mendorong setiap negara yang  bersaing untuk mencari kawan, lalu membentuk aliansi militer. Aliansi militer itu bertujuan untuk mengamankan kedudukan dan mengimbangi ancaman aliansi militer negara lain.

Pada tahun 1882, Jerman, Italia, dan Austria-Hongaria membentuk persekutuan militer bersama Triple Alliance. Sebagai reaksi terhadap aliansi tersebut, maka Prancis, Inggris, dan Rusia membentuk Triple Entete pada tahun 1907. Akibatnya bangsa-bangsa Eropa terbagi atas dua blok.

Penyebab Langsung Perang Dunia I : Terbunuhnya Franz Ferdinand

Archduke Franz Ferdinan adalah pewaris tahta kerajaan Austria-Hongaria. Bersama istrinya, ia ditembak oleh Gavrilo Princip, seorang anggota kelompok teroris Serbia. Peristiwa yang terjadi pada tanggal 28 Juni 1914 itu menjadi alasan bagi Austria-Hongaria untuk menghancurka Serbia. Kerajaan itu kemudian mengajukan sejumlah tuntutan yang sangat menyakitkan kepada Serbia. Sebenarnya, Serbia dapat menerima sejumlah tuntutan dan menawarkan konferensi internasional untuk membicarakan tuntutan lainnya.

Namun, Austria-Hongaria menolak tuntutan itu, sebulan setelah Franz Ferdinan terbunuh, Austria-Hongaria menyatakan perang kepada Serbia. dan dari sinilah Perang Dunia I dimulai. Pada akhirnya Austria, Jerman dan sekutu mereka menyerah karena kehabisan tenaga dan biaya. Perjanjian perdamaian ditandatangani, tetapi pihak pemenang perang memaksakan syarat yang sangat berat kepada pihak yang kalah dalam perang.

Kekaisaran Austria dan Hongaria lenyap, sedangkan Jerman dan Turki didukung. kekuasaan Tsar Rusia juga diruntuhkan oleh kaum revolusioner Soviet. Perdamaian bukan membuat reda persaingan antar negara itu, melainkan menimbulkan ketidakpuasan baru yang akan meledak dalam peperangan lain yang lebih mengerikan duapuluh tahun kemudian.

Senjata Baru Yang Digunakan Dalam Perang Dunia Pertama

Banyak jenis senjata api baru yang diujicoba dalam perang dunia satu ini, Mitralyur dan Kanon menjadi semakin tepat sasaran dan menyebarkan maut.

Dan inilah senjata penyebar maut yang digunakan dalam Perang Dunia I :
1. Meriam Mobil 105/28 buatan Italia
2. Salah satu Meriam Jerman yang saat itu dapat menembak Paris dari jarak 110 km
3. Mitralyur St. Etienne buatan Perancis.

Kapal Selam Yang Digunakan Dalam Perang Dunia I
Kapal selam untuk pertama kalinya kapal selam digunakan dalam peperangan untuk menyerang konvoi militer dan bahkan menyerang kapal-kapal dagang juga.

Penggunaan Pesawat Terbang Dalam Perang Dunia I
Pada saat terjadi Perang Dunia I, pesawat merupakan temuan baru. pesawat terbuat dari kayu dan tenda yang digunakan untuk bertempur dan mengintai kedudukan musuh dari udara.

Penggunaan Balon Dalam Perang Dunia I
Pada saat perang dunia satu, orang-orang juga menggunakan balon pancang yang ditambatkan ke tanag dengan tambang yang kuat untuk mengawasi gerak-gerik pasukan musuh dari udara.

Penggunaan Tank Di Perang Dunia I
Di perang dunia pertama muncullah Tank-tank pertama, dan yang menjadi pelopor Tank baja modern yang saat itu merupakan kejutan besar dalam perang parit pada front Perancis - Jerman.

Pertempuran Yang Dilakukan Di Parit
Sebagian besar pertempuran di Eropa dilakukan dari parit-parit. disana tentara berlindung terhadap tembakan dan menghambat laju musuh.

Penggunaan Gas Pencekik Dalam Perang Dunia I

Untuk memancing tentara musuh agar keluar dari parit tempat persembunyiannya, maka digunakan senjata yang sangat mengerikan pula yaitu penggunaan gas pencekik yang disebarkan ke udara dan diam-diam merenggut jiwa.

Pertempuran Di Kota-kota Di Eropa

Untuk pertama kalinya pula pesawat terbang dan meriam berat digunakan pada saat terjadi perang dunia pertama, pesawat dan meriam digunakan untuk membom kota yang jauh dari garis depan, dan menimbulkan kepanikan serta kematian banyak penduduk di kota-kota Eropa.

Baca Juga Deklarasi Dan Perjuangan Rakyat Amerika Serikat

Korban Perang Dunia I

Tentara yang berperang dalam perang dunia pertama adalah sejumlah 65 juta. Lebih dari 8 juta gugur dan 5,5 juta penduduk tewas akibat peperangan ini dan korban yang mengalami luka di Perang Dunia I ini tidak lebih dari 21 juta.

Baca Juga Revolusi Amerika Serikat Dan

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel