Resepsionis Hotel Dan 11 Faktor Seseorang Memilih Hotel - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Resepsionis Hotel Dan 11 Faktor Seseorang Memilih Hotel

informasitempat, Resepsionis Hotel Dan 11 Faktor Seseorang Memilih Hotel - Untuk menyediakan standar pelayanan yang berkualitas. Staf Kantor Depan harus mengerti atau memahami kebutuhan dan keinginan para tamu. Sebagaimana dijelaskan dalam buku Human Relation for the Hospitality Industri, tamu lebih memilih hotel tertentu daripada hotel lainnya karena 3 alasan sebagai berikut :
  • A good product, food lodging plus some pleasant feelings (peleyanan, penginapan, makan dan minum, dan perasaan nyaman serta menyenangkan yang dirasakan oleh tamu).
  • Courteous treatment (diperlakukan dengan ramah dan sopan)
  • Attentiveness to needs (mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tamu)

Sedangkan menurut Sue Baker, faktor-faktor yang mempengaruhi seorang tamu untuk tinggal atau menginap pada suatu hotel adalah : lokasi hotel, harga, iklan, rekomendasi seseorang, dan berdasarkan persepsi mengenai hotel.

Apa Yang Menyebabkan Sebuah Hotel Selalu Memiliki Banyak Tamu?

Gambar Resepsionis Hotel Dan 11 Faktor Seseorang Memilih Hotel


Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang berkualitas, produk yang baik, sikap karyawan yang sopan dan ramah, serta citra hotel yang sangat penting. Karena semua hal tersebut memang seharusnya menimbulkan kesan yang mendalam pada tamu hotel. Mungkin lebih dari sekedar nilai uang yang dikatakan dan dilakukannya dapat menciptakan perasaan negatif dan perasaan positif dalam diri tamu terhadap sebuah hotel.

Bersikap baik, ramah dan sopan terhadap tamu tidak berarti kita mengabaikan bisnis pelayanan hotel dimana kita bekerja. Kita perlu mengetahui dengan jelas apa yang diperlukan tamu tersebut, dan kita dapat membantunya tanpa menunda-nunda waktu lagi.

Setiap resepsionis hotel adalah seoarang perwakilan hotel dimana ia bekerja. Dengan demikian, sebuah hotel, dimana ia bekerja. Dengan demikian, sebuah hotel, di mata tamu adalah "Hotel is Yourself". Oleh karena itu, apabila tindakan dan perkataan seorang resepsionis tidak sesuai dengan harapan tamu hotel, maka dapat dikatakan bahwa pelayanan hotel tersebut belum memenuhi standar atau pelayanan hotel itu jelek.

Oleh sebab itu, bagi pengelola hotel, tamu dan pelayanan (service) yang diberikan oleh petugas hotel adalah business. Bagaimanapun juga, keputusan seorang tamu hotel dalam memilih hotel untuk tempat tinggal sementara waktu dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini.

11 Faktor Yang Mempengaruhi Seseorang Memilih Hotel

  1. Central Location (lokasi yang strategis)
  2. Good and Pleasant Service (pelayanan yang bagus, menyenagkan dan memuaskan)
  3. Air Conditioning (seluruh ruangan hotel ber-AC)
  4. Conveniences; near to shopping areas, post office, banks (kenyamanannya adalah dekat dengan pusat perbelanjaan, kantor pos, kantor bank dan lainnya)
  5. Good Foods (makanan yang higienis)
  6. Reputation (reputasi hotel yang baik)
  7. Comfort ( suasana yang nyaman)
  8. Friendlines of the service personel (petugas hotel yang ramah, sopan, ringan tangan dan lainnya).
  9. Reasonable rates ( harga terjangkau)
  10. Housekeeping (kebersihan hotel yang memuaskan)
  11. Efficient and fast service (pelayanan yang cepat dan efisien)

3 Syarat Suksesnya Bisnis Hotel

1 Good Services

Pihak hotel harus mampu menyediakan pelayanan yang memuaskan (baik atau bagus). Pelayanan yang berarti harus didukung oleh para karyawan yang lebih terlatih dengan baik dan pengalaman, berdedikasi tinggi, disiplin dan yang terpenting adalah jujur. Karyawan hotel yang jujur adalah syarat mutlak. pihak hotel harus mempekerjakan karyawan yang memiliki kualifikasi seperti itu.

2. Good Foods

Makanan yang baik, berarti pihak hotel harus memiliki pelayanan yang baik dalam hal makanan. Tugas ini ditanggung oleh kepala juru masak beserta staf dapur yang dapat diandalkan, dipercaya, mandiri, dan yang lebih penting adalah menguntungkan pihak pengelola hotel.

3. Good Atmosphere

Persyaratan ketiga adalah harus ada suasana kerja yang baik, sejuk, tenang dan nyaman. Suasana kerja yang baik, sejuk, tenang dan nyaman tidaklah mudah untuk diciptakan. Ini berarti pihak pengelola harus cerdik dalam mendekorasi ruangan yang ada di dalam hotel.
Itulah faktor seseorang memilih hotel untuk menginap. Dan inilah Motto yag perlu dipahami oleh semua staf dan karyawan yang ada dalam sebuah hotel : NEVER : "What can the hotel do for me?". BUT, ALWAYS : "What can ido for the hotel?" Never "What can the guest do for me?" BUT, ALWAYS "What can I do for the guest.

Baca Juga Cara Seorang Resepsionis Mengatasi Masalah Reservasi Kamar

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel