Batubara Dan Bagaimana Batubara Terbentuk - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Batubara Dan Bagaimana Batubara Terbentuk

Batubara Dan Bagaimana Batubara Terbentuk

Bagaimana Batubara Terbentuk - batubara sudah terbentuk lama melewati berbagai macam zaman di dalam sejarah perkembangan bumi kita ini, dalam kurun waktu zaman yang terbesar dalam riwayat terbentuknya batubara adalah periode Pensilvania, yang dimulai 250.000.000 tahun yang lalu dan berlangsung kurang lebih 35.000.000 tahun.

Gambar Batubara Dan Bagaimana Batubara Terbentuk

kebanyakan dari batubara lainnya terbentuk dalam periode antara 1.000.000.000 sampai 100.000.000 tahun yang lalu. apakah yang telah terjadi selama berlangsungnya periode itu dan bagaimana cara batubara itu terbentuk? batubara itu terdapat di dalam tanah berupa lapisan-lapisan mendatar yang bermil-mil luasnya

kadang-kadang sampai lebih dari 10 kaki tebalnya, batubara terselip diantara lapisan batu-batuan yang lainnya, batubara adalah bekas peninggalan pohon-pohon dan tumbuh-tumbuhan dari zaman purbakala, yang tumbuh dalam hutan yang berawa-rawa di tengah iklim panas dan udara lembab selama periode ratusan tahun yang lalu.

disekitar tempat yang berawa ini terdapat wilayah yang luas yang ditumbuhi rumput purun dan pohon-pohon resam. pada saatnya rumput-rumput dan pohon-pohon ini mati dan terkubur masuk ke dalam air rawa-rawa yang tenang itu.

oleh karena rumput dan pepohonan itu terendam di dalam air, maka mereka terlindung dari proses pembusukan yang cepat jika dibandingkan dengan keadaan mereka kalau berada di daratan dan terbuka terhadap udara.

bakteri-bakteri merubah beberapa bagian dari batang rumput dan pepohonan itu menjadi gas, yang sempat muncul keluar, yang tertinggal adalah suatu campuran zat berwarna hitam, yang sebagian besar adalah karbon, yang kemudian menjadi cikal-bakal batubara terbentuk.

oleh karena proses bertumpuknya rumput dan pohon-pohon yang membususk itu berlangsung jutaan tahun, maka tentu saja lapisan itu mencapai ketinggian beberapa kaki, namun, cepat atau lambat, proses ini segera berakhir juga. sebab terjadi proses pengendapan kulit bumi dari permukaannya.

dan hal ini mengakibatkan terbentuknya lapisan lumpur yang tebal, sedangkan pasir dibawa hanyut ke dalam sampai ke atas permukaan lapisan tumbuh-tumbuhan yang telah membusuk itu.

pada suatu saat tekanan yang makin merembet dari lumpur dan pasir yang terletak, diatasnya itu menindih sebagian besar cairan yang ada di bawahnya, sehingga cairan itu merembes ke luar. maka tertinggallah lapisan bahan kental seperti lumpur, yang lambat laun menjadi keras dan berubah batubara.

proses ini terjadi berulang kali di beberapa tempat. oleh karena lapisan batu-batuan sedimen terbentuk sampai ke dekat permukaan air, maka terbentuklah daerah rawa-rawa yang baru, maka kembali lagi terbentuk lapisan tumbuh-tumbuhan disekitar ini, lalu tenggelam lagi dan meresap.

dengan cara begini maka terbentuklah cikal-bakal batubara yang terpisah tempatnya dari daerah lain oleh karena hadangan lumpur dan pasir, yang pada gilirannya pula berubah menjadi batu-batuan.

perubahan bekas tumbuh-tumbuhan sampai menjadi batu-batuan memakan waktu hingga ribuan tahun, tetapi bukti-bukti bahwa batu-batuan itu berasal dari bekas peninggalan tumbuh-tumbuhan dapat kita saksikan dengan mudah.

kadang-kadang malah masih bisa kita temukan pohon-pohon resam dalam bentuknya yang utuh di tengah-tengah lapisan batubara itu, atau pola suatu kulit pohon, atau bahkan fosil batang kayu terlihat jelas di dalam batubara itu.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Batubara Dan Bagaimana Batubara Terbentuk"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel