Role Play Cara Presentasi Dan Demo Produk Yang Di Jual - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Role Play Cara Presentasi Dan Demo Produk Yang Di Jual

informasitempat, Role Play Cara Presentasi Dan Demo Produk Yang Di Jual - Setiap proses penjualan, apalagi produknya berupa barang, hampir bisa dipastikan bahwa, Prospek akan meminta dipresentasikan dan didemokan terlebih dahulu sebelum Prospek mengambil keputusan. Jadi jelas disini bahwa, presentasi dan demo produk adalah bagian penting yang sangat menentukan hasil akhir dari suatu interaksi proses menjual.

Apa Itu Role Play Presentasi Produk


Gambar Role Play Cara Presentasi Dan Demo Produk Yang Di Jual


Tujuan utama dari demo produk dan presentasi adalah untuk memperlihatkan sekaligus membuktikan secara langsung cara kerja, kemampuan, fitur, fungsi dan manfaat produk kepada prospek. Oleh karena itu, jika presentasi dan demo produk anda "sukses', maka prospek akan mempertimbangkan lebih lanjut untuk membelinya. Tapi, jika presentasi dan demo produk anda "gagal", akibatnya rencana penjualan anda pun terancam gagal.

Ironisnya, walaupun presentasi dan demo produk ini sangat penting dan menentukan, tapi kenyataannya tidak banyak penjual yang dapat melakukan presentasi dan demo produk dengan baik dan lancar di hadapan Prospek atau calon pembeli. Apalagi di hadapan audiens dalam jumlah yang besar, sudah pasti penjual yang belum terbiasa akan mengalami "demam panggung".

Dan apabila penjual sudah terserang krisis percaya diri, biasanya akan muncul kata-kata negatif yang seharusnya tidak boleh diucapkan, malah diucapkan oleh penjual. yang jika diucapkan, berarti sama saja dengan merendahkan diri sendiri. Contoh kata negatif adalah : Maaf presentasi saya kurang baik. Maaf bapak / ibu mungkin salah menempatkan diri seperti ini. dan seterusnya.....!! Jangan salah menempatkan diri seperti ini. anda boleh rendah hati, tapi tidak boleh rendah diri.

Cara untuk mengurangi atau menghilangkan krisis percaya diri serta demam panggung, dan sekaligus mencegah timbulnya masalah dalam presentasi dan demo produk adalah, dengan melakukan perencanaan, persiapan dan latihan yang matang.

secara garis besar, presentasi dan demo produk mulai dari awal hingga akhir, terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut :
  1. Ucapan selamat dan salam
  2. Ucapan terima kasih
  3. Perkenalan
  4. Pendahuluan
  5. Presentasi dan demo produk
  6. Tanya jawab dan diskusi
  7. Kesimpulan
  8. Penutup
  9. Sesi khusus.

Contoh Latihan Role Play Cara Presentasi dan Demo Produk

Produk Simulator : Alat Pembasmi virus
Ucapan Selamat dan Salam : selamat pagi, selamat siang, selamat sore atau selamat malam.. salam....

Ucapan Terima Kasih
Pertama-tama, saya pribadi dan atas nama PT.... mengucapkan terima kasih, atas ketersediaan bapak / ibu menghadiri presentasi dan demo produk pada hari ini.

Perkenalan
Namun, sebelum kita memulai acara presentasi dan demo produk ini, terlebih dahulu saya perkenalkan tim kami satu per satu, yaitu : .....( sitausi menyebutkan nama dan jabatan tim satu persatu mulai dari jabatan yang tertinggi, dan yang paling terakhir adalah anda sendiri)

Pendahuluan 
  • Baiklah, saya yakin bapak / ibu semuanya, pasti sudah mengetahui tentang bahaya virus yang telah banyak menelan korban jiwa manusia.
  • Virus tersebut telah menjadi momok dan ancaman yang sangat serius bagi keselamatan nyawa manusia ini.
  • Bertahun-tahun para ahli di seluruh dunia, berjuang keras untuk memerangi virus yang paling mematikan ini
  • Dan hasilnya ......, sekarang kami berada disini, untuk menyampaikan kabar gembira ini kepada bapak / ibu semuanya bahwa, sekarang sudah berhasil diciptakan alat yang membasmi virus secara efektif sampai tuntas.
  • Alatnya adalah ini .....ABC (situasi penjual menunjukkan alatnya kepada audiens)

Presentasi dan Demo Produk
Baiklah, sekarang saya akan presentasikan lebih lanjut, fitur, fungsi dan manfaat serta cara kerja dan cara mengoprasikan alat ABC ini (situasi penjual melakukan presentasi dan demo produk seperti yang dijanjikan sampai tuntas)

Tanya Jawab Dan Diskusi Produk
Apakah sampai disini, bapak ibu ada yang mau bertanya? Saya persilahkan (situasi penjual memberi kesempatan sambil memperhatikan, mendengarkan dan menjawab setiap pertanyaan audiens dengan baik dan sigap).

Kesimpulan
Baiklah, setelah kita menyelesaikan presentasi dan demo ini dengan baik, sekarang saya ingin menyimpulkan kembali hasilnya sebagai berikut. bahwa ..... (situasi penjual menyebutkan kembali secara ringkas point-point penting yang telah dicapai dalam presentasi dan demo produk tadi )

Penutup
Baiklah, acara presentasi dan demo hari ini sampai disini dulu. apabila bapak/ibu ingin mengetahui atau mendiskusikannya lebih lanjut mengenai alat ABC ini,dapat kita bicarakan lagi setelah acara ini. Atau dapat menghubungi kami di nomor telepon seperti yang tertera dalam brosur dan kartu nama kami. dan dengan senang hati akan merespon bapak/ibu, baik melalui telepon, maupun bertemu langsung. Sekali lagi, terimakasih dan selamat pagi, sampai bertemu lagi.

Sesi Khusus Presentasi Dan Demo Produk
Setelah selesai acara presentasi dan demo produk, ciptakan satu sesi khusus untuk membicarakan atau mendiskusikan rencana tindak lanjut dengan prospek. dan momen yang paling baik untuk hal tersebut adalah, pada saat interval waktu antara setelah penutup dan sebelum pamitan pulang. Waktu sela ini bisa anda manfaatkan untuk membicarakannya, khusus dengan orang yang menentukan atau memutuskan pembelian, tanpa dihadiri peserta lainnya yang bukan penentu atau pemutus.

Baca Juga 4 Tips Sukses Bersama Pasangan

Penutup

Demikian contoh-contoh latihan Role Play di atas. semakin sering anda berlatih Role Play, akan semakin cepat anda menguasai Seling Skill ini. jangan segan atau malu untuk berlatih, sebab, lebih baik, membuat kesalahan dalam latihan Role Play, daripada membuat kesalahan dalam berinteraksi dengan prospek atau calon pembeli.

Baca Juga 5 Kriteria Utama Dalam Sukses Berwirausaha

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel