Kelebihan Dan Kekurangannya Power Supply Single Rail +12V - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Kelebihan Dan Kekurangannya Power Supply Single Rail +12V

Kelebihan Dan Kekurangannya Power Supply Single Rail +12V - Sesuai dengan nama tipe single rail pada power supply seperti ini secara gamblang menggunakan semua output untuk satu nilai tegangan dari satu sumber rail. Untuk lebih rinci tentang kelebihan dan kekurangan power supply single rail +12V, simak ulasannya dibawah ini.

Tentang Power Supply Single Rail +12V

Secara esensi, pada konfigurasi seperti ini memiliki rancangan sirkuit yang lebih sederhana, karena tidak perlu adanya sirkuit elektronik baru untuk membagi-bagi tegangan atau juga membatasi tegangan. Lalu bagaimana dengan masalah bahaya seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya tentang Power Supply +12 V Multiple Rail Atau PSU +12V Rail? Untuk hal ini anda bisa membaca lebih jelas dalam artikel ini.


Gambar Kelebihan Dan Kekurangannya Power Supply Single Rail +12V

Plus Minus Power Supply Single Rail Dan Multiple Rail +12V

Power Supply Multiple Rail

Seperti yang sudah-sudah, satu faktor yang paling penting dari multiple rail adalah sisi keamanan terhadap bahaya kebakaran misalnya, bila load terlalu besar pada satu rail output. Lalu dengan membagi-bagi output rail menjadi lebih kecil, akan mencegah terhadap bahaya ini. Kekurangannya ada pada beberapa tipe power supply multi rail, ada beberapa konfigurasi yang membebankan load berleih di salah satu rail.

Power Supply Single Rail

Tidak adanya batasan pada sayu rail tegangan, dalam hal ini rail +12V. Semua kebutuhan akan tegangan ini akan dipenuhi dengan baik. Dengan catatan tidak ada beban berlebih pada salah satu tegangan output kabel. Dengan kata lain, pastikan untuk setiap komponen yang memerlukan daya memiliki konektor tersendiri. selain itu hindari penggunaan kabel power converter.

Standar Konfigurasi Yang Biasa Dipakai Untuk Multyple Rail +12V

2x12V Rails
  • Standar spesipikasi ATX12V awal membagi dua +12V rails
  • Satu rail untuk suplai daya ke CPU, dan satu rail lagi untuk suplai daya lainnya
  • Konfigurasi multiple rail paling konvensional, sangat dimungkinkan rail untuk memberi daya bagi "suplai daya lainnya" ini termasuk untuk menyuplai video card yang membutuhjan PCle connector.
  • Biasanya, konfigurasi ini ditentukan pada power supply dengan rate daya dibawah 600 W.

3x12V Rails
  • Modifikasi dari spesifikasi ATX 12V yang memasukan pertimbangan akan kebutuhan konetor power power PCle.
  • Dalam konfigurasi ini, satu rail untuk suplai daya CPU, satu raik untuk suplai daya lainnya di komputer, dan satu rail terakhir khusus untuk suplai daya ke PCle power conector.
  • Konfigurasi seperti ini bekerja sangat baik untuk model multi-VGA SLI atau CrossFire, hanya saja tidak dianjurkan untuk suplai daya empat buah power PCle connector.

4x12V Rails (Model ESP12V)
  • Awalnya konfigurasi rail +12V di implementasikan pada spesifkasi power supply ESP12V.
  • Karena standar pengaplikasian power supply WSP12V aslinya untuk men-drive komputer server dual processor, dua rail +12V digunakan untuk menyuplai daya CPU dari 8-pin CPU power connector.
  • Suplai daya selain dari CPU. biasanya terbagi-bagi lagi dari dua rail +12V lainya, terkadang dua rail +12V sisanya ini juga terbagi dengan konektor with SATA and molex dari rail +12V keempat.
  • Hak ini tidak terlalu bagus bila power supply untuk menyediakan daya bagi high end SLI atau CrossFire. karena daya tidak murni untuk video card.
  • Saat ini nVidia tidak akan menetapkan power supply dengan konfigurasi seperti SLI atau CrossFire, karena PCle power connector harus berasal dari tegangan rail tersendiri.
  • Untuk kelas power supply non-server atau kelas enthusiast atau gaming sudah jarang yang menggunakan konfigurasi seperti ini.

4x12V Rails (standar konfigurasi "enthusiast" PC)
  • Modifikasi dari spesifikasi ATX 12V, hampir sama seperti 3x12V rail. hanya saja dua, empat atau bahkan enam PCle power connector terbagi untuk sisa dua rail +12V.
  • Jika power supply yang bersangkutan mendukung 8-pin PCle atau memiliki tiga PCle power connector untuk setiap rail +12V bukan tidak mungkin untuk rail +12V mendukung arus lebih besar dari 20 Ampere.
  • Konfigurasi ini biasanya hingga 1000W.
5x12V Rails
  • Konfigurasi supply dengan 5 rail +12V bisa juga kita sebut sebagai Hybrid ESP12V/ATX12V power supply.
  • Model motherboard dual processor masing-masing CPU tetap mendapatkan rail tegangan tersendiri, dan juga untuk setiap PCle power connector.
  • Konfigurasi ini biasanya ditemukan pada setiap power supply dengan rate 850W hingga 1000W.

6x12V Rails
  • Power supply dengan konfigurasi ini adalah penawaran paling maksimal untuk kebutuhan komputer modern yang ada saat ini, karena ia akan memenuhi semua kebutuhan daya dari standar spesifikasi ESP12V, dan empat, atau bahkan enam PCle power connector, tanpa harus melebihi standar 20 Ampere untuk setiap rail +12V.
  • Dua rail +12V didedikasikan untuk CPU seperti standar spesifikasi power supply ESP 12V
  • Konector motherboard 24-pin +12V, SATA, Molex dan lainnya terbagi untuk disuplai oleh dua rail +12V
  • Terakhir, PCle power connector akan di drive oleh dua rail +12V terakhir
  • Konfigurasi power supply seperti ini biasanya hanya ditemukan pada unit yang memiliki rate power diatas 1000W.

Kesimpulan

Dari semua perihal rail, baik single maupun multiple adalah untuk 99% dari orang-orang yang memperdebatka soal rail ini, sebenarnya bukanlah suatu masalah. hal ini hanyalah sesuatu yang terlalu dibesar-besarkan.

Tidak masalah apakah power supply yang anda gunakan memiliki multiple rail atau single rail, asalkan setiap komponen di dalam komputer memiliki jalur kabel tersendiri, atau juga pada kabel tersebut tidak mengalami over load. Karena selama hal ini dipenuhi, segala macam permasalahan akan bahaya kebakaran atau volatge drop dan sebagainnya, bukanlah sesuatu yang harus dipikirkan. Satu hal yang pasti, kualitas atau efisiensi power supply yang bisa dihadirkan tersebut adalah hal yang lebih penting.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangannya Power Supply Single Rail +12V "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel