Kenapa Kita Mengalami Berbagai Musim - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Kenapa Kita Mengalami Berbagai Musim

Mengapa Kita Mengalami Berbagai Musim

Karena sejak zaman dahulu disaat manusia telah memiliki hasrat besar untuk mengetahui apa yang menyebabkan perubahan musim itu. apa sebab udara panas pada musim panas? dan apa cuaca menjadi dingin pada musim dingin juga? mengapa siang haru lambat laun semakin menjadi lebih panjang dari pada malam hari di musim semi? mengapa malam hari berlangsung lebih lama pada musim dingin?.

Gambar Kenapa Kita Mengalami Berbagai Musim

kita semua tahu bahwa bumi berputar menempuh jarak lingkar sekeliling matahari, tetapi pada saat yang bersamaan bumi berputar pula pada sumbunya. sementara bumi berputar mengelilingi matahari itu, bumi juga berputar bagaikana sebuah gasing.
 
itu bila sumbu bola bumi (yaitu garis tengah yang membujur dari Kutub Utara terus menembus sampai ke Kutub Selatan) berada dalam keadaan tegak lurus terhadap garis lingkaran perputaran bumi di sekeliling matahari, maka kita tidak mengalami hal-hal semacam perubahan musim itu. seluruh hari sepanjang tahun adalah sama panjang.

akan tetapi sumbu bola bumi itu letaknya agak miring karena terdapat suatu kombinasi tenaga yang menggerakkan benda-benda langit di alam semesta ini. satu tenaga adalah yang menunjang letak matahari, yang lain mendorong perputaran bulan, yang ke tiga adalah gerakan perputaran bola bumi itu.

akibatnya bumi itu berputar sekeliling matahri dalam keadaan miring, sepanjang tahun bumi berputar dalam keadaan condong seperti itu, sehingga sumbu bola bumi ini selalu mengarah ke jurusan yang sama, yaitu ke arah Bintang Utara, ini berarti bahwa selama sebagian dari setahun Kutub Utara itu menghadap miring ke arah matahari.

sedangkan separuh tahun yang lain bumi dalam keadaan miring dari jurusan yang sebaliknya, oleh karena letaknya yang miring ini, sinar matahari tidak jatuh langsung menyorot bumi bagian utara khatulistiwa, kadang-kadang tepat di atas daerah khatulistiwa, terkadang di sebelah selatan khatulistiwa.

perbedan cara sinar matahari menyorot langsung atau tidak langsung, bola bumi kita inilah yang menyebabkan berbagai macam musim di berbagai bagian dunia ini.

apabila belahan bumi utara ini menghadap ke matahari, maka negara-negara yang terletak di sebelah utara katulistiwa mengalami musim panas, sedangkan negara-negara yang berada di sebelah selatan katulistiwa mengalami musim dingin.

apabila sinar matahari langsung menyorot belahan bumi selatan, maka di sana terdapat musim panas dan di belahan bumi utara terdapat musim dingin. hari yang paling panjang dan paling pendek dalam setiap tahun disebut "titik blik matahari di musim panas" dan "titik balik matahari di musim dingin".

hanya ada dua hari dalam setiap tahun terjadi siang dan malam yang sama panjangnya di selurh dunia, hal ini terjadi apabila musim semi dan gugur tepat di tengah-tengah antara dua titik balik matahari itu.

yang terjadi pada musim gugur adalah kira-kira pada tanggal 23 september, sedangkan yang terjadi pada musim semi adalah kira-kira pada tangal 21 maret.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel