Bagaimana Cara Sebuah Pohon Tumbuh - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Bagaimana Cara Sebuah Pohon Tumbuh

Bagaimana Cara Sebuah Pohon Tumbuh

Sebagaimana mahluk lainnya, pohon-pohon memerlukan makanan untuk bisa hidup dan bertumbuh, lalu bagaimana pohon itu memperoleh makanan?

di dalam tanah pohon itu menghisap air dan bahan mineral, dari udara pohon itu menghirup karbon dioksida, zat hijau dun yang terdapat pada pohon itu memanfaatkan tenaga sinar matahari untuk mengolah zat tepung, gula, dan selulose, jadi, pohon itu melangsungkan proses kimiawi secara alami untuk bisa hidup dan bertumbuh.

Gambar Bagaimana Cara Sebuah Pohon Tumbuh


diantara batang kayu dan kulit kayu terdapat suatu lapisan tipis yang melingkar seputar batang kayu itu, lapisan yang hidup ini membelah sel-sel dan kita sebut "kambium". lalu terbentuklah sel-sel baru dalam kambium itu.

sel-sel yang terbentuk ke arah sebelah dalam kambium itu apabila sudah dewasa menjadi lapisan kayu, sel-sel kayu yang terbentuk disebelah luar kambium itu bila sudah dewasa maka akan menjadi kulit kayu, itulah sebabnya semakin lama pohon itu tumbuh maka semakin besar garis penampang batang kayunya.

garis tengah bagian kayu sebuh pohon batang dari hari ke hari terus bertumbuh bertambah besar. tetapi tidak selalu demikian halnya dengan kulit kayu, itulah sebabnya seringkali kulit kayu itu mengalami pecah-pecah, menjadi kering dan rontok.

pohon itu tumbuh menjadi tinggi ke atas melebar. pada ujung setiap dahan atau cabang terdapat sekelompok himpunan sel-sel hidup, dalam masa pertumbuhan aktif yang dijalani oleh pohon itu, sel-sel ini akan tetap memecah diri dan membentuk lebih banyak sel-sel lainnya.

sel-sel yang baru ini menjadi besar dan membentuk daun-daun yang baru maupun cabang dan ranting yang baru, dengan cara demikian dahan dan cabang itu menjadi panjang. setelah melampaui waktu tertentu, sel-sel pada ujung cabang itu menjadi kurang kegiatannya, sehingga cabang itu pun lambat dalam pertumbuhannya untuk menjadi panjang.

lalu sel-sel baru itu menjadi keras dan menggumpal, maka terbentuklah kuncup, pada musim dingin anda dapat menyaksikan dengan jelas kuncup-kuncup itu. pada musim semi kuncup itu mekar atau rontok, sehingga cabang itu memperoleh kesempatan lagi untuk tumbuh labih panjang.

jadi kita melihat bahwa dengan perantara lapisan kambium pada pohon itu dan dengan bantuan sel-sel yang hidup pada ujung-ujung cabang pohon, dan pohon-pohon itu bisa  menjadi lebar di bagian batangnya dan bertumbuh menjadi tinggi dari tahun ke tahun.

apabila kita memotong sebatang pohon pada pangkalnya, maka kita akan melihat adanya alur lingkaran yang berwarna terang dan gelap pada penampang batang pohon itu, perbedaan warna ini disebabkan oleh perbedaan ukuran sel yang membentuk batang pohon itu.

alur lingkaran yang berwarna lebih terang terdiri dari sel-sel yang lebih besar, yang terbentuk selama musim semi dan awal musim panas, kedua alur ini secara bersama-sama menunjukan tebalnya lapisan batang kayu yang terbentuk selama setahun. dengan cara menghitung lapisan-lapisan inilah, kita dapat mengatakan berapa umur sebuah pohon.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel