Sejarah Topa Inka Dari Pegunungan Tinggi Andes - Peru - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Sejarah Topa Inka Dari Pegunungan Tinggi Andes - Peru

Kerajaan Topa Inka Di Gunung Andes Peru- Satu Abad sebelum Kristoforus Kolumbus menemukan benua Amerika, lahirlah kekaisaran Inka yang sangat kuat di Pegunungan Tinggi Andes, yang sekarang menjadi wilayah Peru. Kaisar Pacakuti menaklukkan semua daerah disekitarnya. karyanya disempurnakan oleh putranya yang bernama Topa, dengan menciptakan undang-undang yang bijaksana.


Semua bawahan dituntut untuk patuh secara mutlak kepada penguasa. sebagai imbalan atas kepatuhan rakyat kepada kaisar, negara menjamin sandang, pangan, dan menamin kehidupan yang tentram bagi setiap warganya.

Sejarah Topa Inka Dari Pegunungan Tinggi Andes - Peru


Gambar Sejarah Topa Inka Dari Pegunungan Tinggi Andes - Peru


Siapa Itu Topa? Topa adalah kaisar Inka terbesara, Topa dipandang sebagai putra Dewa Matahari dan hanya beberapa orang saja yang diizinkan untuk mendekati Topa, Topa tinggal di istana yang sangat indah di Kuzko, ibu kota kerajaan Inka. gadis-gadis tercantik di negara itu telah lama dididik oleh pendeta-pendeta.

Gadis-gadis itu dididik untuk menjadi pelayan yang menyiapkan makanan dan pakaian kaisar Topa, kaisar Topa hanya mengenakan pakaian dari Wol binatang suci yang bernama Vikunya. Jika kaisar Topa meninggal, istri-istri serta para pembantu harus ikut mati bersamanya pula. Mereka akan dicekik oleh pendeta-pendeta setelah diberi minuman suci untuk menumpulkan panca indra mereka. Raja Topa berkuasa dari tahun 1430 sampai 1493.

Tanaman Emas Di Kerajaan Inka

Di Kekaisaran Inka, emas sangat melimpah, ketika Topa menjadi seorang kaisar, disamping istana Inka Topa membangun taman yang penuh dengan tanaman, burung, dan binatang lain yang penuh dengan emas sebesar aslinya.

Mumi Raja Inka

Tubuh raja Inka adalah Suci. jika raja mati, maka tubuhnya akan dibalse dan disimpan di istana. Bila Topa menghadiri pesta atau upacara, maka Mumi Ayahnya yang bernama Pacakuti, selelu berada didekatnya.

Benteng Di Kerajaan Inka

Diseluruh wilayah kerajaan Inka, Topa membangun benteng besar yang terbuat dari batu berbentuk kubus sempurna. Dari benteng itu tentara dapat mengintai penyerang. Dan bekasnya hingga kini masih ada di pegunungan tinggi Andes.

Senjata Andalan Tentara Inka

Tidak satupun Bangsa Amerika selatan pun bisa menandingi bangsa Inka. Namun tentara Inka sebenarnya tidak menggunakan senjata istimewa, selain tombak dan kapak perunggu, tentara Inka menggunakan senjata katapel, karena tentara Inka sangat terampil melempar batu.

Dibangunnya Jalan Di Istana Inka

Bangsa Inka tidak mempunyai kuda dan belum mengenal roda. Mereka berpergian dengan berjalan kaki. Namun Topa membangun jalan lebar diseluruh kerajaan, dengan gudang perbekalan makanan dan senjata yang berjarak sehari perjalanan satu dengan lainnya.

Cipoa Simpul Dari kerajaan Inka

Topa memiliki ribuan pegawai yang bertugas mencatat segala hasil bumi. Meskipun demikian bangsa Inka tidak mengenal aksara. Catatan dibuat dengan tali bersimpul, tiap susunan simpul mewakili angka tertentu.

Baca Juga Asal Usul Nama Benua Atlantis

Cara Bekerja Masyarakat Inka Yang Seperti Semut

Berkat pengawasan teliti para pegawai, tidak satu hal pun luput dari perhatian kaisar. setiap orang mempunyai tugasnya tersendiri dan bekerja sesuai dengan perintah dari kaisar, mereka mirip seperti masyarakat semut yang sangat tertib. Bagaimana antara Topa Dan Ladang? Setiap musim semi, topa membuka kerja diladang, Topa membuat cangkulan pertamanya dengan sekop yang terbuat dari emas. Bangsa Inka adalah petani yang sangat rajin dan sangat mahir. Orang Eropa belajar dari masyarakat Inka tentang cara bertanam kentang, labu dan nanas.

Baca Juga Sejarah Benua Atlantis Pasca Plato

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel