Perang Dunia II - Pihak Yang Berperang Dan Penyebab Perang Dunia II - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Perang Dunia II - Pihak Yang Berperang Dan Penyebab Perang Dunia II

Perang Dunia II - Pihak Yang Berperang Dan Penyebab Perang Dunia II, Jepang merupakan negara yang terlibat dalam perang dunia, serangan Kamikaze yang dilakukan oleh Jepang dengan cara menabrakkan pesawat ke kapal Amerika. lalu negara mana saja yang terlibat dalam perang dunia ke II?

Penyebab Perang Dunia II


Pernahkan anda menonton film yang berjudul "Hirosima"? Dalam film tersebut menceritakan tentang pemakaian senjata penghancur massal pertama kali di dunia. Sebuah bom nuklir yang dijatuhkan Amerika Serikat terhadap kota Hirosima, Jepang pada tanggal 6 Agustus 1945. Akibat dari ledakan bom tersebut seluruh bangunan di Hirosima luluh lantak rata dengan tanah, manusia terbakar menjadi karbon, dan yang tersisa hidup mengawali penderitaan baru.

Peristiwa tersebut merupakan bagian dari Perand Dunia II. Jepang dengan mengandalkan pasukan berani mati dan Amerika yakin dengan senjata bom nuklirnya akan mengalami kemenangan. Dengan ambisi militernya yang luar biasa dalam Perang Dunia II, Jepang dapat merebut daerah-daerah Asia Tenggara tersebut termasuk Indonesia. Lalu bagaimana kronologi Perang Dunia II (termasuk penduduk Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia.

Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II

Keadaan politik internasional menjelang Perang Dunia II menyerupai keadaan tahun 1900-1914 sebelum Perang Dunia I. Ada yang menyatakan bahwa Perang Dunia II merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I. Perang Dunia I merupakan balas dendam Perancis terhadap Jerman karena dipermalukan dalam kekalahannya ketika kalah perang di tahun 1870-1871. Selain itu dalam masalah industri, Jerman juga bersaing dengan Inggris.

Dengan persaingan-persaingan itu, maka terbentuklah persekutuan militer (aliansi). ada dua persekutuan, yaitu Triple Alliantie yang kemudian dikenal dengan "Blok Sentral" yang terdiri atas Jerman, Austria dan Italia. sedangkan Triple Entente yang kemudian disebut "Blok Sekutu" yang terdiri dari Perancis, Inggris, Rusia dan lain-lain.

Pada tanggal 1 Agustus 1914 Jerman mengumumkan perang kepada Rusia dan disusul Perancis yang mengumumkan perang kepada Jerman pada tanggal 3 Agustus 1914. Kemudian tanggal 4 Agustus, Inggris mengumumkan perang kepada Jerman. selanjutnya bergejolak perang yang hampir melibatkan seluruh dunia dan dikenal dengan Perang Dunia II.

Perang ini berakhir dengan kekalahan Jerman yang menyerah pada tanggal 11 november 1918. Sebagai pihak yang kalah, Jerman harus membayar ganti rugi kepada sekutu dengan dikuatkan dalam Perjanjian Versailles pada tahun 1919. Kekalahan Jerman dengan telak ini memberi kesempatan pada Adolf Hitler membangkitkan bangsanya untuk melakukan balas dendam kepada Perancis. Adolf Hitler mengembangkan fasisme dan kemudian memulai Perang Dunia II dengan menyerbu Polandia pada tanggal 1 September di kota Danzig. Dan peristiwa itulah yang menjadi sebab langsung terjadinya Perang Dunia II.

Masa Kediktatoran

Kediktatoran - karena ketidakpuasan yang diciptakan oleh perjanjian perdamaian setelah Perang Dunia I semakin bertambah dari tahun ke tahun. Jerman yang kalah dalam perang dunia pertama bersiap-siap membalas dendam atas kekalahannya itu. Dalam beberapa tahun saja Jerman dapat memulihkan kekayaannya berkat industri besar yang bekerja dengan seluruh kekuatan. Dan kekuasaan jatuh kepada seorang diktator yang bernama Adolf Hitler.

Adolf Hitler bertekad menjadikan Jerman sebagai penguasa Eropa dan penguasa Dunia. dan Italia pun diperintah oleh seorang diktator yang bernama Benito Mussolini, Italia adalah sekutu Hitler. Di Eropa Timur, Republik Soviet yang sangat luas dibawah kepemimpinan Stalin sangat membuat takut dunia barat. negara-negara demokratis Eropa terpecah dan tidak tahu tentang politik mana yang dianut.

Gambar Perang Dunia Ke II - Latar Belakang Dan Pihak-Pihak Yang Berperang Dalam Perang Dunia II

Maka pada mulanya mereka tidak mencegah agresi pertama Hitler, seperti pendudukan Austria dan Cekoslovakia oleh Jerman, sementara itu Jepang, sekutu Jerman, menyerang Cina. Baru ketika Hitler menduduki Polandia pada tahun 1939, negara-negara barat menjadi sadar bahwa mereka tidak boleh tinggal diam. Maka oleh karena itu, satu demi satu mereka ikut berperang dan itulah perang yang paling mengerikan di dunia yang dinamakan Perang Dunia Dua yang terjadi pada tahun 1939 sampai 1945.

Pertempuran Di Padang Pasir

Untuk pertama kalinya senjata modern digunakan juga di padang pasir. pertempuran barat terjadi di negara Afrika dengan melibatkan Tank-tank yang didukung oleh kekuatan udara.

Pertempuran Diseluruh Dunia

Pertempuran terjadi di seluruh dunia, termasuk juga di daerah kutub, dan hanya ada beberapa bangsa yang tetap netral sampai perang dunia dua berakhir.

6 Penyebab Umum Terjadinya Perang Dunia II 

Penyebab umum terjadinya perang yang melibatkan negara-negara di seluruh dunia adalah dikarenakan hal berikut ini :

1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia. LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan. LBB tidak dapat berbuat apapun ketika negara-negara besar berbuat dengan apa yang diinginkannya, misalnya pada tahun 1935, Italia melakukan serangan terhadap Ethiopia.

2. Negara-negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataannya, dengan kegagalan LBB tersebut, dunia Barat terutama Jerman dan Italia mencurigai komunisme Rusia, tetapi kemudian Rusia Mencurigai fasisme Italia dan nasionalis-sosialis Jerman. Oleh karena saling mencurigai, akhirnya negara-negara tersebut memperkuat militer dan persenjataannya.

3. Adanya politik aliansi (mencari kawasan persekutuan), kekhawatiran akan adanya perang besar, maka negara-negara mencari kawan dan muncul dua blok besar yaitu :
a. Block Fasis terdiri dari Jerman, Italia, dan Jepang
b. Blok komunis yaitu Rusia, Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslovakia.

4. Adanya pertentangan-pertentangan akibat ekspansi, Jerman mengumumkan "Lebensraum" nya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah dan Italia, menginginkan Italia Irredenta (Italia Raya) yang meliputi seluruh laut Tengah dan Abbesinea, serta Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya. Ini berarti merupakan tantangan terhadap imperialisme Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat.

5. Adanya pertentangan faham demokrasi fasisme dan komunisme.

6. Adanya politik balas dendam ("Revanche Idea") Jerma terhadap Perancis, karena Jerma merasa dihina dengan perjanjian Versaille.

Penyebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II

Di Eropa, sebab khusus terjadinya Perang Dunia II adalah serbuan Jerman ke Kota Danzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Polandia merupakan negara dibawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Hitler menuntut Danzig karena penduduknya adalah Bangsa Jerman, tetapi Polandia menolak tuntutan itu. Pada tanggal 3 September 1939 negara-negara pendukung LBB terutama negara Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman, kemudian diikuti oleh sekutu-sekutunya. Dan Perang Dunia di Pasifik disebabkan oleh serbuan Jepang terhadap Pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika di Pearl harbour, Hawai pada tanggal 7 Desember 1941).

Pihak-Pihak Yang Berperang Dalam Perang Dunia II

Berlangsungnya Perang Dunia II terbagi dalam tiga medan yaitu Medan Eropa, Medan Afrika Utara, dan Medan Asia Pasifik. Adapun pihak-pihak yang berperang di beberapa medan peperangan dalam Perang Dunia II adalah sebagai berikut :

1. Medan Eropa

Pada tanggal 1 September 1939 Jerman menyerang Polandia. Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman. dan inilah awal terjadinya Perang Dunia II. Pada tanggal 9 April 1940, Jerman melakukan serangan ke utara, yaitu ke Denmark dan Norwegia. Kedua negara ini dapat diduduki Jerman sehingga Ratu Wilhelmina mengungsi ke Inggris. Pada tanggal 10 Juni 1940 Italia mengumumkan perang kepada Pernacis dan Inggris, dilanjutkan menyerbu Perancis.

Pada bulan Juni 1940 pasukan Jerman bergerak menuju Perancis dan dapat menduduki Perancis. Tentara Perancis di bawah pimpinan Charles de Gaule mengungsi ke Inggris. Kekuatan dua negara fasis Jerman semakin mantap. Angkatan Udara Jerman menyerbu Inggris, tetapi usahanya gagal, kemudian beralih dengan pengeboman-pengebiman dan serangan laut ke arah Angkatan Laut Inggris. Pada tanggal 27 September 1940, Jerman, Italia, dan Jepang bersatu dalam Perjanjian Tiga Negara.

Pada tanggal 22 Juni 1941, dengan Bantuan Finlandia dan Rumania, Jerman menyerbu Rusia. padahal selam 18 bulan sebelumnya Hitler telah mengadakan perjanjian dengan Uni Soviet tidak saling menyerang.

Pertempuran Perang Dunia Dua Di Bawah Salju

Rusia merupakan tempat penderitaan yang paling besar selama musim dingin yang mencekam; bahkan mesin tank pun ikut membeku.


Pertempuran Perang Dunia Dua Di Udara

Beribu-ribu pesawat terbang melintasi udara dan membom posisi-posisi tentara serta menghancurkan kota-kota, pabrik-pabrik, rumah-rumah dan jalan kereta api.

Perang Dunia Dua Di Medan Afrika

Tentara Jerman menyerbu Balkan sampai di Kreta. Rumania dan Bulgaria memihak pada Jerman. Inggris dapat memukul mundur tentara Italia di Afrika Utara. Serangan sekutu terhadap Blok Sentral pada tanggal 23 Oktober 1942 di Afrika Utara dipusatkan di El Alamien, Mesir. Tentara Jerman dibawah Jendral Erwin Rommel menyerbu Afrika dan menghantam Inggris sampai di muka Alexandria. Serangan Jerman ke Afrika Utara dapat ditahan oleh Inggris di bawah pimpinan Montgomery dan Amerika Serikat dibawah Eisenhower pada tanggal 12 November 1942.

Datangnya bantuan pasukan Amerika Serikat membuat pertahanan Jerman semakin rapuh. Sejak 19 November 1942, Jerman kalah melawan Rusia dalam pertempuran si Stalingrad. Kemudian Rusia menyerbu Polandia dan Balka, dan akhirnya Rumania dan Bulgaria menyerah.

Hongaria juga menyerah pada tanggal 13 Februari 1945. tentara rusia di bawah Zhukov berhasil menyerbu Berlin. Berlin diduduki sekutu dari segala arah. pertempuran hebat terjadi di dalam Kota Berlin, dan Berlin dapat direbut oleh sekutu. pada tanggal 30 April 1945, Hitler bunuh diri. Pada tanggal 7 Mei 1945 Jerman menyerah kepada sekutu tanpa syarat di Reims, Perancis

Pertempuran Perang Dunia Dua Di Padang Pasir

Untuk pertama kalinya senjata modern digunakan juga di padang pasir. Pertempuran barat terjadi di negara Afrika dengan melibatkan Tank-tank yang didukung oleh kekuatan udara.


Perang Dunia Dua Di Medan Asia Pasifik

Perang di medan Asia Pasifik diawali dengan penyerbuan pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai pada tanggal 7 Desember 1941 oleh Jepang. Perang Dunia II di medan Asia Pasifik sering disebut Perang Asia Timur Raya, karena Jepang selalu mempropagandakan bahwa peperangan dilakukan bertujuan mewujudkan kemakmuran bersama di kawasan Asia Timur Raya.

Dalam serangan Jepang pada tanggal 7 Desember 1941 menewaskan kurang lebih 2.330 tentara Amerika Serikat dan 100 orang sipil di samping menghancurkan peralatan perang Amerika Serikat. Jepang menyatakan perang terhadap Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya. Serbuan Jepang dilanjutkan ke negara-negara di Asia Tenggara dan menduduki Muangthai, Birma (Myanmar), Malaysia, dan Hindia Belanda (nama Indonesai waktu itu).

Untuk membalas seangan Jepang, sekutu menyusun taktik serangan dari pulau satu ke pulau lain atau dengan sistem katak loncat. Strategi ini dipimpin oleh Jendral Dauglas Mac Arthur dan Laksamana Chester Nimitz. Tentara Jepang di Laut Karang dan Midway (7 Mei 1942) dihancurkan oleh sekutu. Dan inilah titik balik pertama.

Dalam pertempuran-pertempuran berikutnya Amerika Serikat dapat merebu Filipina (22 Oktober 1944) Iwo Jima (17 Maret 1945), Okinawa (21 Juni 1945) kemudian Inggris dibawah Lord Louis Maunbatten menyerbu Birma (Myanmar) dan menghancurkan tentara Jepang (30 April 1945). Dari Saipan dan Okinawa Angkatan Udara Amerika Serikat menyerang kota-kota Jepang, tetapi Jepang belum menyerah. akhirnya pada tanggal 6 Agustus 1945 Hirosima dijatuhi bom atom dilanjutkan tanggal 9 Agustus 1945 di Nagasaki.

Jepang menyerah tanpa sayarat kepada sekutu tanggal 14 Agustus 1945 (secara resmi 2 September 1945 diatas kapal "Missouri" di Teluk Tokio) dengan demikian berakhirlah Perang Dunia II karena Jepang beserta negara-negara pendukungnya menyerah. Setelah Perang Dunia II berakhir, maka diadakanlah perjanjian-perjanjian perdamaian antara pihak pemenang dan yang kalah perang. Perjanjian-perjanjian itu antara lain : Konferensi Postdam (2 Agustus 1945) dan Perjanjian San Fransisco (8 September 1951).

Konferensi Postdam (2 Agustus 1945)

Konferensi ini diadakan antara sekutu dengan Jerman yang dihadiri oleh Thruman, Stalin, dan Attlee. konferensi ini menghasilkan keputusan sebagai berikut :

Isi Konferensi Postdam

1. Jerman dibagi dalam 4 daerah pendudukan yaitu bagian timur oleh Rusia, bagian barat oleh Amerika Serikat, Inggris, Perancis) Berlin Timur (Rusia0

2. Danzig dan daerah Jerman sebelah timur Sungai Order dan Neisse diberikan kepada Polandia.

3. Angkatan Perang Jerman harus dikurangi jumlah tentara dan peralatan militernya (demiliterisasi).

4. Penjahat Perang Jerman, yaitu tokoh-tokoh NAZI harus dihukum dibawah pengawasan internasional

5. Jerman harus membayar kerugian perang pada sekutu.

Perjanjian San Fransisco (8 Sepetember 1951)

Perjanjian ini diadakan antara sekutu dengan Jepang pada tahun 1945 dan dibuat di Jepang. Pada mulaya perjanjian ini hanya bersifat sementara. Kemudian perjanjian San Fransisco ini disahkan pada tanggal 8 September 1951. Rusia tidak ikut menandatangani perjanjian ini sehingga tidak mengakuinya.

Isi Perjanjian San Fransisco

1. Kepulauan Jepang di bawah pengawasan Amerika Serikat

2. Kepulauan Kurile dan Sakhalin Selatan diberikan kepada Rusia, sedangkan Mantsyuria dan Taiwan diberikan kepada Tiongkok

3. Tokoh-tokoh fasis diadili sebagai penjahat perang dan harus dihukum di bawah pengawasan internasional

4. Jepang harus membayar kerugian perang kepada sekutu.

Akibat Perang Dunia II

Kota-kota rusak - banyak kota menjadi rata dengan tanah karena di bom dari udara, penduduk yang ingin selamat terpaksa mengungsi kepedesaan.

Industri Pada Perang Dunia Ke Dua

Pabrik-pabrik tidak lagi membuat bahan kebutuhan penduduk, tetapi banyak industri-industri dan pabrik-pabrik itu diubah menjadi pabrik senjata untuk memenuhi kebutuhan tentara saat perang dunia dua.

Perlawanan Penduduk

Banyak penduduk wilayah yang diduduki musuh mengungsi ke gunung. Dari sana mereka melancarkan perlawanan dengan gebrakan dan serbuan mendadak terhadap musuh.

Ilmu Pengetahuan Dan Perang Dunia Kedua

Para ilmuan juga sibuk merancang senjata baru, radar merupakan temuan yang sangat berguna bagi Inggris untuk melawan Jerman.

Bom Atom

Senjata baru yang paling mengerikan pada saat perang dunia ke dua adalah bom atom. Bom atom itu dijatuhkan dua kali di Jepang pada tahun 1945 dan mengakhiri perang.

Perdamaian

Perang dunia II telah membunuh 33 juta penduduk dunia, 16 juta tentara, dan melukai 23 juta orang. perdamaian semahal itu perlu dijaga generasi muda yang akan datang dengan tekad dan kesadaran : hanya perdamaian dan bukan diskriminasi ras, bahasa atau paham politik yang memungkinkan kemajuan manusia.

Baca Juga Sejarah Benua Atlantis Pasca Plato

Era Perdamaian Setelah Perang Dunia 2

Anda telah melihat bahwa sejarah dicemari darah karena perang. Banyak pemimpin, pangeran, dan raja pada masa lalu tidak dapat memerintah tanpa senjata. Mereka tidak ragu-ragu membunuh, merusak dan berbuat kekejaman dan ketidakadilan untuk melawan kengakaraan tetangga atau merebut kekayaan daerah baru. Banyak senjata maut baru ditemukan, yang mana senjata itu tidak hanya membunuh tentara dimedan perang, tetapi juga membunuh ibu-ibu, anak-anak dan orang yang sudah tua yang tidak bersalah di kota-kota dan di pedesaan.

Perang dunia kedua sangat mengerikan dan menebarkan kematian serta kerusakan dimana-mana diseluruh dunia, setelah peristiwa itu maka orang-orang menjadi sadar bahwa permasalahan bangsa-bangsa tidak dapat dipecahkan dengan senjata, tetapi hanya dengan sabar beruding dan dengan kehendak baik. Maka setelah berakhirnya perang dunia kedua, bangsa-bangsa yang merindukan perdamaian memebntuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, yaitu organisai internasional yang beranggotakan wakil-wakil semua bangsa. Markas Besar PBB adalah di New York, disana para wakil negara anggota bertemu untuk melerai ketegangan dan perselisihan antara negara-negara tanpa peperangan.

Baca Juga Museum Mata-mata Yang Dibangun Keith Melton

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel