8 Tips Membuat Mebel Dengan Komputer Menggunakan Material Plywood - Tempat Informasi -->

Sponsor:

8 Tips Membuat Mebel Dengan Komputer Menggunakan Material Plywood

8 Tips Membuat Mebel Dengan Komputer Menggunakan Material Plywood

Sepertinya setiap pria - bukan hanya Yesus dan Gappetto - ditakdirkan memiliki gen seorang tukang kayu. setiap kali melihat bilah kayu yang belum terbentuk atau perabot kayu yang rusak, tangan terasa gatal untuk menggenggam gergaji dan palu.

namun sangat disesali, gairah yang meluap-luap itu sering berakhir menyakitkan karena alasan gagal membuat atau memperbaiki furnitur yang dimaksud atau yang diinginkan.

Gambar 8 Tips Membuat Mebel Dengan Komputer Menggunakan Material Plywood

namun keterbatasan yang seperti itu tampaknya bisa teratasi dengan perkembangan di dunia digital, sejumlah peranti lunak - baik yang berbayar maupun yang geratis dari google siap membantu kita mengatasi masalah itu.

paling tidak, komputer dapat membantu kita mendesain dan memecah pola desain dalam sejumlah elemen yang gampang dibentuk dan dirangkai. karena banyak arsitek dan desain interior yang merasa bahwa banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan membuat mebel sendiri ini.

dengan membuat mebel sendiri di rumah, anda dapat menentukan desain yang disukai, atau anda dapat membuat model-model furniture dengan meniru produk-produk furniture terkenal, kemudian di modifikasi oleh sendiri.

keuntungan lain ketika anda membuat mebel sendiri adalah, dimensi atau ukurannya pun bisa disesuaikan dengan area khusus, seperti dibawah tangga. satu lagi keuntungannya yaitu tentang ongkos pembuatan yang lebih murah.

memang, hasil karya tukang kayu amatir tidak akan sebagus yang dibuat para profesional. oleh karena itu, untuk mengatasi keterbatasan teknik itu, disarankan untuk menggunakan jenis Plywood seperti Tripleks, Teak Block, dan Multiple Block.

kenapa harus menggunakan Plywood? karena selain banyak ditemukan di pasar atau di toko bahan bangunan, harga dari Plywood ini relatif murah, dan bahan-bahan itu sangat mudah dipotong dan dibentuk.

hal paling penting adalah soal Finishing, ada dua jenis senutuhan akhir yang bisa dipilih. pertama, menggunakan cat pelapis, yang dikenal dengan nama pelitur, jika anda memilih bahan yang bermotif, efeknya motif akan lebih keluar.

sentuhan akhir yang kedua adalah, anda juga dapat memilih pelapis atau lapisan pelindung untuk permukaan furniture. lapisan pelindung yang bisa digunakan adalah jenis hpl dan mde.

8 Tips Membuat Mebel Dengan Komputer Menggunakan Material Plywood

1. pilih desain furniture, anda dapat mencontoh model furniture dari majalah, internet, atau butik mebel. dan pilih model yang sederhana tanpa ukiran dan detail.

2. ukur ruangan yang akan ditempati mebel tersebut

3. gambar model dan masukan data ukuran ke dalam program komputer pembuat mebel. maka disana akan keluar elemen-elemen yang anda perlukan

4. pilihlah bahan yang mudah dipotong dan mudah dibentuk, seperti bahan plywood (tripleks, teak block, dan multiple block).

5. siapkan peralatan : obeng, lem perekat, gergaji, palu, paku cacing, bor, baut, ampelas, dan kuas.

6. ukur bahannya berdasarkan pola dari program komputer, potong kemudian rapikan di setiap sisi-sisinya.

7. rangkai, ada beberapa cara menyatukan kayu : dengan paku, sekrup, atau baut, dan memakai paku biasanya lebih praktis, tetapi jika kayunya (menggunakan plywood) maka akan mudah pecah jika menggunakan paku. dan gunakan skrup jadi alternatif lebih aman.

tetapi jika mebelnya ingin dapat dibongkar pasang, maka gunakan mur-baut. dan terlebih dahulu kayu di bor karena baut tidak setajam paku dan skrup untuk dapat menembus kayu.

8. finishing, gunakan cat pelapis, setelah permukaan mebel selesai dirangkai dan dibuat, maka gosok permukaan kayunya dengan menggunakan ampelas. jika menggunakan lapisan pelindung, maka berilah lem perekat disemua sisi bagian dalam supaya tidak mudah terkuak.

3 Program Komputer Yang Menyediakan Contoh-Contoh Desain Furniture

banyak program komputer yang menyediakan contoh-contoh desain furnitur berikut bayangan bentuk ruangan tempat furnitur bila sudah diisi dengan mebel yang dimaksud. sebagian program harus dibeli, tapi sebagian lagi ada yang dapat di unduh dengan gratis dari internet. dan berikut ini beberapa program desain furniture yang bisa digunakan.

1. SketchList3D

ini adalah sebuah program khusus untuk merancang furniture dan lemari dengan menggunakan bentuk tiga dimensi. asyiknya, setelah kita menggambar desain, program ini bisa mempreteli elemen-elemennya hingga kita tahu berapa kayu yang dibutuhkan, bagaiman bentuknya sesudah dipotong-potong dan lain-lain. SketchList3D

2. Google Sketchup

ini sebenarnya program komputer untuk merancang bagian interior dan eksterior, namun anda juga bisa menggunakannya untuk mendesain model furniture dalam bentuk tiga dimensi. cara kerjanya sama dengan program desain virtual yang lain. namun, yang menarik dari program ini, anda bisa mengunduhnya secara gratis dari internet google sketchup

3. Auto-Furniture Dan Mini-Furniture

untuk pemula, program ini paling bersahabat. dalam Auto-Furniture, anda tinggal memilih model yang sudah jadi, lalu menentukan dimensinya, dan program ini akan membelah-belah elemennya agar kita mudah membuatnya. untuk yang menginginkan bentuk custom, bisa menggunakan mini-furniture auto-furniture dan mini-furniture

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel