5 Nama Benua Dan Nama-Nama Negara Di 5 Benua - Tempat Informasi -->

Sponsor:

5 Nama Benua Dan Nama-Nama Negara Di 5 Benua

Nama-Nama Benua Dan Nama-Nama Negara Di 5 Benua

Benua Asia

Benua Asia terletak antara 26 Derajat BT - 16 Derajat BB dan 11 Derajat LS - 77 Derajat LU. Benua Asia merupakan benua terbesar (hampir 1/3 daratan permukaan bumi). wilayahnya membentang dari wilayah kutub utara sampai Equator dan sebelah barat dari Laut Tengah, Laut Merah, Pegunungan Ural sampai Samudera Pasifik.

Negara-Negara Yang Ada Di Benua Asia Dapat Dikelompokkan Menjadi Beberapa Kawasan :

  • Asia Utara : Asia Utara meliputi wilayah negara Rusia
  • Asia Barat : Siprus dan Turki
  • Asia Barat Daya : Lebanon, Israel, Palestina, Suriah, Yordania, Irak, Iran, Afganistan, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, dan Yaman
  • Asia Selatan : Pakistan, India, Nepal, Bhutan, Banglades, Srilangka, Maladewa
  • Asia Tengah : Mongolia, Azerbaijan, Kazakstan, Tajikistan, Turmenistan, Armenia, Uzbekistan
  • Asia Timur : RRC, Jepang, Korea Utara,Korea Selatan, Taiwan
  • Asia Tenggara : Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina.

Sirkum Pasifik dari pegunungan di Jazirah tenggelam dan muncul pegunungan di Kep. Jepang tenggelam, muncul pegunungan di Filipina tenggelam muncul sebagai gunung di Sulawesi Utara, pegunungan di Halmahera dan berakhir di Kep.Maluku.


Gambar 5 Nama Benua Dan Nama-Nama Negara Di 5 Benua

Benua Amerika

benua Amerika memanjang dari kutub utara sampai ke kutub selatan yang terletak antara 35⁰ BB - 170⁰ BB dab 55⁰LS - 83⁰LS. bagian utara dan bagian selatan Benua Amerika membentuk segitiga dengan kerucut di bagian selatannya, sedangkan bagian tengah merupakan daratan yang sempit yang menghubungkan Benua Amerika bagian selatan dan Benua Amerika bagian utara. pada bagian tengah Benua Amerika yaitu sekitar Laut karibia terdapat ragkaian kepulauan.

secara geografis, Benua Amerika sebelah utara berbatasan dengan Laut Artika , sebelah barat dengan lautan Pasifik, sebelah timur berbatasan dengan laut merah dan sebelah selatan berbatasan dengan Benua Antartika.  luas keseluruhan benua Amerika dan pulau-pulau kecil termasuk Greenland mencapai 42.188.568 km². dan benua Amerika dibagi menjadi 3 kawasan yaitu sebagai berkut.

Pembagian Kawasan Benua Amerika

1. Amerika Utara : Kanada, Amerika Serikat, Meksiko

2. Amerika Tengah : Angguilla, Antiqua dan Bermuda, Kep. Bahama, Barbados, Belize, Bermuda, Pulau Cayman, Costa Rika, Kuba, Dominika, Rep. Dominika. El Savador, Grenada, Guadeloupe, Guatemala, Haiti, Honduras, Jamaika, Martinique, Montserrat, Netherland Antillean, Nikaragua, Panama, Puerto Rico, St.Kitt, Nevis, St.Lucia, Vicente, Trinidad, Tobago.

3. Amerika Selatan : Argentina, Bolivia, Brazil, Chili, Ecuador, Guyana (Perancis) Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay,Venezuela.

Benua Amerika memanjang dari kutub utara ke kutub selatan, memiliki keadaan alam yang bervariasi, dan keadaan alamnya dibagi menjadi Semenanjung Skandinavia (Norwegia, Swedia, dan Finlandia)
a. sebelah barat benua ini membentang rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik
b. sebelah timur merupakan daratan tinggi
c. bagian tengah merupakan daratan

Pegunungan Sirkum Pasifik yang membujur Barat Benua Amerika Utara terbagi menjadi 3 jalur, yaitu :
1. pegunungan pantai barat yang membujur dari Alaska sampai Kalifornia
2. pegunungan Cascade disebelah utara Siera Nevada dan selatan Siera Madre.
3. pegunungan Rocky, antara jalur pegunungan pertama dan kedua terdapat lembah besar dan memanjang, sedangkan antara jalur pegunungan kedua dan ketiga terdapat plato Yukon, British Columbia, Kolombia, Colorado, Meksiko, dan Danau Garam Besar (great salt lake).

sebelah timur merupakan dataran tinggi yang berangsur-angsur menjadi daratan rendah di tengah, sedangkan bagian tengah, karena terhalang pegunungan, angin laut tidak masuk dan yang dapat masuk hanya angin kering yang menyebabkan bagian tengah ini terbentuk gurun dan stepa.

Amerika Tengah merupakan daratan sempit yang diapit dua samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Laut Karibia dan teluk Meksiko. pada jalur yang sempit ini terdapat kelanjutan pegunungan yang berasal dari pegunungan Rocky yaitu : pegunungan Siera Madre Occidental dan Siera Oriental, sehingga daratan rendajnya sempait antara pegunungan dan pantai.

Amerika Selatan bagian barat membujur jalur pegunungan Sirkum Pasifik dan dibagian benua ini membentuk pegunungan Cordilleras de Los Andes, sedangkan bagian timurnya merupakan daratan tinggi dan daratan rendah.

kawasan Amerika Selatan terdapat sungai besar yang memiliki karakteristik seperti DAS Amazon. DAS Orinoco, DAS Parana.

Benua Afrika

Afrika terletak antara 52⁰BT - 15⁰BT dan 35⁰LU - 33⁰LS. berdasarkan letak ini maka benua ini memiliki iklim matahari tropis dan sedang, tetapi benua Afrika ini merupakan benua terbesar setelah benua Asia, sehingga angin laut yang lembab mempengaruhi terbentuknya iklim gurun dan stepa. 

Benua Afrika mempunyai luas 30.295.000 km² atau 1/5 permukaan daratan. pulau yang termasuk benua Afrika yaitu Pulau Madagaskar yang merupakan pulau ke 2 terbesar setelah pulau Greenland.

Negara Yang Terletak Di Benua Afrika dibagi menjadi beberapa kawasan berikut :

  • Afrika Utara : Maroko, Sahara Barat, Aljazair, Tunisia, Mesir, Sudan
  • Afrika Selatan : Namibia, Botswana, Afrika Selatan, Lesotho, Swaziland
  • Afrika Barat : Senegal, Cape Verde, Guinea Bissau, Gambia, Senegal, Sierra Lone, Pantai Gading, Ghana, Togo, Benin, Nigeria, Mauritania, Mali, Burkina Faso, Niger
  • Afrika Timur : Eritrea, Etiopia, Somalia, Uganda, Kenya, Jibuti, Reunion, Seychelless, Tanzania, Rwanda, Komoro, Burundi, Malagasi, Mozambik, Mauritius, Zambia, Zimbabwe
  • Afrika Tengah : Chad, Afrika Tengah, Guinea Equatorial, Gabon, Kongo, Sao Tome, Principle, Zaire (Rep. Dem. Kongo) Angola

Keadaan Fisik Benua Afrika

Secara umum keadaan fisik Benua Afrika terdiri dari :

A. Lembah

pada zaman dahulu pada wilayah benua ini terjadi retakan yang memanjang dari Afrika Selatan melalui Laut Merah sampai ke Suriah Utara. sepanjang retakan dan patahan ini membentuk danau dan air terjun. 

danau yang terbentuk karena retakan dan patahan yaitu : Danau Nyssa (Malawi), Tanganyika, Kivu, Edward, Albert dan Viktoria (6.500 km²).sebelah timur jalur retakan ini terdapat gunung tertinggi yaitu Kalimanjaro (5.895 m).

B. Daratan Pantai

karena terjadinya pengikisan dan abrasi maka daratannya sempit daratan ini terletak sepanjang pantai-pantai barat dan timur dengan lebar sekitar 300 meter.

C. Pegunungan Dan Plato

sebagai daratan Benua Afrika merupakan pegunungan dan Plato. ingatkah anda bahwa plato terbentuk karena pengikisan baik oleh hujan maupun oleh angin. artinya bahwa benua ini pada zaman dahulu bukan merupakan daratan, tetapi pegunungan.

pegunungan terletak di Afrika Utara yaitu pegunungan Atlas dengan puncak tertingginya adalah Gunung Apache (3.797 m) dan pegunungan Drakeberg di Afrika Selatan.

akibat erosi yang terjadi baik angin maupun hujan membentuk benua Afrika menjadi plato yang luas membentuk gurun terluas di dunia. gurun yang ada di Afrika yaitu Gurun Sahara, Libia, Gurun Barat, Timur di Afrika Utara dan Gurun Kalahari di Afrika Selatan.

Benua Eropa

Benua Eropa terletak antara 9⁰ BT - 60⁰ BB dan 35⁰ LS - 80⁰ LS. Benua Eropa dan kepulauannya mempunyai luas 27.273.727 km². Benua Eropa merupakan benua kecil yang bersatu dengan Benua Asia karena masyarakatnya dan negaranya mempunyai peranan tersendiri, maka Eropa dipisahkan dari Benua Asia dengan nama Eropa.

Negara-Negara Yang Berada di Benua Eropa Di Bagi Menjadi Keberapa Kawasan

  • Eropa Utara : Irlandia, Swedia, Norwegia, Latvia, Lithuania, Dan Denmark
  • Eropa Barat : Inggris, Belanda, Irlandia, Prancis, Jerman, Luxemburg, Belgia, Autria, Dan Swiss
  • Eropa Timur : Ceko, Slovakia, Polandia, Belarus, Hungaria, Czechnia, Rumania, Moldova, Bulgaria, Bosnia, Kroasia, Ukraina dan Rusia.
  • Eropa Selatan : Spanyol, Portugal, Itali, San Marino, Monaco, Yugoslavia, Macedonia, Albania, Malta, Dan Yunani.

meskipun Benua Eropa merupakan benua yang kecil, tetapi banyak semenanjung dan teluk. disana terdapat beberapa semenanjung, diantaranya sebagai berikut :

4 Semenanjung Yang Ada Di Benua Eropa

  1. Semenanjung Skandinavia (Norwegia, Swedia, dan Finlandia)
  2. Semenanjung Iberia (Portugal dan Spanyol)
  3. Semenanjung Balkan (Italia)
  4. Semenanjung Yunani ( Yunani)

Benua Eropa dilalui pegunungan lipatan muda mediterania yang bersifat aktif sehingga jalur pegunungan ini menghalangi masuknya angin laut dari laut Mediterania yang banyak menimbulkan hujan di Eropa Selatan.

Benua Australia

A. Letak Astronomis Dan Batas Wilayah Benua Australia

Benua Australia terletak diantara 113⁰ BT - 155⁰ BT dan 10⁰ LS - 43⁰LS. luasnya adalah 7.686.848 km². Australia adalah sebuah negara benua. atau negara yang wilayahnya meliputi sebuah benua.

Batas Wilayah Benua Australia Adalah Sebagai Berikut :

Sebelah Utara : Indonesia, Selat Timor dan Samudera Pasifik
Sebelah Selatan : Samudera Hindia
Sebelah Timur : Samudera Pasifik
Sebelah Barat : Samudera Hindia

Ciri-Ciri Alam Utama Benua Australia

Benua Australia mempunyai ciri-ciri alam yang membedakan dengan benua lainnya yaitu sebagai berikut :
  1. Benua paling tandus
  2. benua paling sempit
  3. benua paling darat permukaan buminya
  4. terdapat binatang khas Australia yaitu Kangguru
  5. terdapat Karang Penghalang Besar (great barrier reef)
  6. terdapat banyak jenis binatang berkantung

C. Ciri Sosial Dan Budaya Australia

keadaan sosial di Benua Australia adalah sebagai berikut :
kepadatan penduduk Benua Australia paling rendah (jarang) dibandingkan dengan benua lainnya, yaitu 2 orang perk km².
mayoritas penduduk Benua Australia dari negara Inggris
mayoritas penduduk Negara Australia (85%) tinggal di kota pelabuhan (tepi pantai)
Australia sebagai tujuan imigran (pendatang) dari Asia dan Afrika
penduduk Australia memiliki budaya yang beragam. penduduk asli Australia adalah Aborigin, dengan senjata tradisional Bumerang.

Ciri Ekonomi Benua Australia

keadaan ekonomi di Benua Australia adalah sebagai berikut :
Australia merupakan negara pertanian (agraris) yang maju
Australia adalah penghasil wol (bulu domba) terbesar di dunia
Autralia adalah pengekspor hasil pertanian dan peternakan
pendapatan perkapita penduduk Australia digolongkan tinggi

Share this post

Related Posts

0 Response to "5 Nama Benua Dan Nama-Nama Negara Di 5 Benua"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel