Negara Jepang - Bentuk Pemerintahan, Letak, Luas, Keadaan Alam, Perekonomian Dan Perindustrian Jepang - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Negara Jepang - Bentuk Pemerintahan, Letak, Luas, Keadaan Alam, Perekonomian Dan Perindustrian Jepang

Negara Jepang - Bentuk Pemerintahan, Letak, Luas, Keadaan Alam, Perekonomian Dan Perindustrian Jepang

Bentuk Pemerintahan Negara Jepang

Jepang merupakan negara dengan sistem pemerintahan kekaisaran. Kepala Negaranya disebut Kaisar dan Kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Negara Jepang memiliki Ibu Kota di Tokyo yang terletak di Pulau Honshu.

Gambar Negara Jepang - Bentuk Pemerintahan, Letak, Luas, Keadaan Alam, Perekonomian Dan Perindustrian Jepang

Letak Dan Luas Negara Jepang

Jepang merupakan negara kepulauan dengan 300 buah pulau, tetapi bagian dari Benua Asia, Benua Asia dan Kepulauan Jepang dipisahkan oleh Laut Jepang. Pulau terbesar dan menjadi daerah Aktivitas adalah Pulau Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu. Negara Jepang terletak antara 129 derajat Bt - 147 derajat BT dan 20 derajat LU - 50 derajat LU, dengan luas keseluruhan negara Jepang sekitar 377.815 km².

Iklim Negara Jepang

sebagian besar negara Jepang memiliki iklim sedang dan sebagian kecil memiliki iklim tropis. waktu matahari beredar ke Utara (juni - September) maka terjadi musim panas, karena itu wilayah pantai timur negara Jepang dipengaruhi angin laut dari Samudera Pasifik, sedangkan wilayah timur erjadi angin kering.

pada waktu matahari beredar di selatan (Oktober - Mei) bergerak angin dari wilayah Siberia yang dingin yang menimbulkan hujan salju di wilayah pantai barat, sedangkan wilayah pantai timur terjadi angin kering. curah hujan tahunannya berkisar antara 1000 - 3.000 mm dengan suhu rata-rata 23⁰C. selain angin dari laut, wilayah pantai timur dipengaruhi arus panas yang dikenal Kurosyiwo, sehingga wilayah pantai timur kondisi udaranya hangat.

Keadaan Alam Negara Jepang

wilayah Jepang dilalui oleh pegunungan Sirkum Pasifik, maka sebagian besar (71%) terdiri atas wilayah pegunungan, sehingga banyak gunung api yang aktif. sedangkan daratannya yang dipisahkan pegunungan sempit yang dijadikan aktivitas penduduk negara Jepang. masalah alam sering melanda negara ini yaitu ; letusan gunung api, banjir, gempa bumi, dan angin topan.

Flora Dan Fauna Di Negara Jepang

sebagian besar pegunungan, maka daerah tersebut dijadikan lahan hijau yang tidak diganggu dan tertutup hutan. karena daerahnya bersalju dengan iklim sedang, maka tumbuh hutan konifer, sedangkan sebelah selatan yang dipengaruhi angin laut tumbuh berdaun lebat.

fauna yang dapat hidup di wilayah ini yaitu babi hutan, rusa, serigala, dan monyet. fauna ini sesuai dengan kondisi alam yang hampir sama dengan daerah yang memiliki iklim tropis.

Penduduk Negara Jepang

kondisi iklim memperngaruhi aktivitas penduduk karena itu aktivitas penduduk sebagian besar berada di pulau Honshu. penduduk asli Jepang adalah bangsa Ainu. penduduk Jepang mempunyai sifat yang perlu ditiru seperti ; giat, rajim, disiplin. saat ini mengantarkan negara Jepang menjadi negara maju.

Perekonomian Negara Jepang
sifat orang Jepang yang rajin dan giat, disiplin, menghargai karya sendiri dan bangga terhadap negaranya sendiri menjadi dasar bagi perkembangan negara. dengan sifat ini, orang Jepang membangun negaranya sampai menjadi negara industri utama dan negara maju. kemajuan negaranya berdampak terhadap pendapatan rata-rata penduduk yang tinggi.

pertanian Jepang berkembang pada lahan yang sempit sekitar 16% yang menghasilkan beras, gandum, kedelai jelai 9(jenis gandum) sayuran dan buah-buahan serta penghasil ulat sutra. peternakan sapi yang berkembang menghasilkan susu.

Perikanan Di Negara Jepang

perairan sebelah timur Jepang dipengaruhi arus laut panas (korosyiwo) dan dengan arus dingin (oyashiwo) sehingga daerah ini menjadi tempat perikanan terbesar bagi negara Jepang. selain perairan yang bagus ditunjang oleh alat dan perlengkapan perikanan yang yang modern, sehingga produk perikanan ini dapat memenuhi kebutuhan penduduk jepang.

Pertambangan Di Jepang

jepang merupakannegara yang miskin barang tambang, sehingga kebutuhan barang tambang didatangkan dari negara lain seperti minyak, gas bumi, batu bara, bijih besi, tembaga, timah, seng, belerang, batu kapur dan gypsum.

Perindustrian Di Negara Jepang

kemampuan orang Jepang dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dapat bersaing, sehingga industri yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik. produk perindustrian Jepang seperti : elektronik, bahan kimia dasar, tekstil industri berat dan otomotif.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Negara Jepang - Bentuk Pemerintahan, Letak, Luas, Keadaan Alam, Perekonomian Dan Perindustrian Jepang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel