9 Tips Menghemat Biaya Pernikahan - Tempat Informasi -->

Sponsor:

9 Tips Menghemat Biaya Pernikahan

informasitempat, Tips Menghemat Biaya Pernikahan - Semua calon pengantin menginginkan pesta pernikahannya menjadi hari yang peling indah dan meninggalkan kesan bagi setiap tamu yang datang, tapi bagaimana bila anggaran atau biaya yang anda miliki terbatas? Pada hakikatnya pernikahan adalah hal yang sakral dan tidak ada keharusan untuk menggelar pesta pernikahan, apalagi hingga mengeluarkan biaya pernikahan hingga ratusan juta bahkan milyaran. Namun untuk mengenang momen yang hanya diharapkan terjadi sekali dalam seumur hidup itu, tentu saja anda tidak ingin melewatinya tanpa sebuah acara istimewa.

Cara Menggelar Pesta Pernikahan Yang Murah Meriah


Gambar 9 Tips Menghemat Biaya Pernikahan


Menggelar pesta pernikahan dengan hemat dapat anda lakukan, untuk yang memiliki budget terbatas, tidak perlu khawatr bahwa pesta yang tersebut akan berlangsung tanpa kesan, anggaran yang terbatas dapat diatasi dengan kreatifitas yang terbatas. Biaya bisa semakin ditekan jika pesta dilangsungkan di rumah dan tidak menggunakan jasa catering. Karena dari anggaran yang ada, biaya katering biasanya menghabiskan anggaran 60 %, jika memasak sendiri, bisa menghemat hingga 20 %. tetapi tentunya kurang praktis dan banyaknya tenaga yang terkuras.

Misalnya untuk anggaran 100 juta hingga 200 juta, bisa memilih katering yang lebih variatif untuk tamu yang lebih banyak. Apalagi jika memakai paket katering, maka jumlah tamu yang diundang bisa mencapai 1000 hingga 1200 orang. Secara umum, jumlah ini adalah anggaran yang ideal untuk sebuah pesta pernikahan.

Penghitungan biaya pernikahan itu terkait dua mempelai dan pihak keluarga, apakah pesta pernikahan yang diinginkan itu sederhana atau mewah, dimana akad dan resepsi akad akan dilangsungkan, tata cara pernikahan apa yang dikehnadaki sehingga apakah pesta tersebut memakai jasa wedding organizer atau dikerjakan sendiri.

Biaya pernikahan itu mudah sekali membengkak dari yang dianggarkan sebelumnya, mulai dari dekorasi hingga cincin kawin karena adanya kenaikan harga. Untuk itu, sangat disarankan untuk membuat daftar pengeluaran agar memudahkan dalam memantau pos-pos pengeluaran.

Baca Juga Cara Dekorasi Pesta Pernikahan Murah

Kompromi Dengan Keluarga Itu Penting

Bermula pasangan calon pengantin harus mengadakan kompromi dengan keluarga kedua belah pihak, apakah pesta pernikahan akan menggunakan jasa wedding organizer atau menggunakan jasa bantuan dari keluarga. Karena persiapan pernikahan minimal memerlukan waktu 8 hingga 12 bulan jika segala sesuatunya dikerjakan sendiri.

Namun jika anda memanfaatkan jasa wedding organizer, waktu persiapan bisa menjadi lebih singkat yaitu 8-6 bulan saja. Mengingat acara ini melibatkan banyak pihak, termasuk keluarga kedua pasangan calon pengantin. maka kompromi itu sangat dibutuhkan dan sangat penting.

Jadi intinya segala sesuatu itu dibutuhkan banyak pertemuan dan diskusi, baik hajatan yang dikerjakan sendiri maupun hajatan yang menggunakan jasa wedding organizer. Sehingga pesta pernikahan yang digelar berjalan lancar dan memuaskan semua pihak yang terlibat termasuk pengantin.

Baca Juga Masalah Yang Timbul Setelah Pernikahan

9 Tips Menghemat Biaya Pernikahan

  • Menyewa gaun atau pakaian pengantin, bukan membeli
  • Bila memutuskan membeli gaun pengantin, pilih gaun atau kebaya yang bisa dipakai pada kesempatan lain
  • Seragam atau pakaian pesta untuk keluarga lebih baik sewa daripada membeli
  • Pertimbangkan untuk mencetak undangan yang sederhana dan muraj, karena setelah dibaca, biasanya undangan itu akan dibuang
  • Membatasi tamu undangan karena akan mempengaruhi biaya konsumsi yang harus dikeluarkan
  • Menyelenggarakan resepsi pernikahan dirumah bukan di gedung
  • Memilih dekorasi yang sederhana namun tetap menarik
  • Membuat pesta pernikahan yang sederhana namun tetap penuh makna, yaitu dengan menggelar acara akad nikah dan resepsi diwaktu dan tempat yang sama
  • Meminta bantuan keluarga dan teman untuk jasa dokumentasi acara pesta pernikahan anda.
Meski anggaran dana tetap menjadi hal yang paling utama, namun tanpa kerja sama semua pihak, pesta pernikahan yang digelar dengan biaya besar pun bisa berlalu tanpa kesan. Semoga artikel tentang tips menghemat biaya pernikahan dapat menginsfirasi anda.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel