4 Tips Membangun Rumah Secara Efisien Di Lahan Terbatas - Tempat Informasi -->

Sponsor:

4 Tips Membangun Rumah Secara Efisien Di Lahan Terbatas

Tips Membangun Rumah Secara Efisien Di Lahan Terbatas

Keterbatasan lahan dalah masalah bagi masyarakat kota besar, dan masalah utama dalam menyiapkan tempat tinggal. namun dengan sentuhan kreativitas, kebutuhan ruang dan kenyamanan bisa terpenuhi. Silahkan Baca Tips Mengatasi Ruangan Di Rumah Atau Di Flat Kecil

keterbatasan lahan dan semakin mahalnya lahan membuat masyarakat yang tinggal di kota-kota besar memiliki tempat tinggal berukuran kecil. baik berwujud rumah maupun berwujud apartemen yang ukuran total bangunan dibawah 60 meter persegi.

terbatasnya lahan bukan berarti rintangan untuk menciptakan kenyamanan. bahkan sebaliknya, justru menambah keakraban dalam keluarga karena ruangan praktis, sederhana dan efisien.

Gambar  Tips Membangun Rumah Secara Efisien Di Lahan Terbatas

tema desain modern minimalis sesuai konsep penataan yang serba praktis dan fungsional merupakan pilihan paling tepat. interior disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup tanpa melupakan keindahan atau estetikanya. yang juga tidak boleh dilupakan, aspek kesehatan, keamanan dan kenyamanan.

cara menyiasati kondisi ini dengan cara menyatukan ruang keluarga dengan area dapur bersih dan ruang makan. konsep tanpa sekat dipilih mengingat ruangan yang tersedia sangat terbatas dan tidak memiliki sisa lahan.

untuk mendapatkan kesan lebih luas, pencahayaan harus memadai. untuk itu harus memiliki bukaan yang lebar agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah. semakin baik bila sirkulasi udara juga diperhatikan sehingga ruangan tidak terasa pengap.

aplikasikan cermin sebagai wall treatment juga sangat membantu menghadirkan kesan luas di dalam rumah. dibantu dengan pemilihan furniture yang simpel dengan bentuk sederhana dan ukuran tidak terlalu besar sehingga tidak membuat ruangan menjadi semakin penuh dan sempit.

sofa lipat yang dapat difungsikan sebagai tempat tidur dapat menjadi pilihan. namun tetap memperhatikan tema interior yang dipilih. selain sofa, untuk mendapatkan kesan semakin luas, penggunaan furniture built-in yang didesain menempel didinding hingga atap ruangan layak juga untuk dipertimbangkan.

keberadaan furniture built-in menghasilkan ruang kosong sehingga rumah tidak terlihat penuh dan sesak atau sempit. pemilihan warna purniture juga memberikan kontribusi dalam menghadirkan kesan luas di dalam rumah. warna cerah memantulkan cahaya daripada warna gelap yang menyerap cahaya membuat ruangan terlihat terang dan lapang.

anda dapat membuat tiga fungsi menjadi satu, misalnya ruang keluarga dan dapur dipisahkan partisi yang juga berfungsi sebagai tempat televisi. partisi ini menyatu dengan meja makan yang disipakna hanya untuk dua atau tiga orang.

disisi lain partisi digunakan untuk menempatkan cermin, agar menghasilkan kesan luas pada dapur segaris yang memang sangat terbatas. dibagian atas anda dapat menempelkan lampu hias senada yang digantung diatas sofa.

pilih warna sofa krem, selain sesuai dengan pilihan luas ruangan, warna sofa krem juga membantu memunculkan kesan luas. hanya dilengkapi puff yang bisa berfungsi sebagai meja maupun sandaran kaki saat bersantai menonton acara televisi.

buat jendela disisi kiri rumah anda dengan bentuk jendela tinggi, hal ini membuat ruangan ini kaya akan cahaya matahari. selain memberi kesan luas, suasana terang membantu menghemat penggunaan listrik.

dibawah jendela dimanfaatkan sebagai ruang penyimpan barang yang efektif. sehingga barang-barang tersimpan rapi tidak berserakan yang bisa menimbulkan kesan berantakan dan jorok.

Mezzanine

terbatasnya lahan membuat kita tidak mungkin menambah ruang secara horisontal. pilihannya adalah dengan penambahan ruang secara vertikal, misalnya dalam bentuk mezzanine.

ruang kerja sekaligua ruang perpustakaan dapat ditempatkan diatas tempat tidur. dihubungkan dengan tangga yang terkesan melayang tanpa railing yang cocok ditempatkan dibelakang sofa ruang nonton.

buat tangga dari kayu, karna itu menjadi perpaduan unik, buat dinding dengan lapisan batu alam warna krem . dan anda akan melihat bahwa itu memberikan nuansa berbeda pada ruangan mungil yang minim hiasan tersebut.

dinding yang disusun dari batu bermacam-macam ukuran dan bentuk alami tersebut ditata secara acak. keberadaannya memberikan kesan makin hangat untuk ruangan minimalis ini. untuk menjaga kamanan agar tidak terjatuh saat beraktivitas di mezzanine, dibuat pagar besi berlapis krom sebagaimana fungsi kaca, pilihan lapisan krom untuk menghasilkan kesan luas pada ruangan terbatas.

dengan kondisi yang serba terbatas. sebaiknya tidak membeli furniture ditoko. sangat mungkin furniture tersebut tidak sesuai dengan luas ruangan yang anda miliki. anda dapat memesan secara khusus menjadi pilihan untuk mengisi dan memperindah interior.

4 Tips Membangun Rumah Secara Efisien Di Lahan Terbatas

1. Jangan mendekorasi rumah secara berlebihan 

penambahan furniture bisa membuat ruangan menjadi cantik. namun bila menempatkan semua dalam satu ruangan akan membuatnya terasa sesak. selain itu sebelum memesan furniture, ukur sesuai luas ruangan. jangan sampai terjadi ketidakseimbangan karena furnitur yang terlalu besar.

2. Hindari pencahayaan yang buruk

sebagai elemen yang penting, tempat tinggal harus memiliki banyak sumber cahaya alami. jika dirasa kurang. tambahkan lampu pada posisi yang proposional.

3. Jangan Menghalangi Jendela

pilih tirai yang menggantung di langit-langit ruangan agar jendela tidak terlihat rendah.

4. Jangan hadapan furnitur ke dinding

bila ditempatkan pada posisi yang tepat, furnitur bisa menciptakan ruang ekstra. untuk itu, hindari menempelkan furniture pada dinding.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel