Pengertian Pergeseran Dan Proses Terjadinya Pergeseran - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Pengertian Pergeseran Dan Proses Terjadinya Pergeseran

Pengertian Pergeseran Dan Proses Terjadinya Pergeseran

Apa Itu Pergeseran - Pergeseran adalah perlawanan yang dilakukan suatu benda dalam gerakan yang melanda benda lain. pokoknya antara dua benda apa saja yang bisa kita bayangkan.

banyak pekerjaan dan kegiatan yang diselenggarakan dalam kehidupan ini tidak mungkin terlaksana tana terjadinya geseran. tanpa geseran ban dan rantai mesin akan tergelincir lepas, paku dan sekrup tidak akan menancap rapat, kaki orang tidak akan berpijak lekat pada lantai atau tembok berjalan, roda-roda bergigi akan berputar tanpa membuat benda-benda lainnya ikut berputar.

Gambar Pengertian Pergeseran Dan Proses Terjadinya Pergeseran

walaupun demikian, dalam banyak hal, terutama yang menyangkut soal mesin, kita sebenarnya telah berusaha mengurai geseran itu sebanyak mungkin.

pada benda-benda yang padat, geseran itu terutama sekali disebabkan oleh keadaan yang tidak rata pada permukaan dua benda yang saling bersinggungan. yang sangat menarik adalah bahwa pada kenyataannya geseran antara dua benda yang tidak sama jenisnya itu jauh lebih kurang daripada geseran antara dua buah benda yang sama.

apabila kita melumasi permukaannya, seperti halnya kita memberi minyak pada suku cadang mesin-mesin, maka pada dasarnya kita sedang mengurangi geseran itu dengan cara mengganti geseran antara benda yang keras dengan geseran zat cair.

geseran yang terjadi antara benda-benda padat ada dua macam yakni menggelincir dan menggelinding. geseran karena menggelinding. geseran karena menggelinding agak kurang terdapat jika dibandingkan dengan geseran menggelincir.

itulah sebabnya sistem roda itu merupakan salah satu penemuan manusia yang sangat besar sekali artinya, ia memungkinkan orang bisa menggantikan geseran menggelincir itu dengan geseran menggelinding untuk mengangkut muatan yang serba berat sekali.

disini kita melihat sesuatu cara betapa besar bedanya hal itu. coba kita ambil sebuah batu besar diatas sebuah permukaan tanah yang tidak rata. mungkin akan makan tenaga selusin orang laki-laki untuk menyeret batu itu melalui permukaan tanah itu dengan cara geseran menggelincir.

tetapi bila kita letakkan batu yang sama itu diatas batang kayu yang menggelinding, maka akan menggunakan tenaga enam orang untuk menghela batu yang sama di atas permukaan yang yang tidak rata.

nah, bila kita tempatkan batu itu di dalam sebuah gerobak yang mempunyai roda dua, kita hanya perlu empat orang tenaga untuk menariknya.

sebab kita mengalami geseran menggelincir pada porosnya dan geseran menggelinding di atas permukaan tanah yang kasar itu. sekarang, kalau kita beri minyak pelumas pada porosnya dan membuat jalan itu jadi licin, maka dua orang bisa menarik gerobak itu.

dengan menggunakan roda itu yang memakai ban karet bundar, cukup hanya satu orang saja bisa memindahkan batu itu dengan mudah sekali.

udara dan air juga menimbulkan geseran, kita membuat bentuk tubuh pesawat terbang itu "streamline", artinya semakin kebelakang semakin ramping bentuknya, untuk memperkecil daya perlawanan udara, demikian pula kapal-kapal itu dibangun dengan bentuk dasar yang mudah baginya untuk mendorong geseran di dalam air.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel