Aksid Atau Asaman Dan Apakah Aksid Itu - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Aksid Atau Asaman Dan Apakah Aksid Itu

Aksid Atau Asaman Dan Apa Itu Aksid

Kadang-kadang kita membaca dalam surat kabar tentang peristiwa seseorang yang mendapat cidera hebat oleh karena terbakar oleh asam. pada umumnya memang sebagian besar orang beranggapan bahwa asam adalah zat cair yang berbahaya, yang bisa membakar kulit dan merusak pakaina sampai lubang-lubang.

Gambar Aksid Atau Asaman Dan Apakah Aksid Itu

hal ini memang benar, tetapi hanya terbatas pada sejumlah kecil asam saja. ada banyak jenis asam di dalam makanan kita, dan asam itu justru kita perlukan untuk kepentinga kesehatan kita. aksid lainnya dipakai untuk membuat obat-obatan, cat, kosmetik dan produksi industri lainnya.

ada banyak macam-macam asam, tetapi pada umumnya kita bisa membaginya dalam dua golongan, yaitu asam organik dan asam yang non-organik. disini kita berikan suatu penjelasan singkat tentang beberapa asam penting dari masing-masing kelompok itu.

Asam belerang merupakan asam undustri yang penting, ia bisa mengakibatkan cidera pada mata dan membakar hangus kulit seseorang.

asam hidroklorik merupakan jenis asam lain yang sangat kuat daya kerjanya, ia dapat dibuat dari asam belerang dan garam dapur biasa. asam hidroklorik dipergunakan untuk membentuk bahan kimia lain dan sangat baik sekali untuk keperluan membersihkan barang-barang logam.

tubuh kita menghasilkan sejumlah kecil asam hidroklorik yang lunak daya kerjanya, yang kita gunakan untuk membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh kita.

asam nitrik adalah aksid keras lainnya yang bisa merusak kulit dan mata, sebaliknya, asam borat termasuk asam yang lemah coraknya, ia banyak terdapat di Italia, ia dapat dipakai untuk pembuatan bahan keramik, semen, pigmen, dan kosmetika.

kadang-kadang ia juga dipakai sebagai pembunuh kuman, tetapi daya kerjanya kurang begitu baik dalam tugas ini.

asam karbonat berasal dari gas karbon dioksida, dan di dalam air soda yang sering kita minum ada terdapat sedikit dari asam ini, asam arsenik dipakai untuk membuat bahan pembasmi serangga.

asam organik tidaklah sekeras asam non-organik. asam acetat kita dapati dalam cuka dan bisa dibuat dengan cara mengasamkan air sari buah apel. apabila gula menjadi asam di dalam susu, maka kita akan memperoleh asam laktat, asam ini bisa membuat susu berasa asam, tetapi ia juga dipakai sebagai bahan pembuat keju.

asam amino dibutuhkan untuk mempertahankan badan kita agar selalu dalam keadaan sehat walafiat. asam ini berasal dari bahan makanan yang mengandung protein. jeruk, limau, dan buah anggur mengandung asam askorbat.

istilah ini sebenarnya tiada lain adalah istilah kimia untuk vitamin C, hati ayam, daging ayam, dan daging sapi mengandung asam nikotinat yang membantu mencegah penyakit kulit.

jadi, disini kita melihat bahwa seluk beluk asam ini sangat luas bidangnya dan cukup rumit, sebagian memang berbahaya bagi manusia, tetapi sebagian lainnya sangat berjasa untuk keperluan industri. sebagian lagi sangat kita butuhkan untuk penunjang kelangsungan hidup kita dan dihasilkan oleh berbagai macam bahan makanan, sebagian dihasilkan oleh tubuh kita sendiri untuk keperluan ungsi tertentu dalam tubuh kita.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel