Mika Dan Apa Itu Mika - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Mika Dan Apa Itu Mika

Mika Dan Apa Itu Mika

Pernahkan anda menemukan sepotong mika dan memisahkan lapisan mika itu menggunakan kuku anda? kadang-kadang orang menyebutnya "abrak". abrak ini sebenarnya adalah nama yang dipakai untuk menyebut lembaran mika itu. pada dasarnya mika adalah mineral, sebenarnya kita gunakan istilah "mika" itu untuk mewakili seluruh keluarga mineral yang berbentuk batu-batuan mika itu.

Gambar Mika Dan Apa Itu Mika


mineral mika itu adalah muskevit, flegepit, biotit, dan lepidolit. mungkin anda agak mengalami kesulitan untuk mengeja nama-nama itu. maka itulah sebabnya mengapa kita lebih suka menggunakan istilah "mika" saja.

semua mineral yang disebutkan tadi tampak mirip satu sama lainnya, meskipun mereka terbuat dari logam yang berbeda-beda. semua jenis mika dapat dipisahkan menjadi lembaran-lembaran yang tipis. mereka sangat lembut dan dapat digores dengan mudah oleh kuku kita.

semua jenis mika itu membentuk kristal yang sama. semua jenis mika mempunyai warna yang berkisar antara putih bening sampai kepada kuning, hijau, merah, biru, coklat dan hitam.

jenis mika dapat kita temukan di antara batu-batuan yang terdapat dalam kerak bumi. mereka merupakan bagian penting dari sederet keluarga besar batu-batuan igneous, yang berarti batu-batuan yang terbentuk oleh karena membekunya zat panas yang pernah lebur.

kadang-kadang mineral lain bisa beralih bentuk menjadi mika melalui proses yang disebut "metamorfisme". ini berarti terjadi perubahan bentuk oleh karena adanya tekanan, panas dan air.

Cara Membuat Mika

mika harus ditambang, daerah penghasil mika terpenting adalah pegunungan Appalachia, pegunungan Rocky Mountains, Kanada, India, Malagasi, Uni Sovyet, Brasilia, dan Uni Afrika Selatan.

untuk mempersiapkan mika bagi keperluan perdagangan, maka lembaran-lembaran mika dipisahkan terlebih dahulu menurut tipis dan tebalnya yang dikehendaki. lalu kemudian mika dipotong menurut ukuran sesuai pesanan.

mika adalah bahan pelindung yang paling ampuh, mika tidak dapat tembus panas maupun arus listrik. jadi anda bisa membayangkan sendiri betapa banyaknya manfaat mika ini, terutama manfaat mika di bidang industri alat-alat listrik dan untuk perkakas yang anti api.

mungkin saja anda sedang memakai alat-alat yang mengandung mika di rumah anda, seperti kompor listrik, setrika listrik, lampu listrik dan lain sebagainya.

tahukah anda bahwa sebelum kaca di pakai orang secara umum seperti sekarang ini, maka orang-orang telah memasang mika pada jendela mereka pada zaman dahulu sebelum ditemukannya kaca untuk jendela rumah anda.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel