Cara Melihat Penggunaan Memory Di Microsoft Window 7 - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Cara Melihat Penggunaan Memory Di Microsoft Window 7

Cara Melihat Penggunaan Memory Di Microsoft Window 7 - Tanpa terlalu teknis, mari kita sejenak melihat manajemen memory di Microsoft Window 7. Karena ini akan membantu kita untuk menginterpretasikan informasi yang sitampilkan pada tab Memory. Jika komputer tidak memiliki RAM (Random Access Memory) yang cukup untuk menjalankan program atau proses, Window menggunakan memory virtual sebagai penggantinya.

Bagaimana Penggunaan Memory di Microsoft Window 7


Gambar Cara Melihat Penggunaan Memory Di Microsoft Window 7


Memory Virtual menggabungkan RAM komputer anda dengan tempat sementara pada harddisk. Ketika RAM berkurang, memory virtual ini memungkinkan operating system untuk mengalkasikan blok memory (yang disebut page) yang berdampingan pada RAM dan memory virtual.

Image

Tentu saja, kolom Image menampilkan nama file executable proses. Seperti yang anda lihat, proses yang mewakili aplikasi mudah diidentifikasi. Sebagai contoh, bisa ditebak bahwa proses notepad.exe berhubungan dengan notepad. Proses bernama Svchost.exe mewakili berbagai service yang dijalankan operating system. Anda dapat menemukan nama service dalam tanda kurung disebelah setiap instance dari svchost.exe.

PID

Kolom PID menunjukkan nomor ID proses, yang merupakan nomor untuk mengidentifikasi proses yang berjalan.

Commit

Kolom Commit menampilkan memory virtual (dalam kilobytes) yang dialokasikan operating system untuk proses. Angkanya sudah termasuk jumlah RAM yang sedang digunakan, dan juga yang telah disimpan dalam file paging.

Working Set

Kolom Working Set menampilkan jumlah RAM (dalam kilobytes) yang saat ini digunakan oleh proses. Working Set dibagi kedalam kategori Shareable dan Private. Kolom Shareable menampilkan jumlah RAM (dalam kilobytes)  yang saat ini digunakan oleh proses, dan dibagi dengan proses lainnya. Kolom Private menampilkan jumlah RAM (dalah kilobytes) yang saat ini digunakan oleh Proses yangtidak dibagi dengan proses lainnya. Angka ini menunjukkan jumlah memori yang diperlukan jumlah memory yang diperlukan aplikasi untuk berjalan.

Hard Faults atau Sec

Kolom Hard Faults atau Sec menunjukkan rata-rata hard page faults per detik yang terjadi. jika proses mencoba menggunakan RAM lebih daripada yang saat ini tersedia, sistem harus menulis sebagian isi memory ke harddisk, jika proses kemudian membutuhkan dan mengakses isi memory yang ada di harddisk, ini disebut Gard Fault.

Perhatikan Hard Faults

Ketika kita menjalankan aplikasi dan bekerja dengan file, memory manager memonitor Work Set setiap proses dan memantau permintaan tambahan memory. Ketika Working Set bertambah, memory manager menyeimbangkan permintaan memory dari proses dengan permintaan memory dari proses dengan permintaan dari karnel dan proses lainnya.

Jika ruang yang tersedia semakin berkurang, memory manager harus menyesuaikan kembali Working Set, ini berarti menuliskan beberapa isi memory ke harddisk. ketika isi memory dibaca kembali dari harddisk ini menyebabkan Hard Fault.

Hard fault merupakan kejadian yang normal, tapi jika semakin sering  maka sistem membutuhkan waktu tambahan adar dapat membaca page dari harddisk, jika Hard Fault terlalu sering, ini akan mengurangi respom sistem. Jika sistem tiba-tiba berjalan lambat dan kemudian tiba-tiba berjalan cepat kembali seperti biasa, kemungkinan besar sistem anda sibuk bolak-balik membaca page dari harddisk.

Dengan demikian, jika anda sering melihat Hard fault yang berlebihan pada suatu proses, kemungkinan besar sistem anda memerlukan tambahan RAM untuk melihat proses dengan Hard Fault besar. Anda dapat menggunakan filtering (perlu diingat bahwa ada banyak faktor lain yang ikut berperan ketika berbicara tentang penggunaan memory, dan memantau Hard fault bukanlah satu-satunya atau cara terbaik untuk memantau penggunaan memory, tapi itu bisa menjadi titik awal yang baik).

Tabel Physical Memory

Jika tabel processor menyediakan pandangan penggunaan memory lebih rinci, maka tabel Physical Memory menyediakan pandangan global. Fitur utama tabel Phiysical Memory adalah grafik batang yang menyediakan pandangan penggunaan memory, setiap bagian dari grafik diberi label, dan menunjukkan daftar memory.

Hardware Reserved

Dari sebelah kiri, dengan warna abu-abu adalah hardware reserved yang menunjukkan jumlah memory yang dialokasikan untuk jumlah memory yang dialokasikan untuk hardware, ini merupakan jumlah memory yang dialokasikan sistem untuk hardware dan diinstalasi dengan operating system.

Tentu saja, jumlah memory yang dialokasikan untuk hardware reserved berkisar dari 10 MB sampai 70 MB, tetapi dapat bervariasi tergantung pada configurasi hardware sistem, sehingga dapat mencapai beberapa ratus MB, contoh komponen yang dapat mempengaruhi jumlah memory reserved, diantaranya adalah : sistem BIOS, I/O motherboard, kartu suara atau perangkat lain yang membutuhkan pemetaan memory I/O, PCI express (PCIe), bus, video card, chipset, perangkat flash disk.

In Use

In use yang ditampilkan dengan warna hijau, merupakan jumlah memory yang digunakan oleh operating system, driver dan proses memory in use, didapat dengan mengurangi memory yang dikeanali (total) dengan nilai Modified, Standby, dan Free Memory Total didapat dengan mengurangi Installed RAM dengan Hardware Rserved.

Modified

Ditampilkan dengan warna orange, modified menunjukkan page yang berisi data, tapi tidak diakses setelah sekian waktu. karena itu secara teknis tidak digunakan, tapi masih dapat langsung digunakan jika dibutuhkan. Jika memory pada modified tidak diakses dalam waktu yang lama, memory manager akan menulis page ke harddisk, dan kemudian memindahkannya ke standby.

Standby

Standby yang ditampilkan dengan warna biru, berisi page yang telah dipindah dari working set proses, tetapi masih terhubung dengan working set-nya masing-masing. dengan demikian, standby pada dasarnya adalah cache. Namun, page pada standby diberi prioritas 0-7, dengan 7 adalah yang tertinggi. Pada dasarnya, page yang terkait dengan proses prioritas tinggi akan mendapatkan tingkat prioritas tinggi  dalam daftar standby.

Sekarang, jika suatu proses membutuhkan page dan itu dalam daftar standby, memory manager akan segera mengembalikan page working set proses, namun, semua page di daftar standby bisa digunakan untuk alokasi memory dari semua proses.

Ketika proses meminta memory tambahan dan tidak ada cukup memory tambahan dari daftar free, memory manager mengecek prioritas page, dan akan mengambil page dengan prioritas rendah dari daftar standby, menginisialisasi, dan mengalokasikannya untuk proses tersebut.

Free

Free yang ditampilkan dengan warna biru terang, berisi page yang belum dialokasikan untuk proses, atau sebelumnya dialokasikan tapi dikembalikan ke memory manager ketika proses selesai.

Kesalahpahamana Manajemen Memory Window 7

Sekarang, setelah mengetahui gambaran global tentang bagaimana memory manager bekerja di Window 7, mari kita lihat kesalahpahaman tentang skema manajemen memory Window 7.

Memory free nilainya kedua paling kecil, kesalahpahamannya adalah kita melihat nilai yang kecil tersebut, dan berpikir bahwa Window 7 memakan memory dan bagaimana sistem berjalan efektif bila hampir tidak ada memory free.

Dalam konteks manajemen memory Window 7, memory free adalah memory yang terbuang, semakin banyak memory yang digunakan Window 7, semakin baik. dengan membuat memory penuh dan mengatur page pada daftar memory bersama dengan sistem prioritas standby, Window 7 meningkatkan efisiensi, dan sebisa mungkin menjaga memory supaya tidak ditulis ke file paging dimana Hard faults nanti terjadi, dan performa menjadi lambat.

Melihat Penggunaan Memory Window7

Ingin melihat skema manajemen memory Window 7 beraksi? Untuk melakukannya, restart sistem anda, segera setelah login, jalankan resource monitor, pilih tab memory, dan segera catat nilai masing-masing daftar yang ditampilkan pada grafik batang Physical Memory. Kemudian, mulailah menjalankan aplikasi yang banyak semakin besar, semakin baik. ketika aplikasi dijalankan, beralihlah ke resource monitor, dan lihat ukuran daftar pada grafik batang Physical memory berubah.

Setelah menjalankan aplikasi yang anda inginkan, mulailah tutup mereka, selagi melakukan itu, beralihlah ke resource monitor, dan lihat nilai daftar pada grafik batang physical memory sekarang menjadi berubah, dari skenario ini, kita memiliki gambaran jelas bagaimana menajemen memory Window 7 bekerja, sekarang setelah tahu apa yang harus dilihat, anda dapat menggunakannya resource monitor untuk mengawasi penggunaan memory.

Baca Juga TroubleShooting Window7 Dengan Resource Mnitor

Share this post

Related Posts

0 Response to "Cara Melihat Penggunaan Memory Di Microsoft Window 7"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel