Manfaat Teknologi Untuk Pengeboran Minyak - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Manfaat Teknologi Untuk Pengeboran Minyak

Manfaat Teknologi Untuk Pengeboran Minyak - Kemajuan di bidang teknologi sebagian besar di  buat karena timbulnya kebutuhan nyata yang harus dipenuhi. Kebutuhan itu mungkin berupa kebutuhan akan transportasi udara yang lebih ekonomis atau obat-obatan baru untuk menanggulangi penyakit, setelah tujuannya jelas, teknologi dapat mulai dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tadi.

Sejarah Pengeboran Minyak Dunia


Gambar Manfaat Teknologi Untuk Pengeboran Minyak


Pada awal tahun 1970 orang mulai menyadari bahwa dunia modern bergantung pada minyak untuk sebagian besar bahan bakar dan tenaganya. Dan mereka pun menyadari bahwa persediaan minyak mulai menipis, sumber-sumber minyak baru mulai dicari akan kekuatan gabungan berbagai macam teknologi dipadukan untuk mengatasi masalah itu.

Minyak ditemukan jauh di dalam kerak bumi dan sering terdapat di bagian-bagian dunia yang paling sulit di jamah, survei permukaan bumi melalui satelit dan analisis hasilnya dengan menggunakan komputer canggih diperlukan untuk menemukan letak tempat-tempat sumber minyak yang mungkin dijangkau.

Laut Utara tampaknya memungkinkan, tetapi belum pernah ada anjungan minyak yang beroperasi di tempau dimana angin kutub utara dapat menimbulkan gelombang-gelombang yang dahsyat,  beberapa metode konstruksi baru digunakan untuk membangun anjungan, sedangkan contoh anjungan buatan komputer digunakan untuk menyimak tekanan-tekanan yang akan dihadapi anjungan tersebut.

Kawasan minyak Laut Utara sudah beroperasi penuh sekarang, tetapi para perekayasa bekerja untuk menghadapi tantangan masa depan, sumber minyak yang bahkan jauh lebih besar mungkin terletak di laut yang terlampau dalam untuk dicapai oleh anjungan minyak, maka jawabannya mungkin terletak di dalam relung-relung dasar laut luas dan teknologi yang diperlukan pun sudah mulai dikembangkan.

Kaitan Antara Teknologi Dan Minyak Bumi

Satelit tidak hanya digunakan pada tahap percobaan dalam industri minyak; isyarat radio yang dipancarkan dari satelit navigasi membantu penempatan anjungan minyak ditempat yang tepat di laut.

Teknologi komputer merupakan alat bantu untuk merancang anjungan dan membantu anjungan itu untuk beroperasi dengan baik dan aman. Memantau aliran minyak dan faktor-faktor keamanan, namun cerita itu tidak berakhir dengan anjungan minyak; minyak harus dipompa ke darat dan disuling menjadi bensin lainnya sebelum dapat kita manfaatkan.

Kawasan Magnus terletak paling utara di Laut Utara dan paling akhir mengalirkan minyak, delapan sumur yang letaknya terpisah-pisah dihubungkan dengan anjungan pusat, sedangkan saluran pipa bawah laut yang panjangnya 92 kilometer mengangkut minyak itu menuju Sullom Voe di kepulauan Shetland Skotlandia. Saluran pipa tersebut dipendam di dasar laut dan dilapisi dengan beton untuk menyekat minyak dari air laut yang dingin, di Sullom Voe minyak tadi disimpan di dalam tangki-tangki raksasa sebelum dikapalkan menuju tempat-tempat penyulingan.

Endapan minyak ditemukan di formasi batuan tertentu yang khas, minyak mentah sering kali tercampur dengan butir-butir pasir lembut dan mengambang di atas air di bawah tanah. Biasanya endapan gas alam juga ditmukan ditempat itu, untuk mencapai minyak mentah tadi digunakan bor yang berujung keras. Bila sumur sudah "mengalirkan" minyak, kepala sumur bawah laut yang dipasangi dengan pompa dan katup mengendalikan aliran minyak menuju saluran pipa utama, sedangkan komputer memantau kecepatan aliran minyak, suhu dan tekanannya.

Mengilang Minyak

Minyak mentah terdiri dari berbagai macam zat kimia dan takmurnian,  pengilangan bertujuan untuk menguraikan minyak menjadi unsur-unsur kimianya. Dua proses utama pengilangan yang lazim digunakan dikenal sebagai penyulingan dan "perekahan". Pada tahap penyulingan, minyak mentah direbus hingga kira-kira tujuh puluh lima persennya berubah menjadi gas.

Gas itu dialirkan ke menara penyulingan yang tinggi, ketika naik ke atas menara, gas menjadi dingin dan mengembun lagi menjadi cairan. beraneka ragam komponen yang da di dalam minyak mentah itu mengembun pada ketinggian yang berbeda-beda dan dikumpulkan di baki penyulingan. Hasil yang paling ringan misalnya bensin dan avtur, diambil dari lapisan atas, dan hasil yang  lebih berat diambil dari lapisan bawah. Perekahan adalah proses kimiawi yang menguraikan minyak lebih berat menjadi minyak ringan, minyak yang lebih ringan ini digunakan sebagai bahan bakar atau dijadikan plastik dan bahan kimia lain.

Hasil Produksi Dari Minyak Bumi

Kebanyakan orang menghubungkan minyak dan energi - mereka akan membayangkan bensin yang dapat menjalankan mobil, avtur yang digunakan untuk menerbangkan pesawat terbang, serta minyak yang menjadi bahan bakar sistem pendingin pusat dirumah dan dibakar untuk pembangkit listrik di stasiun pembangkit listrik.

Baca Juga Manfaat Teknologi Dalam Industri

Kesimpulan

Walaupun demikian, minyak mentah adalah sumber hasil produksi yang kita gunakan dalam sehari-hari yang sungguh menakjubkan lingkup serta ragam jenis dari hasil produksi minyak bumi ini. Banyak diantara hasil produksi penyulingan minyak digunakan oleh industri petrokimia untuk menciptakan berbagai macam plastik, pupuk, insektisida dan bahkan bisa menghasilkan obat-obatan.

Bahan polister dan nilon, piringan hi-fi, cat pemerah bibir atau bahan baku lipstik, dan kosmetik lain, detergent, cat dan bermacam-macam plastik, semuanya adalah hasil produksi minyak yang ditemukan dirumah kita, dan bila kita menyalakan lampu, listrik yang kita gunakan mungkin dibangkitkan dengan membakar minyak di stasiun pembangkit listrik.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Manfaat Teknologi Untuk Pengeboran Minyak"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel