Apakah Kapur Itu Dan Bahan Kapur Berasal Dari Binatang - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apakah Kapur Itu Dan Bahan Kapur Berasal Dari Binatang

Apakah Kapur Itu Dan Bahan Kapur Berasal Dari Binatang

Dalam prakteknya hampir tidak ada seorang manusia pun di dunia ini yang tumbuh dan menjadi dewasa tanpa mengenal apa yang dinamakan kapur di sepanjang hidupnya.

di dalam berjuta-juta ruangan kelas di muka bumi ini, guru dan murid tampil di depan papan tulis untuk menulis dengan kapur. tentu saja, seorang guru akan tidak berdaya dalam usahanya menolong muridnya apabila tidak dipergunakan bantuan kapur ini.

Gambar Apakah Kapur Itu Dan Bahan Kapur Berasal Dari Binatang

 

Darimana Kapur Berasal

tetapi, tahukah anda bahwa kapur itu pada dasarnya berasal dari binatang? perairan Samudera kita ini mengandung berbagai macam tumbuhan halus dan binatang-binatang. salah satunya dari padanya adalah binatang bersel satu yang dinamakan orang dengan istilah "foraminifera". dan kulit luar dari binatang kecil-kecil ini terbuat dari zat kapur.

apabila binatang-binatang ini mati, maka kulit kerang yang kecil itu tenggelam dan mengendap di dasar samudera. lambat laun kulit kerang itu bertumpuk menjadi satu lapisan yang tebal.

tentu saja proses ini berlangsung sampai jutaan tahun lamanya, lambat laun lapisan zat kapur ini menjadi padat semacam semen dan tertekan membentuk semacam batu-batuan kapur yang empuk. dan itulah asal mula kapur.

seperti yang kita ketahui berbagai macam gangguan pada permukaan bumi sering menyebabkan suatu wilayah yang tadinya berada di bawah genangan air ini menjadi sangat kering dan tidak mengandung air sama sekali.

salah satu tempat dimana pernah terjadi semacam ini adalah di sepanjang tepian Selat Inggris. lapisan kapur yang berada di dasar laut didorong ke atas. kemudian bagian-bagian yang empuk itu dihempaskan oleh air dan gugur.

sehingga yang tertinggal hanyalah karang-karang raksasa yang terdiri dari bahan kapur. dua tempat kapur yang terkenal di daerah ini adalah karang kapur di Dover di pesisir pantai Inggris dan Dieppe di pantai Prancis di selat yang sama itu.

di bagian dunia lainnya, tambang kapur itu muncul jauh ke pedalaman, di wilayah yang dulunya pernah digenangi air. contoh-contoh tempat semacam ini dapat kita temukan di Kansas, Arkansas, dan Texas. 

tetapi kapur alam yang [aling halus di dunia berasal dari Inggris yang mengasilkan lebih dari 5.000.000 ton setiap tahunnya.

zat kapur dalam serba rupa bentuknya telah digunakan oleh manusia selama ratusan tahun. kapur tulis seperti pada umumnya kita kenal adalah campuran dengan bahan perekat tertentu karena untuk menjaga jangan sampai kapur luluh berantakan.

kapur tulis yang terbaik mengandung 95 persen zat kapur. dengan mencampurkan bahan pigmen pada kapur, kita bisa memperoleh kapur berwarna menurut pilihan yang kita suka.

apabila kapur itu dihancurkan, di cuci lalu disaring bersih, maka proses itu kita sebut "pemutihan". hasil yang kita peroleh dari padanya dapat kita gunakan untuk bebagai macam produksi seperti bahan perekat, cat, obat-obatan, kertas, pasta gigi dan bedak.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel