Konstelasi Bintang Dan Apa itu Konstelasi Bintang - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Konstelasi Bintang Dan Apa itu Konstelasi Bintang

Konstelasi Bintang Dan Apa itu Konstelasi Bintang

Apakah Konstelasi Bintang - Pernahkah anda menatap bintang-bintang di langit dan memperhatikan bentuk susunannya? ada yang berbentuk persegi empat, ada yang menyerupai huruf-huruf, atau bentuk lukisan tertentu yang anda kenal. dengan mata telanjang, kita dapat melihat ribuan bintang di langit malam.

jika anda amati dengan cermat, akan terlihat bahwa beberapa bintang lebih terang dari pada yang lainnya. bintang yang terang membentuk pola yang bisa kita kenal setiap kali menatap langit dan kita menyebutnya konstelasi.


Gambar Konstelasi Bintang Dan Apa itu Konstelasi Bintang


hampir setiap bagian dunia, orang-orang telah memperhatikan hal ini berabad-abad lamanya, lalu mereka memberi nama setiap gugusan bintang yang mereka saksikan itu, gugusan bintang itu semacam itu disebut satu "konstelasi", yang berasal dari istilah bahasa latin "stella" yang berarti "bintang" dan "con" artinya bersama.

nama-nama konstelasi, yang kita gunakan sekarang ini, kita warisi dari zaman abad kejayaan kerajaan Romawi, bahkan ada pula dari zaman Yunani Kuno, bangsa Yunani kuno pun mengambil alih ilmu perbintangan itu sebagian besar dari bahasa Babilonia.

bangsa Babilonia memberi nama kepada susunan bintang-bintang yang berbentuk lukisan tertentu itu menurut nama hewan, nama raja atau nama ratu, serta nama pahlawan yang terdapat dalam mitos mereka.

kemudian bangsa Yunani banyak merubah nama-nama yang menyerupai seperti nama di Babilonia itu dengan nama-nama pahlawan bangsa mereka sendiri, seperti Herkules, Orion, Perseus, selanjutnya bangsa Romawi melakukan perubahan lagi, tetapi nama-nama kuno yang sama tetap mereka pertahankan.

hanya tidak selalu mudah bagi kita untuk mengenali bentuk susunan bintang-bintang di cakrawala itu sesuai dengan nama julukannya, kita ambil misalnya Aquila, suatu konstelasi bintang yang bentuknya condong pada lukisan burung elang, Cannis Besar dan Cannis Kecil adalah susunan bintang yang menyerupai bentuk anjing besar da anjing kecil.

Libra misalnya melambangkan bentuk timbangan, namun konstelasi-konstelasi ini nampaknya kurang begitu mirip dengan bentuk lukisan yang mewakili namanya itu.

kira-kira pada tahun 150 Masehi, ahli ilmu falak yang tersohor bernama Ptolomeus telah berhasil membuat satu daftar yang berisi 48 macam konstelasi yang pernah ia tanggapi, tentu saja daftar konstelasi bintang itu belum lengkap, karena belum meliputi isi seluruh cakrawala alam semesta ini.

masih terdapat banyak kekosongan yang dilampauinya, maka pada abad-abda belakangan ini, para ahli astronomi menambahkan sejumlah konstelasi lagi untuk melengkapi daftar yang dibuat oleh Ptolomeus itu. 

beberapa konstelasi yang mutahir telah diberi nama berdasarkan alat-alat ilmiah seperti Sekstan, Kompas, Mikrosop. sekarang ini para ahli astronomi mengenal 88 jenis konstelasi bintang di ruang angkasa.

sebuah konstelasi bintang pada dasarnya adalah suatu wilayah di ruang angkasa, ini berarti bahwa setiap bintang itu mesti terletak pada salah satu kontelasi, tidak ada bedanya dengan sebuah kota di Amerika Serikat, yang tergabung dalam satu wilayah negara bagian tertentu.

batas antara satu konstelasi dengan konstelasi yang lainnya biasanya tidak tertentu bentuknya, pada umumnya dianatara berbentuk garis lengkung, tetapi pada tahun 1928 para sarjana astronomi mengambil keputusan untuk meluruskan batas garis yang lengkung itu, sehingga lukisan yang diwakili oleh satu konstelasi bintang itu hanya yang terdapat dalam lingkungan garis yang lurus itu.

Apa Yang Dimaksud Dengan Zodiak

Sepanjang tahun, matahari tampak bergerak melewati bintang-bintang dilingkaran bola langit. matahari seolah-olah melintas 12 konstelasi utama yang disebut zodiak. zodiak disebut juga lambang bintang dan penting dalam ilmu astrologi. ahli astrologi percaya bahwa bintang mempengaruhi kehidupan manusia.

Beberapa Konstelasi Besar

Konstelasi Belahan Bumi Utara :

  • pegasus
  • perseus
  • bintang kutub
  • bintang bajak (beruang kecil)
  • beruang besar
  • Leo (singa)

Konstelasi Belahan Bumi Selatan :

  • Aquarius (pembawa air)
  • orion (pemburu)
  • scorpio (kalajengking)
  • lintang selatan
  • hydra (ular air)
  • libra (timbangan)

Mengapa Bintang Bisa Berpindah

jika kalian mengamati langit malam, maka konstelasi bintang akan terlihat bergerak perlahan-lahan dari langit timur ke barat, seperti matahari saat siang hari. ahli astronomi kuno menganggap bahwa bintang-bintang melekat dilingkaran bola langit yang berputar mengelilingi bumi yang diam tidak bergerak.

sekarang, kita tahu bahwa yang benar adalah sebaliknya. bumilah yang bergerak, sedangkan bintang diam tidak bergerak. bumi berotasi dari barat ke timur, sehingga bintang tampak seolah berputar ke arah yang berlawanan.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel