Sejarah Kota Bangkok Dengan Nama Lengkap Terpanjang Di Dunia - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Sejarah Kota Bangkok Dengan Nama Lengkap Terpanjang Di Dunia

Sejarah Kota Bangkok Di Thailand  - Thailand bukan hanya terkenal dengan tempat berhura-hura dan tempat hiburan malam, tapi bangkok juga adalah kota yang penuh ketenangan beragama. Kota Bangkok adalah ibu bagi negeri Kerajaan Thailand, langkahkan kaki ke ratusan kompleks kuil dan biara pertapaan Buddha yang bertebaran seluruh Bangkok, maka jangan kaget jika tiba di Kota Bangkok seperti terpelanting ke dalam keteduhan hidup biara-tempat para biksu menghabiskan waktu dengan mendaras dan bermeditasi. Bankok menyimpan 400 kuil, dan sekitar 30.000 tempat ibadah umat Buddha bertebaran diseluruh Thailand.

Sejarah Kota Bangkok Dengan Nama Lengkap Terpanjang Di Dunia


Gambar Sejarah Kota Bangkok Dengan Nama Lengkap Terpanjang Di Dunia


Salah satu kuil paling besar dan menjadi tujuan ziarah utama umat Buddha di Thailand ataupun berbagai negara lain adalah Wat Phra Kaew (Kuil Buddha Zamrud) di kompleks istana. Didepan pintu masuk terdapat bokor emas besar berisi air. Disampingnya bertumpuk bunga-bunga teratai, setiap peziarah mencelupkan bunga lotus ke bokor emas, lalu menyentuhkannya ke kepala mereka. Sembari air menetes dari bunga lotus, peziarah akan menyampaikan permohonan ke Sang Buddha.

Kuil-Kuil Terkenal Di Bangkok Thailand

Ada tiga patung Buddha Zamrud diletakan bergantian setiap empat bulan di kuil ini. Ketiganya mengenakan busana berbeda-beda menggambarkan musim dingin, musim panas, dan musim hujan. Setiap pergantian patung dilakukan oleh Raja. Upacara tersebut dihadiri seluruh keluarga kerajaan serta dihadiri para biksu dan biksuni.

Seluruh tembok hingga langit-langit kuil ini dihiasi lukisan yang menggambarkan perjalanan Sang Buddha di dunia. Dengan 90 persen penduduk beragama Buddha, nilai-nilai hidup Sang Buddha tercermin dalam kehidupan sehari-hari warga Thailand. Salah satunya adalah : setiap anak laki-laki yang memasuki usia 20 tahun akan meninggalkan keluarganya dan hidup di biara untuk belajar dan memperbanyak ilmu pengetahuan agama, lama tinggal di biara bergantung pada pribadi masing-masing, dimulai dari tiga hari hingga tiga tahun.

Bangkok begitu terkenal diseluruh dunia dengan tempat-tempat wisata malamnya dan surga bagi kaum transvestite. Tapi Bangkok juga menjadi sumber pengetahuan akan nila-nilai hidup Sang Buddha. Ketika lonceng-lonceng kuil berbunyi, para peziarah menunduk dengan takzim seraya memohon bimbingan dalam ziarah hidup di dunia yang sungguh fana ini.

Nama Kota Bangkok Dan Sejarahnya

Nama kota Bangkok berasal dar kata Bang dan Kok, Bang artinya Delta dan Kok artinya buah jamblang atau Java Plum, jadi Bangkok artinya kota yang harus dijaga seperti kita menjaga buah Java Plum dari dunia ini supaya tidak punah. Tapi, sebenarnya Bangkok Memiliki nama lengkap yaitu : Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakson Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Praksit. itulah nama lengkap dari Kota Bangkok.

Penutup

Dan nama lengkap tersebut memiliki arti yaitu : kota para dewa, kota besar, tempat bersemayam Buddha Zamrud, kota titisan Dewa Indra, ibu kota dunia yang terberkati sembilan butir permata, kota bahagia, kota mendapat limpahan dari istana kerajaan laksana surga tempat dewa yang bereinkarnasi bertkhta, serta kota yang diberikan oleh Dewa Indra dan dibangun oleh wisnu. Tapi orang-orang di Thailand menyingkat nama lengkap kota bangkok menjadi  KRUNG THEP atau Kota Para Dewa.

Baca Juga Bentuk Pemerintahan Dan Keadaan Alam Thailand

Share this post

Related Posts

0 Response to "Sejarah Kota Bangkok Dengan Nama Lengkap Terpanjang Di Dunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel