Negara Thailand (Muangthai) - Bentuk Pemerintahan, Keadaan Alam Utama, Keadaan Sosial, Keadaan Ekonomi Thailand - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Negara Thailand (Muangthai) - Bentuk Pemerintahan, Keadaan Alam Utama, Keadaan Sosial, Keadaan Ekonomi Thailand

Negara Thailand (Muangthai) - Bentuk Pemerintahan, Keadaan Alam Utama, Keadaan Sosial, Keadaan Ekonomi Thailand

Negara Thailand (Muangthai) memiliki bentuk pemerintahan kerajaan, dan Kepala Negara di Thailand adalah seorang Raja dan Kepala Pemerintahan di Thailand adalah seorang Perdana Mentri, Ibukota negara Thailand adalah Bangkok dan lagu kebangsaan Thailand adalah Pleng Chard.

Gambar Negara Thailand (Muangthai) - Bentuk Pemerintahan, Keadaan Alam Utama, Keadaan Sosial, Keadaan Ekonomi Thailand

Keadaan Alam Utama Negara Thailand

Thailand memiliki bentuk permukaan bumi yang beragam. disebelah utara, keadaannya bergunung-gunung, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). sebelah timur laut terdapat pegunungan Koral, yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong.

wilayah tengah negara Thailand didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. disebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra, dataran paling sempit di Thailand. dibagian tengah terdapat sungai Chao Praya yang subur.

daerah utara dan daerah barat Thailand terdapat pegunungan, dengan puncak tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.594). Semenanjung Thailand bagian selatan, banyak berbukit-bukit rendah sampai di perbatasan Malaysia.

Letak Astronomis Negara Thailand : 5⁰ LU - 21⁰ LU dan 97⁰ BT - 106⁰ BT. Luas Wilayah negara Thailand adalah 513.998 km², dan iklim di negara Thailand adalah tropik.

Keadaan Sosial  Negara Thailand

suku yang tersebar di Thailand adalah suku Thai (75%), Tionghoa (14%), suku Melayu (4%), Khmer (3%), lainnya (4%). sebagian besar penduduknya beragama Buddha. mereka tinggal di daerah utara dan daerah tengah Thailand. 

sementara agama Islam berkembang di daerah selatan. dan akhir-akhir ini sering terjadi pertikaian antara penduduk Islam di wilayah selatan dengan aparat pemerintah Thailand yang mayoritas Buddha. jumlah penduduk negara Thailand adalah sekitar 64, 763 juta. bahasa resmi adalah Thai, namun digunakan juga bahasa Cina dan bahasa Inggris.

Keadaan Ekonomi Negara Thailand

mata pencaharian penduduk Thailand sebagian besar adalah bertani (agraris). hasil pertanian yang utama adalah beras. Thailand merupakan lumbung beras di kawasan Asia Tenggara. hasil tambang yang utama adalah timah dan mangaan. pariwisata merupakan sumber penghasilan devisa yang besar bagi Thailand.

Mata uang Thailand adalah Bath. hasil pertanian dari negara Thailand adalah beras, karet, jagung, gula, rami dan kelapa. hasil tambang negara Thailand berupa Antimonium, timah, besi dan mangaan. hasil industri negara Thailand adalah elektronik, berlian, pakaian dan tekstil.

ekspor utama negara Thailand adalah tekstil, komputer dan komponennya, integrated circuit, berlian dan pakaian. impor utama negara Thailand adalah mesin industri, baja, alat-alat listrik, suku cadang kendaraan. pendapatan perkapita penduduk perkapita kurang lebih US $ 2750.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel