Objek Wisata Telaga Nilem Di Kuningan - Jawa Barat - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Objek Wisata Telaga Nilem Di Kuningan - Jawa Barat

informasitempat, Objek Wisata Telaga Nilem Di Kabupaten Kuningan - Telaga nilem adalah sebuah destinasi wisata yang terkenal dengan kejernihan airnya. Berada diantara objek wisata Telaga Remis dan objek wisata Telaga Biru, yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan - Kabupaten Kuningan - Jawa Barat.

Telaga Nilem Objek Wisata Baru Di Kuningan


Gambar Objek Wisata Telaga Nilem Di Kuningan - Jawa Barat

Belum lama ini, investror melakukan penjelajahan, guna meninjau objek Wisata Talaga Nilem yang memiliki areal cukup luas itu. Mulai dari pintu masuk terdapat wahana bumi perkemahan yang dilengkapi dengan wahana outbond berupa paintball untuk bermain perang-perangan, jamparingan atau arena panahan, jaring laba-laba, flying fox, dan lainnya.

Memasuki kawasan telaga nilem, didepan terdapat dua sumur, yaitu : Sumur Tambela yang dianggap sakral dan memiliki mitos pembawa berkah, dan dipelihara oleh seorang kuncen atau juru kunci. Satu sumur lagi bernama Sumur jalak Tunda, sumur Jalak Tunda memiliki air yang sangat jernih yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dan pengairan untuk masyarakat atau penduduk kabupaten Cirebon.

Tidak jauh dari dua sumur tersebut, ada kolam renang alami dengan kejernihan air dan bebatuan alam yang indah, dan kolam renang tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas umum lainnya layaknya tempat objek wisata, seperti dilengka[i gazebo, cottage room, ruang meeting, kamar ganti dan bilas, toilet dan mushola. Namun kolam yang luas itu bukanlah telag nilem, tapi bernama Telaga Leat. Yang sudah mengalami pembangunan dan menjadi objek wisata itu bukanlah Telaga Nilem yang sebenarnya, seperti yang dikenal, tapi itu adalah Telaga Leat. Kalau Telaga Nilem yang sebenarnya masih ada disekitar situ namun belum dibuka untuk umum dan belum dikembangkan menjadi suatu tempat objek wisata.

Baca Juga Sejarah Gedung Perundingan Linggarjati Di Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Luas Objek Wisata Telaga Nilem Di Kabupaten Kuningan

Luas objek wisata Telaga Nilem secara keseluruhan mempunyai luas kurang lebih 1,5 Hektar, yang merupakan tanah milik Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), dan Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) sebagai pengelolanya. Sementara pihak desa setempat, menjadi pengelola area parkiran melaui Karang Taruna. Selama ini sudah banyak pengunjung yang datang ke objek wisata telaga nilem, baik itu wisatawan lokal ataupun wisatawan dari luar kabupaten.

Dari pantauan lokasi, suasana di Telaga Nilem suasananya begitu hijau dan sejuk, berpotensi untuk dikembangkan dengan diberikan fasilitas wahana rekreasi yang lebih kreatif dan inovatif. Apabila dibuka sebagai perluasan objek wisata ini, akan menambah keindahan dan menjadikan cottage, serta gedung pertemuan yang berada di jalan menuju Talaga Nilem menjadi lebih hidup, tidak terkesan angker dari rerimbunan rumput dan alang-alang yang kurang terpelihara, sehingga menghalangi pancaran cahaya.

Penutup

Itulah ulasan tentang objek wisata telaga nilem di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Diperkirakan akan menambah menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata Telaga Nilem jika mendapatkan sentuhan lebih oleh tangan pengembang, baik itu dari pemilik lahan, pengeloela ataupun dari investor, agar objek wisata telaga nilem lebih menarik.

Baca Juga Jadwal Keberangkatan Bus Damri Kuningan Bandung

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel