Dampak Dari Tenaga Endogen Dan Dampak Dari Tenaga Eksogen - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Dampak Dari Tenaga Endogen Dan Dampak Dari Tenaga Eksogen

Dampak Dari Tenaga Endogen Dan Dampak Dari Tenaga Eksogen

Tenaga endogen dan tenaga eksogen yang terjadi di permukaan bumi ada yang bersifat membangun dan ada pula yang bersifat merusak permukaan bumi. untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan tentang dampak negatif yang ditimbulkan dari tenaga endogen dan eksogen, serta dampak positif yang ditimbulkan oleh tenaga eksogen dan tenaga endogen.

Gambar Dampak Dari Tenaga Endogen Dan dampak Dari Tenaga Eksogen


8 Dampak Positif Yang Ditimbulkan Oleh Tenaga Eksogen dan Tenaga Endogen

1. daerah pegunungan yang terbentuk akibat tenaga endogen merupakan daerah yang dapat dijadikan lahan perkebunan, khususnya perkebunan teh atau perkebunan kopi. selain itu, keadaan udara di daerah pegunungan masih sejuk sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat objek wisata.

2. adanya daerah patahan dan daerah lipatan merupakan potensi eumber bahan tambang seperti bahan tambang emas dan bahan tambang perak.

3. bahan-bahan yang dikeluarkan gunung berapi dapat membuat tanah menjadi subur sehingga baik untuk pertanian. daerah gunung berapi merupakan sumber mata air panas sehingga cocok sebagai daerah tujuan wisata.

4. daerah gunung api yang menghasilkan barang tambang seperti belerang dan berbagai jenis batuan, seperti intan atau batu permata, batuan-batuan yang dihasilkan gunung berapi juga berguna sebagai bahan bangunan seperti batu marmer, pasir, dan tanah lempung.

5. pelapukan organik yang terjadi di permukaan bumi dapat mengakibatkan adanya potensi endapan minyak bumi. batuan-batuan koral dalam bentuk pulau karang dibentuk karena adanya gaya organik, yaitu berasal dari hewan dan tumbuh-tumbuhan yang sudah mati. fosil-fosil tumbuhan dan hewan ini kemudian tenggelam ke dasar laut dan bercampur dengan endapan yang berada di bawah. lambat laun endapan tersebut akan menjadi potensi minyak bumi.

6. daerah dataran rendah yang dibentuk oleh tenaga eksogen juga memiliki manfaat bagi manusia, khususnya untuk tempat tinggal di daerah dataran rendah yang memungkinkan adanya kemudahan dalam melakukan aktivitas seperti pembangunan jalan lebih mudah dilakukan pada dataran rendah dibandingkan pembangunan jalan yang dilakukan pada dataran yang memiliki relief atau perbedaab ketinggian yang besar.

7. adanya daerah endapan sungai seperti tanggul sungai yang dimanfaatkan sebagian orang sebagai tempat tinggal.

8. bentuk pantai yang landai dapat dimanfaatkan sebagai usaha tambak ikan. terbentuknya teluk dan tanjung dapat dijadikan sebagai pelabuhan laut.

5 Dampak Negatif Yang Mungkin Ditimbulkan Oleh Tenaga Endogen Dan Dampak Negatif Dari Tenaga Eksogen

1. daerah-daerah yang merupakan daerah patahan merupakan daerah yang rawan gempa. daerah-daerah sekitar gunung api yang masih aktif merupakan daerah yang rawan akan letusan gunung.

2. terjadinya gempa bumi disebabkan oleh tenaga endogen yang menghancurkan kehidupan manusia. gempa dapat menghancurkan rumah-rumah dan semua fasilitas umum. dan gempa juga dapat mengakibatkan korban jiwa atau kematian.

3. letusan gunung api juga hampir sama dengan terjadinya gempa, yang dapat mengancam kehidupan masyarakat disekitarnya. letusan gunung berapi mengeluarkan bahan-bahan yang dapat membahayakan manusia, seperti gas beracun, letusan gunung berapi yang disertai dengan bom atau lahar panas dapat menghancurkan tempat tinggal dan dapat menimbulkan korban jiwa atau kematian.

4. daerah-daerah dengan lereng yang curam dapat menjadi longsor akibat adanya erosi. hal ini dapat membahayakan bagi penduduk yang tinggal di sekitar lereng yang curam tersebut.

5. daerah-daerah sekitar pinggiran sungai merupakan daerah yang rawan banjir. pengangkutan bahan material oleh air akan menimbulkan banyaknya muatan endapan dari dasar sungai. apabila muatan air mengalir lebih banyak, maka air tidak akan tertampung lagi dan cenderung menggenang di tempat yang rendah. hal ini dapat menimbulkan bahaya banjir.

4 Cara Mencegah Dampak Negatif Dari Tenaga Endogen Dan Tenaga Eksogen

1. mencegah terjadinya erosi pada lereng-lereng yang terjal dengan cara membuat terasering.

2. tidak mendirikan pemukiman atau bangunan di sekitar gunung berapi yang masih aktif. melakukan pengungsian jika terjadi tanda-tanda gunung akan meletus.

3. mengadakan penghijauan pada daerah-daerah yang rawan akan erosi dan rawan akan tanah longsor.

4. apabila terjadi gempa, maka penduduk harus keluar rumah agar tidaj terkena reruntuhan jika kekuatan gempa tersebut sangat besar.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel