Ukuran Bintang, Penyebab Bintang Meledak, Dan Apakah Itu Pulsar - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Ukuran Bintang, Penyebab Bintang Meledak, Dan Apakah Itu Pulsar

Ukuran Bintang, Penyebab Bintang Meledak, Dan Apakah Itu Pulsar

Apakah Itu Bintang - Bintang tampak seperti bintik kecil yang terang di langit malam. akan tetapi, bintang sebenarnya tidak kecil. bintang adalah bola gas panas yang sangat besar dan membakar. bintang tampak kecil karena memiliki jarak jutaan kilometer. jika kita bisa mendekati bintang, maka bintang tampak seperti matahari karena matahari adalah bintang juga.


Gambar Ukuran Bintang, Penyebab Bintang Meledak, Dan Apakah Itu Pulsar

Ukuran Bintang

dengan mudah kita dapat mengukur besarnya suatu bintang jika jaraknya sangat dekat. matahari adalah bintang yang paling dekat dengan kita. diameter matahari adalah hampir 1,4 juta kilometer. ahli astronomi juga dapat mengukur besarnya bintang lain.

ahli astronomi telah menemukan sejumlah bintang yang lebih kecil dan lebih besar dari matahari. ahli astronomi menyebut matahari sebagai bintang kecil. bintang red giant (raksasa merah) dan bintang supergiant (super raksasa) puluhan kali lebih besar dari matahari. beberapa bintang supergiant mempunyai diameter 400 juta kilometer.

Mengapa Bintang Berkelap-kelip

saat menatap langit, kita bisa melihat ribuan bitang yang bersinar, tapi cahayanya seperti berkelap-kelip, atau berubah-ubah terangnya. sebenarnya, sinar bintang itu tetap, tetapi gelombang udara di atmosfer bumi membuat sinarnya berkelok-kelok. sebagian sinar bintang tertangkap oleh mata kita dan sebagian lagi membelok, sehingga tampak berkelap-kelip.

Apakah Bintang Bisa Mati?

seperti mahluk hidup, bintang juga lahir dan tumbuh dan akhirnya mati, setelah secara terus menerus bintang bersinar selama beberapa waktu bintang membesar menjadi red giant (raksasa merah). beberapa red giant menyusut menjadi putih lalu menjadi black dwarf (kerdil hitam). hal ini akan terjadi pada matahari. bintang lainnya membesar dari red giant menjadi super giant (super raksasa) sebelum meledak menjadi supernova

Temperatur Sebuah Bintang

bintang adalah bola gas yang sangat panas dan sangat besar, dengan temperatur sangat bervariasi. ahli astronomi bisa membedakan temperatur bintang dengan melihat warna dan terang cahaya yang dipancarkan. 

bintang yang kekuning-kuningan seperti matahari bertemperatur sekitar 5.500⁰C. bandingkan dengan bintang merah suram yang memiliki temperatur sekitar 3.000⁰C dengan bintang putih kebiruan bertemperatur 30.000⁰.

Kenapa Bintang Dapat Meledak

bintang yang padat akan meledak menjelang akhir hidupnya. bintang tersebut mengembang menjadi supergiant yang sangat besar. supergiant tidak stabil, sehingga lebur dan hancur berkeping-keping dalam satu ledakan yang disebut supernova.

supernova adalah ledakan terbesar di alam semesta. dan cahaya supernova bagaikan cahaya miliaran matahari yang dijadikan satu.

Penyebab Lubang Hitam Dari Sisa Ledakan Bintang

setelah bintang meledak menjadi supernova, semua yang tersisa segera menyusut, bahkan yang sangat besarpun akan menyusut hingga lenyap. sisanya adalah ruangan kecil dengan gravitasi yang sangat besar. bagian ini akan menyedot semua material yang ada di dekatnya, termasuk bintang lain. nama lubang hitam berasal dari gaya tariknya yang sangat kuat, sehingga cahayapun tidak dapat menembusnya.

Apa Yang Dinamakan Pulsar?

bintang lebih kecil yang meledak sebagai supernova mengakhiri hidupnya sebagai bintang yang kecil yang disebut pulsar. disebut pulsar karena bintang ini "berdenyut". atau mengeluarkan getaran energi. ahli astronomi berpendapat, pulsar berputar sangat cepat dan mengeluarkan gelombang energi cahay yang kecil. di bumi, kita melihat getaran energi ini ketika sinarnya melewati kita.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel