Bagaimana Planet Merkurius Terbentuk, Data Planet Merkurius, Dan Ukuran Merkurius - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Bagaimana Planet Merkurius Terbentuk, Data Planet Merkurius, Dan Ukuran Merkurius

Bagaimana Planet Merkurius Terbentuk, Data Planet Merkurius, Dan Ukuran Merkurius

Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari. planet Merkurius bergerak paling cepat karena mampu mengelilingi matahari hanya dalam waktu 88 hari. karena demikian dekat dengan matahari, Merkurius menjadi sangat panas. permukaan Merkurius menjadi sangat panas. permukaannya ditutupi ribuan kawah, sehingga lebih terlihat seperti bulan.

Gambar Bagaimana Planet Merkurius Terbentuk, Data Planet Merkurius, Dan Ukuran Merkurius


Keanehan Orbit Merkurius

hampir semua planet mempunyai orbit keliling matahari yang hampir bulat. namun, orbit Merkurius berbentuk oval. kadang-kadang planet Merkurius bergerak sejauh 70 juta kilometer dari matahari. di lain waktu, planet ini bergerak sejauh 46 juta kilometer.

Kenapa Planet Merkurius Sangat Panas

selama bergerak mengelilingi matahari, Merkurius berputar sangat lambat pada porosnya, sehingga satu titik dipermukaannya bisa menghadap matahari selama hampir enam bulan. jarak yang sangat lambat pada porosnya, sehingga satu titik dipermukaannya bisa menghadap matahari selama hampir enam bulan.

jarak yang sangat dekat dengan matahari membuat Merkurius disinari oleh Matahari dalam waktu yang lama, sehingga temperatur permukaan Merkurius melonjak sampai 430⁰C. temperature ini cukup panas sehingga dapat melelehkan timah.

Ukuran Planet Merkurius

Merkurius adalah planet berbatu paling kecil seperti bumi. dengan diamater hanya 4.880 kilometer, ukurannya kurang dari setengah ukuran bumi. planet Pluto yang merupakan bola batu dan es yang sangat beku, ukurannya masih lebih kecil lagi.

Kapan Penyelidik Ruang Angkasa Mengunjungi Merkurius

hanya satu penyelidik angkasa yang pernah diterbangkan untuk mempelajari Merkurius. namanya adalah Mariner 10, yang terbang menuju planet Merkurius tahun 1974, setelah mengunjungi Venus. gambar yang dikirimnya adalah yang pertama kali mengungkap bahwa Merkurius tampak seperti bagian dari bulan.

Mariner 10, terbang melewati Merkurius dua kali lagi. pada penerbangan terakhir di bulan Maret 1975, penyelidik ini meluncur hanya dalam jarak 300 kilometer dari permukaan Merkurius.

Bagaimana Planet Merkurius Terbentuk

miliaran tahun lalu, semua planet dihujani meteorit-meteorit raksasa. di bumi, kawah-kawah akibat tumbukan meteorit sudah hilang karena kekuatan cuaca. Merkurius tidak mempunyai cuaca karena di Merkurius hampir tidak ada atmosfer. jadi kawah yang terbentuk pada jaman dahulu masih tetap ada dan memenuhi seluruh planet. 

satu kawah raksasa yang bernama Carolis Basin, terbentuk oleh meteor raksasa  yang menyebabkan gelombang kejut keseluruh planet.

seperti pada bumi dan planet berbatu lainnya, Merkurius terdiri dari lapisan yang berbeda-beda. di bawah kerak berbatu terdapat selimut batuan, dan dipusatnya terdapat inti besi raksasa. menyusutnya ini menyebabkan terbentuknya pegunungan besar setinggi tiga kilometer di permukaan planet.

Data Planet Merkurius

  • Diameter di Khatulistiwa : 4.880 km
  • Massa : 0.06 x massa bumi
  • Jarak Rata-rata dari Matahari : 58 juta km
  • Jarak Terdekat dari Bumi : 91 juta km
  • Rotasi : 59 hari bumi
  • Lamanya tahun : 88 hari bumi
  • Temperatur : -185⁰C - 430⁰ C
  • Satelit : 0

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel