Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag

Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag

Cara menanam bawang merah tidak hanya bisa di lakukan di lahan luas saja, tapi dapat juga dilakukan dengan media polybag, selain karena lahan yang terbatas, perawatan dan hasilnya pun sama saja dengan cara menanam di lahan.

Gambar Cara Menanam Bawang Merah Di Polybag

untuk anda yang hobi bertanam, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam bawang merah di dalam polybag, karena pada umumnya menanam bawang di dalam polibag dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri, namun tidak dapat menutup kemungkinan juga menanam bawang di polybag dapat dikomersilkan.

dengan sedikit kreativitas, menanam bawang merah di polybag dapat menjadi tanaman hias, dapat juga sebagai penghijauan dan dapat juga sebagai penyegar lingkungan atau halaman rumah anda.

Keuntungan Menanam Bawang Merah Di Polybag

  • hemat tempat
  • mudah dalam pemeliharaan
  • hasil yang baik
  • dan tidak mudah lodoh atau busuk
  • bisa ditempatkan dimana saja
  • dapat menghemat pengeluaran rumah tangga (jika diperuntukan untuk konsumsi sendiri)

Langkah-langkah Menanam Bawang Merah di Dalam Polybag

Cara Memilih Polybag Untuk Menanam Bawang Merah

pilihlah polybag yang berdiameter 20cm dengan ketinggian 30cm dan memiliki ketebalan atau bahan pelastik yang tebal, hal ini bertujuan agar polybag tidak mudah rapuh karena waktu dan terkena air dari penyiraman.

Cara Memilih Bibit Bawang Merah

pemilihan bibit bawang merah sangat mudah, anda hanya cukup mencari bibit bawang yang masih ada daun bawang keringnya dan ada akarnya. pilih bibit bawang yang mengkilap (tidak kusam), pilih bibit bawang yang berumbi besar.

bibit bawang merah yang telah dipilih, lalu dipotong bagian atasnya kira-kira setengah dari ukuran bibit bawang tersebut, hal ini bertujuan untuk memudahkan bawang mengeluarkan tunas bawang yang baru . setelah dipotong lalu biarkan bawang terangin-angin selama satu malam.

Media Tanam Bawang Merah Dalam Polybag

media tanam bawang merah dalam polybag adalah campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1, bila tanah yang digunakan merupakan tanah liat padat, perlu ditambahkan pasir dengan perbandingan untuk semua campuran 1:1:1.

sebaliknya, jika tanah yang digunakan banyak mengandung pasir  atau terlalu remah atau gembur (sarang) maka perbandingan tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos yang digunakan adalah 1:5, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesuburan, dan media tersebut disirami oleh larutan pupuk majemuk atau pupuk NPK atau campuran pupuk urea, TSP, dan KCL dengan perbandingan 1:1:1. dosis larutan disiramkan adalah 1-2 g pupuk dilarutkan ke dalam 1 liter air.

Cara Menanam Bawang Dalam Polybag

  • penanaman bawang merah dalam polybag dimulai dari mempersiapkan media tanam dalam polybag, dan inilah cara memasukan media tanam kedalam polybag.
  • ambil satu polybag, lalu isi dengan campuran media tanam seperti yang sudah dijelaskan diatas, lalu isi polybag hingga 70% dari tinggi polybag.
  • lalu bibit bawang yang sudah dibiarkan semalaman di letakan di atas media tanah, dan biarkan terkubur hingga stengah bagian dari bibit bawang tersebut.
  • setelah bibit bawang tertanam, siram bibit bawang dengan air secukupnya.
  • lalu simpan bibit bawang di tempat yang terkena matahari atau di tempat yang sejuk, dan jangan menyimpan tanaman bawang ditempat yang terkena air hujan secara langsung.


Cara Penyiraman

cara menyiram bawang merah di dalam polybag ketika dari mulai tanam hingga muncul tunas, lakukan penyiraman 3x sehari (pagi, siang dan sore) tetapi setelah tanaman bawang merah sudah mulai berdaun, maka lakukan penyiraman 2 kali sehari di pagi dan sore, lalu ketika tanaan bawang sudah mulai berumbi, lakukan peyiraman satu kali sehari yaitu di sore hari saja.

Cara Pemelihaan Tanaman Bawang Merah

ketika tanaman bawang sudah mulai tumbuh daun, kita harus rajin mengambil atau memangkas daun bawang yang tua atau daun bawang yang kuning agar bisa menghasilkan umbi bawang yang besar, dan anda juga dapat membuat daun bawang yang kering untuk tambahan pupuk kompos pada tanaman bawang dengan cara meletakkannya di dalam media tanah atau di sekitar tanaman bawang merah.
lakukan cara tersebut hingga tanaman bawang merah siap di panen

Cara Memanen Bawang Merah

bawang merah dipanen setelah umur 70 hari, itu untuk bawang merah berebes atau bawang merah biasa, tapi jika yang ditanam adalah bawang merah sumenep, maka usia pemanenan ketika bawang sudah memasuki usia tanam 90 hari atau 3 bulan.

ciri-ciri bawang merah yang sudah siap dipanen adalah ketika umbi bawang sudah besar dan daun bawang sudah merunduk dan layu serta mengering, itu tandanya bawang sudah siap dipanen, anda dapat memanen bawang merah tersebut dengan caa menggalinya dengan menggunakan skop secara perlahan hingga bawang dapat terangkat satu rumpun.

setelah tanaman bawang terambil dari polybag, silahkan anda pilih bawang yang berumbi besar untuk anda gunakan atau anda komersilkan, dan anda dapat menggunakan tanaman bawang yang masih kecil untuk dapat ditanam kembali sebagai bibit, jadi anda tidak perlu membeki bibit kembali untuk pananaman berikutnya, dengan catatan jangan sampai akar bawang tersebut terputus.

setelah bawang yang berumbi besar selesai dipanen, maka potong-potong bawang tersebut dari batang daun bawangnya, dan jangan terlalu dekat dengan umbi, sekitar 1-2 cm dari umbi bawang. lalu bawang yang sudah dipotong dari batang daun bawang tersebut dicuci di air mengalir agar berish dan terbebas dari tanah.

setelah dicuci, jemur bawang di bawah terik matahari kurang lebih sekitar satu minggu. dan setelah kering bawang sudah siap digunakan atau dipasarkan jika hasilnya banyak, karena hasil tanam dengan media polybag ini tergantung dari berapa banyak anda menanam bibit bawang di polybag-polybag tersebut.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel