Negara Brunei Darussalam - Keadaan Alam, Suku Bangsa, Perekonomian Dan Hasil Tambang Brunei Darussalam - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Negara Brunei Darussalam - Keadaan Alam, Suku Bangsa, Perekonomian Dan Hasil Tambang Brunei Darussalam

Negara Brunei Darussalam - Keadaan Alam, Suku Bangsa, Perekonomian Dan Hasil Tambang Brunei Darussalam

Brunei Darussalam memiliki bentuk pemerintahan kerajaan, memiliki Kepala Negara yang dipimpin oleh seorang Sultan dan memiliki Kepala Pemerintahan yaitu seorang Perdana Menteri. Brunei Darussalam memiliki Ibu Kota yang bernama Bandar Seri Begawan. dan lagu kebangsaan Brunei Darussalam adalah Pujian Untuk Sultan.

Gambar Negara Brunei Darussalam - Keadaan Alam, Suku Bangsa, Perekonomian Dan Hasil Tambang Brunei Darussalam


Keadaan Alam Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terdiri atas pada dua batas wilayah yang terpisah, yaitu wilayah Barat dan Timur. wilayah Brunei Darussalam dikelilingi oleh wilayah Malaysia. Wilayah Barat dari Brunei Darussalam merupakan dataran rendah yang berawa-rawa. iklim dari wilayah barat Brunei adalah tropik katulistiwa yang lembap. hujan turun sepanjang tahun di wilayah ini. daerah perbatasan sebelah barat dengan Serawak-Malaysia, terdapat sungai Baram yang menjadi jalur lalu lintas perairan yang penting.

Letak Astronomis Negara Brunei Darussalam yaitu 4⁰ LU - 5⁰ 2' LU dan 114 BT - 115 BT, Luas wilayah negara Brunei Darussalam adalah 5.765 km² dan Brunei Darussalam memiliki iklim yang tropik.

Keadaan Sosial Negara Brunei Darussalam

penduduk Brunei Darussalam berjumlah kurang lebih 370.100 jiwa. sekitar 66% penduduk Brunei Darussalam adalah etnis Melayu. Etnis Cina berjumlah sekitar 15%. Etnis Cina memegang peranan penting dalam ekonomi Brunei.

suku asli Brunei Darussalam berjumlah (6%) dan suku lainnya (7%). Bahasa Melayu adalah bahasa resmi. Bahasa Inggris banyak digunakan oleh penduduk Brunei. agama Islam merupakan agama resmi negara, dan Sultan merupakan pemimpin Agamanya. Agama lain yang dianut adalah agama Buddha (terutama oleh orang Cina) dan Kristen.

Keadaan Ekonomi Negara Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah negara pengekspor minyak dan gas bumi. hasil ekspor minyak bumi dan gasa alam membuat Brunei Darussalam menjadi salah satu negara termakmur di Asia. tambang minyak dan gas bumi merupakan sumber penghasilan yang utama untuk Brunei Darussalam.

Mata uang Brunei Darussalam adalah B$ (Dollar Brunei), dan hasil pertanian dari negara Brunei adalah berupa karet, beras dan rempah-rempah. Brunei memiliki hasil tambang yang berupa minyak, gas alam dan kayu.

hasil industri negara Brunei adalah minyak dan gas, tekstil, makanan dan minuman ringan, serta bahan bangunan. ekspor utama dari negara Brunei Darussalam adalah minyak, gas dan tekstil, import utama Brunei adalah kendaraan bermotor, mesin, barang pabrikan, makanan dan kimia. pendapatan perkapita penduduk Brunei Darussalam adalah kurang lebih U$ 24.826.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel