Susunan Planet Mars Dan Kehidupan Di Planet Mars - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Susunan Planet Mars Dan Kehidupan Di Planet Mars

Susunan Planet Mars Dan Kehidupan Di Planet Mars

Planet Mars - Dengan ukuran yang kecil dan warna yang merah, Mars lebih mirip bumi. dulu, orang yang percaya bahwa ada mahluk cerdas yang hidup di Mars. namun, penyelidik ruang angkasa memperlihatkan bahwa mahluk Mars itu tidak ada, dan sama sekali tidak ada kehidupan di Planet Mars. Mars terlalu dingin, dan atmosfernya terlalu tipis untuk berlangsungnya kehidupan.

Mengapa Ahli astronomi menduga ada kehidupan planet mars? kita semua mengetahui bahwa para sarjana sekarang ini sedang sibuk melakukan berbagai macam percobaan untuk menjelajahi dan mengetahui apakah ada kehidupan di planet lain dalam kawasan alam semesta ini. tentu saja lebih mudah untuk melakukan penelitian dalam lingkungan tata surya kita untuk meneliti adanya tanda-tanda kehidupan itu daripada melakukan penyelidikan di angkasa luar.

Gambar Susunan Planet Mars Dan Kehidupan Di Planet Mars
planet mars

Pada tahun 1965, Mariner 4 terbang melewati Mars dan mengiriman gambar. Mariner 6 dan Mariner 7 juga melewatinya, dan tahun 1971, Mariner 9 masuk kedalam orbit Mars. lima tahun kemudian dua pesawat Viking menurunkan kendaraan pendarat ke permukaan Mars pada tahun 1997, penyelidik Pathfindermendarat dan melepaskan kendaraan kecil yang disebut Sojourney, yang menyelidiki bebatuan disekelilingnya.

tapi salah satu tempat yang diduga oleh para sarjana ada memiliki semacam bentuk kehidupan adalah planet mars. mengapa mereka memilih mars? karena mars itu dianggap semacam bumi kembar dengan bumi kita ini. ia adalah planet yang berikut-nya di balik bumi kita jika ditinjau dari letak jaraknya terdapat matahari.

mars memiliki garis tengah separuh dari bumi kita, dan berputar mengelilingi matahari dalam jangka waktu dua tahun, namun ukuran hari di mars berlangsung hampir sama panjangnya dengan panjang hari di bumi kita ini.

dalam menanggapi planet mars itu, para astronomi telah memperhatikan hal-hal tertentu, yang merupakan gejala adanya kemungkinan kehidupan di planet itu. pertama sekali planet mars itu mempunyai musim-musim semacam musim di bumi yang kita tinggali ini, pada hakekatnya bila musim-musim di planet mars itu berubah, maka tampak pula terjadi perubahan pada permukaan planetnya.

daerah-daerah yang gelap menjadi semakin kelam pada saat musim semi dan musim panas, sedangkan warna itu beralih dari hijau kebiru-biruan menjadi kuning, apakah ini bukan gejala adanya tumbuh-tumbuhan.

para ahli astronomi juga berkeyakinan bahwa da terdapat sekurang-kurangnya sejumlah kecil uap air dalam atmosfer di mars. hal ini besar sekali kemungkinannya dapat menunjang faktor kehidupan di mars. juga pada tahun 1887 seorang ahli astronomi dari Italia, Gaiovanni Schiaparelli, melaporkan telah melihat jalur-jalur hitam pada permukaan planet mars yang mirip dengan terusan air, besar kemungkinan bahwa jalur-jalur tersebut adalah saluran air dari pusat planet itu ke daerah mahluk mars untuk mengalirkan air dari pusat planet itu ke daerah padang pasir yang kering , demikian dugaan para ahli peneliti.

pada tahun 1976, dua buah pesawat antariksa Amerika Serikat yang diberi nama Viking telah berhasil mendarat di atas permukaan planet mars untuk melakukan penyelidikan. alat-alat itu melangsungkan penelitian di sekeliling tanah di mars untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda kehidupan di sana.

kemudian alat-alat itu mengirim kembali berita hasil pemeriksaan itu ke bumi, dari hasil penelitian terdapat petunjuk adanya benih-benih kehidupan tertentu di dalam tanah mars itu, sekalipun jenis tanah di sana itu ganjil dan sangat berbeda sekali dengan jenis tanah di bumi, jadi, jika memang ada kehidupan di planet s mars, hingga sekarang hasil itu belum sepenuhnya terpecahkan.

Kenapa Planet Mars Disebut Planet Merah

Ahli astronomi menyebut planet Mars sebagai planet merah karena warnanya merah. permukaan planet Mars berwarna oranye kemerahan. warna ini berasal dari mineral besi, seperti karat dalam batuan dan tanah dipermukaannya.

Susunan Planet Mars

Mars adalah planet berbatu dan mempunyai susunan yang sama dengan bumi. Mars mempunyai kerak yang keras, selimut batuan, dan inti besi. namun, atmosfernya jauh lebih tipis daripada atmosfer bumi.

tekanan atmosfer di Mars hanya sekitar seperatus dari tekanan atmosfer di bumi. gas utama di dalam atmosfer Mars adalah karbon dioksida, bukan nitrogen dan oksigen seperti di bumi. uap air di atmosfernya sangat sedikit, dan tidak ada lautan, danau atau sungai.

disekitar kutub, uap air membeku membentuk tudung es. walau dalam beberapa hal Mars mirip di bumi, Mars jauh lebih kecil.

Data Planet Mars

  • Diameter di khatulistiwa : 6.787 km
  • Jarak rata-rata dari matahari : 228 juta km
  • Jarak terdekat dari bumi : 56 juta km
  • Rotasi : 24 jam 37 menit
  • Revolusi : 687 hari bumi
  • Temperatur permukaan : -110⁰C sampai 0⁰C
  • satelit : 2

Bulan Di Planet Mars

Mars mempunyai dua bulan kecil, yaitu Phobes dan deimos. ukuran Phobes lebih besar, tapi dimeternya kurang dari 30 kilometer. ahli astronomi yakin, bulan itu berasal dari asteroid yang tertangkap gravitasi Mars.

Permukaan Planet Mars

permukaan Mars dipenuhi oleh banyak gurun, kawah, dan gunung berapi. Olympus Mons adalah gunung tertinggi, dengan ketinggian hampir 30 kilometer. ada juga rekahan dipermukaan sepanjang lebih dari 4.000 kilometer, dengan kedalaman 7 kilometer.

rekahan itu disebut Grand Canyon Mars, tapi nama sebenarnya adalah Mariner Valley (Lembah Mariner). lembah yang lebih kecil seolah terbentuk oleh aliran sungai. oleh karena itu, ahli astronomi beranggapan bahwa Mars dulu pernah mempunyai sungai dan laut.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Susunan Planet Mars Dan Kehidupan Di Planet Mars"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel