Data Planet Saturnus Dan Terbentuknya Planet Saturnus - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Data Planet Saturnus Dan Terbentuknya Planet Saturnus

Data Planet Saturnus Dan Terbentuknya Planet Saturnus

Saturnus adalah planet terbesar kedua setelah Jupiter, Saturnus adalah bola gas raksasa. Saturnus adalah planet yang paling disukai oleh Ahli astronomi karena cincinnya yang bersinar. setiap tahun selama Saturnus mengelilingi matahari, cincinnya nampak berubah bentuk.


Gambar Data Planet Saturnus Dan Terbentuknya Planet Saturnus

Saturnus dikelilingi oleh banyak cincin, tetapi hanya tiga yang bisa dilihat dari bumi, yaitu cincin A, cincin B dan cincin C. cincin yang lain ditemukan oleh penyelidik ruang angkasa. dan cincin tersebut tampak seperti lembaran padat.

namun, sebenarnya cincin itu terbentuk dari jutaan potongan es yang mendesing mengelilingi planet Saturnus dengan kecepatan tinggi. ukuran bongkahan es itu bervariasi, dari hanya yang berukuran setitik debu sampai berukuran bongkahan besar. dan ketebalan cincin itu kurang dari 50 meter.

Data Planet Saturnus

Diameter di khatulistiwa : 120.000 km
Diameter cincin yang terlihat : 270.000 km
Jarak rata-rata dari matahari : 1,427 miliar km
Jarak minimum dari bumi : 1,2 miliar km
Rotasi : 10 jam 40 menit
Revolusi : 29,5 hari bumi
Temperatur di puncak awan : -17⁰Ci
Satelit : 18 yang diketahui

Lapisan Planet Saturnus 

lapisan 1 : lapisan terang
lapisan 2 : awan, air dan es 
lapisan 3 : awan amonium sulfida
lapisan 4 : lapisan terang
lapisan 5 : awan es amonia
lapisan 6 : kabut amonia
lapisan 7 : debu

Susunan Saturnus 

  • inti
  • cairan logam hidrogen
  • hidrogen cair
  • atmosfer

Mengapa Planet Saturnus Berawan

Saturnus adalah planet yang sangat berawan. awannya terbentuk menjadi pita yang sejajar dengan khatulistiwa karena Saturnus berputar dengan sangat cepat. pita tersebut tidak mudah dilihat seperti di Jupiter karena kabut menutupi atmosfernya.

di Saturnus terdapat tiga lapisan awan utama yang dipisahkan oleh bagian terang yang ada diantaranya. lapisan awan bagian atas terbentuk dari senyawa amonia dan amonium. di lapisan paling bawah, sepertinya awan terbentuk dari partikel air dan es, seperti di bumi.

Bagian Dalam Planet Saturnus

Saturnus adalah bola gas raksasa yang sebagian besar terdiri dari gas dan gas cair. atmosfernya yang berawan hampir seluruhnya terbentuk darihidrogen dan helium. di bawahnya membentang lautan hidrogen cair yang luas dan dalam. di bawahnya lagi terdapat lapisan hidrogen dalam bentuk besi cair. di pusat planet terdapat inti besi yang kecil.

Rupa Atau Bentuk Bulan Milik Saturnus

Saturnus mempunyai paling tidaj 18 buah. hanya lima yang diameternya lebih dari 1.000 kilometer, yaitu Tethys, Dione, Rhes, Titan, dan Lapetus. pas, yang terkecil, diameternya hanya sekitar 20 kilometer. bulan terbesar dengan diameter 5.140 kilometer adalah Titan, Titan menjadi bulan terbesar kedua di tata surya dan satu-satunya yang mempunyai atmosfer tebal.

Permukaan Titan

atmosfer Titan yang tebal sebgaian besar terbentuk dari gas nitrogen dan warnanya orange dan dipenuhi awan kabut yang menghalangi kita ketika melihat permukaannya. ahli astronomi memperkirakan bahwa Titan diselimuti danau-danau besar atau lautan metana cair dan mungkin ada juga daratan yang ditutupi es dan salju metana.

tahun 2004 penyelidik ruang angkasa Cassini akan menurunkan penyelidik pendarat Huygens yang akan memberitahukan kondisidi Titan.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Data Planet Saturnus Dan Terbentuknya Planet Saturnus"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel