Berasal Dari Mana Asteroid - Perbedaan Meteor Dan Meteorit - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Berasal Dari Mana Asteroid - Perbedaan Meteor Dan Meteorit

Berasal Dari Mana Asteroid - Perbedaan Meteor Dan Meteorit

Di dalam tata surya, ada banyak benda selain planet dan bulannya. kebanyakan berupa bongkahan batu atau es. bongkahan terbesar disebut asteroid, asteroid ini diameternya bisa mencapai ratusan kilometer. bongkahan terkecil disebut meteorid dan ukurannya bisa sekecil butiran pasir.

Gambar Berasal Dari Mana Asteroid - Perbedaan Meteor Dan Meteorit


Apa Yang Dimaksud Dengan Bola Api

Meteorid yang masuk ke atmosfer bumi kebanyakan berupa bongkahan kecil. meteorid yang lebih besar ini terbakar lebih lama dan lebih terang, sehingga membentuk objek bersinar yang disebut bola api.

Perbedaan Meteor Dan Meteorit

meteorid tidak terlihat sampai suatu saat masuk ke atmosfer bumi dan menjadi lintasan cahaya yang disebut meteor atau "bintang jatuh". saat sekumpulan meteorid terbakar secara bersamaan, kita akan melihat hujan meteor.

meteor adalah meteor yang sudah jatuh ke bumi. sebagian terbuat dari batu, sedangkan lainnya dari besi dan nikel.

Ukuran Asteroid

Ceres adalah asteroid terbesar dengan diameter sekitar 1.000 kilometer yang ditemukan pada tahun 1891. diameter Pallas dan Vesta sekitar 550 kilometer. kebanyakan asteroid berdiameter hanya beberapa puluh kilometer.

Di Ketinggian Berapa Meteor Terbentuk

meteorid ruang angkasa menghujani bumi sepanjang waktu. saat ketinggiannya sekitar 120 kilometer dari tanah, udara bergesekan dengan meteorid, sehingga berpijar putih membara. saat itulah kita melihat lintasan cahaya yang kita sebut meteor.

Cara Menemukan Asteroid

kebanyakan asteroid ditemukan di dalam lingkaran lebar diantara orbit Mars dan Jupiter. Ahli Astronomi menyebutkan lingkaran sabuk asteroid. namun, sebagian asteroid melintas ke luar sabuk. terkadang, ada yang terlalu dekat dengan bumi, sehingga membahayakan bumi. dua kelompok kecil asteroid yang disebut dengan Trojan mengelilingi matahari dan orbit Jupiter.

Dari Mana Asteroid Berasal

sampai beberapa waktu lalu, ahli astronomi masih yakin jika asteroid adalah sisa-sisa dari planet lain. mereka yakin bahwa planet ini bergerak terlalu dekat dengan Jupiter dan hancur karena tertarik gravitasinya.

tetapi sekarang ini, ahli astronomi menganggap asteroid sebagai kumpulan bongkahan yang tidak pernah menyatu membentuk planet dan membentuk bulan.

Benarkah Meteor Yang Memusnahkan Dinosaurus

meteorit dan asteroid yang jatuh ke bumi membentuk lubang atau kawah. meteorid yang besar bisa membentuk kawah yang sangat besar, seperti kawah meteor di Arizona, Amerika Serikat. garis tengahnya lebih dari 1.200 meter dan dalamnya sekitar 180 meter.

kawah besar dekat pantai Meksiko terbentuk 65 juta tahun lalu oleh asteroid yang jatuh. banyak ilmuan beranggapan bahwa tumbukan itu mengubah iklim bumi dan membunuh dinosaurus serta banyak spesies lainnya.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel