Proses Terbentuknya Galaksi Dan Proses Terbentuknya Alam Semesta - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Proses Terbentuknya Galaksi Dan Proses Terbentuknya Alam Semesta

Proses Terbentuknya Galaksi Dan Proses Terbentuknya Alam Semesta

Dari bumi, langit tampak penuh dengan bintang. tapi, jika kita menjauh dari bumi, kita akan meninggalkan bintang di belakang. jika kita menoleh kebelakang, bintang-bintang itu tampak membentuk pulau di ruang angkasa. di arah lain, kita akan melihat kepulauan bintang lain yang disebut galaksi. galaksi dan ruang yang ditempatinya membentuk alam semesta.

Gambar Proses Terbentuknya Galaksi Dan Proses Terbentuknya Alam Semesta


Apakah Semua Galaksi Sama?

dengan menggunakan teleskop, ahli astronomi bisa melihat galaksi dalam berbagai bentuk dan ukuran. beberapa diantaranya disebut galaksi palang spiral. galaksi ini mempunyai lengan melengkung yang terbentuk dari palang yang melewati pusatnya.

galaksi spiral biasanya tidak mempunyai palang sperti itu. dan galaksi elips mempunyai bentuk oval. galaksi dengan bentuk tidak tentu tertentu disebut galaksi tidak beraturan (irregular).

Bagaimana Galaksi Tebentuk 

galaksi mulai terbentuk dalam awan gas raksasa yang gelap, sehingga cahaya pun butuh waktu ratusan ribu tahun untuk menembusnya. seiring waktu, gaya gravitasi mulai mengumpulkan partikel-partikel gas.

secara bertahap, awan gas menyusut dan menjadi lebih padat. disana-sini menjadi cukup padat untuk membentuk bintang dan pada saat yang sama, awan gas mulai berputar dan menipis.

Apa Yang Disebut Kelompok Galaksi Setempat?

di ruang angkasa terdapat ribuan galaksi. kebanyakan ada di dalam kelompok yang disebut kluster. galaksi tempat kita hidup bernama Galaksi Bima Sakti (Milky Way), yang berada dalam satu kumpulan yang kita sebut kelompok setempat. Bima Sakti adalah galaksi kedua terbesar di dalam kelompoknya, sedangkan Andromeda adalah galaksi terbesar.

Proses Terbentuknya Alam Semesta

Ahli astronomi percaya bahwa alam semesta berawal dari ledakan besar yang disebut Big Bang dan terjadi lebih dari 15 miliar tahun yang lalu. Big bang membentuk gelembung ruang angkasa panas yang terus mengembang. ahli astronomi yakin kalau alam semesta masih terus mengembang.

Apa Yang Membentuk Alam Semesta

teorinya mudah, alam semesta terbentuk dari materi dan ruang. materinya adalah planet, bulan, dan bintang. bintang-bintang berkelompok membentuk galaksi besar, dan galaksi membentuk kelompok atau kumpulan yang disebut Superkluster. dan alam semesta terdiri dari jutaan Superklustar.

Apakah Kuasar Itu

kuasar tampak seperti bintang, tapi letaknya sangat jauh untuk bisa ditemukan. kuasar lebih terang daripada ribuan galaksi. ahli astronomi berpendapat bahwa energi yang diperoleh kuasar berasal dari lubang hitam. saat berbagi material tersedot kedalam lubang hitam, memancarlah energi besar berupa cahaya radiasi lainnya.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel