Apa Planet Terbesar Dan Ukuran Sebuah Planet - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apa Planet Terbesar Dan Ukuran Sebuah Planet

Apa Planet Terbesar Dan Ukuran Sebuah Planet

Kesembilan planet adalah anggota terpenting dari keluarga matahari, berdasarkan jarak dari matahari, mereka adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. empat planet pertama adalah planet kecil berbatu. empat berikutnya adalah planet raksasa yang sebagian besar terbentuk dari gas. dan Pluto adalah bola batu dan es yang kecil.

Gambar Apa Planet Terbesar Dan Ukuran Sebuah Planet


Ukuran Sebuah Planet

mungkin kita mengira bahwa Bumi adalah planet terbesar. namun, lihatlah betapa besarnya planet-planet yang lain. akan tetapi, planet terbesar sekalipun masih tampak kecil dibandingkan matahari. besar matahari hampir 10 kali lipat dari Jupiter, dan bisa menelan lebih dari sejuta bumi.

namun, bumi lebih besar dari empat planet lainnya yaitu : Venus, Mars, Merkurius yang terdekat dan Pluto yang kecil dan paling jauh dari bumi.

Planet Terbesar Di Dunia

Jupiter adalah planet terbesar. planet Jupiter ini masih lebih berat daripada semua planet lain jika digabungkan, diameternya mencapai 143.000 kilometer atau 11 kali bumi. walaupun sangat besar, waktu rotasi kurang dari 10 jam. artinya permukaannya berputar dengan kecepatan 45.000 km/jam atau 30 kali kecepatan rotasi bumi.

Planet Apa Yang Mempunyai Cincin

Saturnus pernah diyakini sebagai satu-satunya planet yang mempunyai cincin karena hanya planet Saturnus yang dapat terlihat oleh teleskop. namun, foto jarak dekat yang diambil oleh penyelidik ruang angkasa Voyager memperlihatkan jika tiga planet gas raksasa lainnya, Jupiter, Uranus dan Neptunus juga mempunyai cincin. ketika planet ini memiliki cincin yang lebih tipis,lebih sempit dan lebih gelap daripada Saturnus.

Kenapa Planet Uranus Disebut Planet "Baru"

Para ahli astronomi sudah mempunyai planet selama ribuan tahun, mereka mengamati pergerakan, atau " pengembaraan" planet yang tidak seperti bintang di langit malam.

namun, hingga terciptanya teleskop yang cukup handal pada tahun 1781, ahli astronomi kuno baru dapat melihat lima planet. planet yang ditemukan pada tahun itu kemudian disebut Uranus, planet pertama dari tiga planet "baru" yang ditemukan. Neptunus ditemukan pada tahun 1846. dan planet Pluto ditemukan pada tahun 1930.

Keistimewaan Saturnus

ada dua hal yang istimewa dari planet Saturnus. pertama, planet itu dikelilingi jajaran cincin yang bersinar terang. dan cincin inilah yang menurut banyak orang membuat Saturnus menjadi benda paling indah di tata surya.

keitimewaan Saturnus yang kedua adalah, planet Saturnus paling ringan (tidak padat) dari antara semua planet yang lain. bahkan planet ini lebih ringan daripada air. jika kita bisa meletakkannya di dalam mangkuk air raksasa, maka planet Saturnus ini akan mengapung.

Planet Yang Paling Jauh Dari Matahari

sejauh yang kita ketahui, planet terjauh dari matahari adalah Planet Pluto, planet "baru" yang terakhir ditemukan setelah Neptunus. namun Planet Pluto sebenarnya tidak selalu menjadi planet yang terjauh.

selama 20 tahun, yaitu antara tahun 1979 dan 1999, Neptunus terus berada lebih jauh daripada Planet Pluto karena selama itu Pluto bergerak di orbit Neptunus. Neptunus akan menjadi planet terjauh lagi, sedikitnya selama 200 tahun lebih.

Pluto bergerak lebih dari 7 miliar kilometer jauhnya dari matahari. perjalanan itu memakan waktu hampir 248 tahun untuk sekali mengelilingi matahari.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel