Resepsionis Dan Syarat Menjadi Resepsionis Hotel - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Resepsionis Dan Syarat Menjadi Resepsionis Hotel

informasitempat, Resepsionis Dan Syarat Menjadi Resepsionis Hotel - Resepsionis hotel merupakan fungsi yang sangat pnting, karena resepsionis hotel adalah cerminan suatu hotel. Citra hotel akan banyak bergantung pada resepsionis hotel. Dengan demikian karyawan yang di tunjuk oleh hotel harus seorang yang profesional dan berkepribadian baik.

Syarat Menjadi Resepsionis Hotel Handal


Gambar Resepsionis Dan Syarat Menjadi Resepsionis Hotel


Jika tamu hotel dalam kunjungannya ke suatu hotel mendapat citra yang kurang baik, maka hal ini akan berpengaruh buruk pada kunjungan tamu tersebut di masa yang akan datang. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa alasan dalam memilih seorang resepsionis hotel.

4 Alasan Kenapa Resepsionis Hotel Sangat Penting Untuk Tamu Hotel

  1. Para tamu tidak mengadakan kontak atau hubungan dengan manajemen hotel melainkan dengan resepsionis hotel
  2. Perilaku resepsionis hotel yang baik dapat meyakinkan para tamu bahwa mereka (tamu hotel) akan menikmati kunjungannya ke hotel tersebut.
  3. Resepsionis hotel adalah sumber informasi dan bantuan bagi para tamu hote, tamu hotel merasa bahwa resepsionis dapat dengan mudah dan profesional menangani setiap pertanyaan tamu hotel
  4. Resepsionis adalah orang atau petugas yang menetapkan standar hotel disemua departemen yang ada di mata para tamu hotel.
Mengingat begitu pentingnya kedudukan resepsionis  dalam sebuah hotel. dalam buku Front Office Training Manual (1982:12), Sudhir Andrews menjelaskan bahwa syarat-syarat jabatan seorang resepsionis adalah sebagai berikut.

Baca Juga 6 Trik Cerdik Agar Melakukan Kegiatan Tepat Waktu

5 Syarat Jabatan Resepsionis Hotel

1. Salesman (Kewiraniagaan)

Seorang resepsionis hendaknya mampu mendorong tamu (to mitivate the guest) untuk menghabiskan uangnya di hotel karena tugas resepsionis adalah menjual kamar dan fasilitas hotel lainnya.

2. Problem Solver (Pemecah Masalah)

Karena front desk letaknya strategis, para tamue hotel dengan berbagai kepentingannya cenderung menghubungi Front Desk untuk mendapatkan bantuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atau untuk menyampaikan keluhannya yang berhubungan dengan pelayanan, fasilitas, maupun prilaku karyawan hotel tersebut. Yang perlu di ingat oleh seoarang resepsionis hotel dalam usahanya membantu memecahkan masalah tersebut adalah ia harus selalu bertindak diplomatis dan mampu memecahkan masalah dengan cepat.

3. A Reference Point (Penghubung)

Para tamu memerlukan informasi atau mereka menyampaikan informasi untuk diteruskan. resepsionis hotel adalah petugas yang akan mereka hubungi. Dalam hal ini, apapun yang dilakukan berhubungan dengan tamu hotel yang berkaitan dengan berbagai departemen di hotel juga umumnya dilakukan melalui resepsionis hotel. Oleh karena itu, keterampilan untuk menerima dan meneruskan informasi perlu dimiliki oleh seoran resepsionis hotel.

4. Coordinator (Koordinasi)

Kegiatan yang dilakukan di berbagai departemen di hotel ditujukan untuk memperlancar palayanan serta memberikan kepuasan kepada para tamu hotel. Sesuai dengan fungsinya sebagai penghubung. Resepsionis hotel perlu melakukan koordinasi dengan departemen lainnya, seperti : travel agent, airline agent, dan lainnya yang berguna untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para tamu hotel.

5. Image Builders (Pembentuk Citra Hotel)

Front Desk adalah showroom hotel, karena berlokasi di tempat yang strategis dan mudah ditemukan atau mudah dijangkau oleh para tamu hotel. Resepsionis memiliki peluang untuk mengembangkan citra hotel dengan berpenampilan yang baik, sopan serta komunikasi dengan baik dan efisien.

Baca Juga 7 Warna Lipstik Yang Cocok Untuk Bekerja

Penutup

Itulah syarat menjadi seorang resepsionis hotel, selain faktor-faktor diatas, untuk menunjuk seseorang untuk menjabat sebagai resepsionis hotel, perlu juga diperhatikan atau didukung dengan faktor pengalaman kerja dan pendidikan.

Baca Juga Cara Resepsionis Hotel Menerima Tamu Hotel

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel