9 Sifat Resepsionis Dan Peranan Resepsionis Hotel - Tempat Informasi -->

Sponsor:

9 Sifat Resepsionis Dan Peranan Resepsionis Hotel

informasitempat, 9 Sifat Resepsionis Dan Peranan Resepsionis Hotel - Resepsionis adalah seorang yang sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan, karena seorang resepsionis menjadi orang yang paling pertama menyambut tamu yang datang pada perusahaan tersebut, terutama resepsionis hotel adalah orang yang paling penting bagi sebuah bisnis hotel.

Cara Menjadi Resepsionis Hotel Yang Profesional


Gambar 9 Sifat Resepsionis Dan Peranan Resepsionis Hotel


Dan resepsionis ini yang banyak berhubungan dengan tamu hotel, dan seorang resepsionis harus memiliki sifat dan sikap baik terhadap tamu hotel. Dan inilah Sifat yang harus dimiliki oleh seorang resepsionis hotel Menurut Sudhir Andrews (1982:17) adalah sebagai berikut :

9 Sifat Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Resepsionis :

  1. Memiliki kebiasaan untuk berpenampilan baik dan rapi di tempat kerja. Pakaian seragam harus dirawat (dicuci bersih dan disetrika) dengan baik agar tetap bersih dan rapi.
  2. Perawatan diri; hal ini adalah suatu yang mutlak bagi seorang resepsionis hotel
  3. Memiliki rasa percaya diri
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik dan jelas serta benar
  5. Memiliki kemampuan untuk mengingat nama dan wajah para tamu hotel
  6. Memiliki tata cara dan etika yang baik
  7. Selalu dalam keadaan ceria dan murah senyum
  8. Memiliki kesegaran jasmani
  9. Memiliki kemampuan membua keputusan dengan cepat.


Peranan Resepsionis Hotel

Resepsionis hotel adalah petugas yang pertama sekali memberikan kesan pertama bagi tamu-tamu yang baru tiba dihotel. hal ini sesuai dengan pekerjaan yang secara langsung memberikan pelayanan kepada setiap tamu yang check-in di hotel. Karena resepsionis hotel lebih banyak berkomunikasi dengan tamu hotel dibandingkan dengan manjemen hotel, maka peranan resepsionis hotel terhadap tamu sangat menonjol dan sangat diutamakan.


Dalam buku Front Office Operations (1992:15), Colin Dix dan Chris Baird mengatakan bahwa seorang resepsionis hotel harus memerankan dirinya sesuai dengan perannya sebagai berikut.

5 Peran Resepsionis Hotel

1. Peranan Resepsionis Hotel Sebagai Diplomat

Seorang resepsionis yang diplomatis harus mampu mengatakan sesuatu dengan cara lugas, efektif, efisien, dan ramah, sehingga tamu tidak merasakan kecewa walaupun keinginannya tidak terpenuhi. Dengan demikian, tamu dapat memahami dan memaklumi dengan suatu keadaan melalui penjelasan seorang resepsionis yang baik. Oleh karena itu, perilaku seorang resepsionis hendaknya bisa menjadi teladan yang dapat dicontoh.

2. Peranan Resepsionis Sebagai Record Keeper ( Penyimpan Data)

Kantor depan merupakan pusat kegiatan hotel dan tamu. semua data tamu, baik yang sedang tinggal di hotel maupun yang sudah meninggalkan hotel, semua tersimapan dan tercatat di kantor depan. Dengan demikian, resepsionis hotel hanya mendistribusikan laporan-laporan amu tersebut ke berbagai departemen yang ada di hotel tersebut.

3. Peranan Resepsionis Sebagai Information Source (Sebagai Sumber Informasi)

Sebab Front Desk merupakan pusat kegiatan hotel, maka dimata tamu Front Desk adalah wakil dari manajemen hotel secara keseluruhan. Untuk itu, seoarang resepsionis hotel harus dapat memahami atau menguasai informasi yang diperlukan oleh para tamu dengan cara rajin membaca surat kabar, mendengarkan radio, nonton televisi, serta media lainnya.

Karena dengan membaca wawasan akan bertambah yang pada akhirnya akan meningkatkan profesionalitas kerja. Informasi penting bagi tamu karena para tamu sangat mengharapkan penjelasan atau keterangan sehubungan di daerah dimana mereka (tamu) berada, tentang hotel dan fasilitasnya.

4. Peranan Resepsionis Hotel Sebagai Psycholohist (Sebagai Seorang Psikolog)

Seorang resepsionis harus selalu membiasakan diri untuk dapat mengidentifikasikan perilaku para tamu hotel. Hal ini bermanfaat bagi resepsionis untuk menentukan cara yang terbaik untuk dapat berhubungan dengan tamu hotel. Reaksi yang resepsionis berikan terhadap tamu hotek dalam berbagai situasi juga dapat berdampak pada kesan para tamu hotel.

Hindari hal-hal yang membuat tamu hotel berpikiran buruk terhadap resepsionis hotel seperti : tampak lesu, cepat marah. dan tidak sabar. Sikap baik dan sabar yang ditunjukkan oleh seorang resepsionis hotel memiliki kemungkinan besar dapat mengubah persepsi dari perasaan para tamu hotel yang awalnya merasa kurang puas menjadi merasa puas.

5. Peran Resepsionsis Sebagai sales Person (Sebagai Seorang Penjual)

Tugas pokok seorang resepsionis, selain menyambut tamu yang tiba di hotel, adalah kemampuan menjual kamar dan fasilitas lainnya yang terdapat di dalam hotel. oleh karena itu, kuasailah informasi tentang apa yang menjadi produksi hotel tersebut.


Penutup

Hal yang perlu diingat oleh setiap resepsionis adalah kamar (room) merupakan sumbangan yang paling besar dalam bisnis hotel. Oleh karena itu, kamar yang tidak terjual hari ini, besok tidak dapat terjual lagi karena hari esok perhitungannya sudah berbeda.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel