Tips Memilih Tempat Akad Nikah Di Rumah, Gedung Atau Masjid - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Tips Memilih Tempat Akad Nikah Di Rumah, Gedung Atau Masjid

informasitempat, Tips Memilih Tempat Akad Nikah Di Rumah, Gedung Atau Masjid - Untuk pasangan yang akan melangsungkan pernikahan dan bingung memilih tempat atau lokasi untuk melangsungkan akad nikah, apakah di rumah, di gedung atau di tempat ibadah seperti masjid dan lainnya. Mari simak artikel berikut ini, siapa tahu dapat menjadi bahan pertimbangan untuk anda yang akan mencari tempat berlangsungnya acara akad nikah yang sakral.

Tempat Akad Nikah Yang Baik Dan Tepat


Gambar Tips Memilih Tempat Akad Nikah Di Rumah, Gedung Atau Masjid


Disini akan diuraikan bagaimana kelebihan dan kekurangan jika akad nikah dilangsungkan di gedung, rumah dan masjid, karena anda harus mendapatkan momen terindah dalam hidup anda, oleh karena itu anda harus mempertimbangkannya sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Cara Memilih Lokasi Akad Nikah Di Rumah

Kelebihan Memilih Lokasi Akad Nikah Dirumah

1. anda bisa lebih leluasa menerima undangan tanpa batasan waktu seperti halnya penyelenggaraan pesta pernikahan di gedung yang begitu ketat dengan penerapan waktu.

2. Menghemat dana yang seharusnya untuk sewa gedung, anda bisa mengalokasikan untuk keperluan lainnya. Dalam pernikahan, biasanya, biaya terbesar adalah biaya sewa gedung, karena biaya ini selalu menjadi satu paket dengan biaya katering dan pelayanan. Anda tenttu tidak ingin bukan kalau semua dana lebih banyak tersedot untuk sewa gedung dan katering yang menjadi rekanannya? Belum lagi jika pihak gedung juga memiliki vendor rekanan jasa fotografi dan hiburan (entertainment).

3. Dengan kapasitas ruang yang tersedia, rasa silaturahmi dan kekeluargaan antara calon mempelai dan pihak keluarga kedua belah pihak dengan undangan akan terasa intens bila dibandingkan di gedung, mengingat jarak antara mempelai beserta keluarga dan undangan tidak terlalu jauh.

4. Bagi undangan pun terasa lebih formal, khususnya dalam hal busana, mengingat perbedaan tempat ini bisa menjadi bahan pertimbangan pemilihan busana yang akan dikenakannya saat menghadiri akad nikah.

Kekurangan Jika Lokasi Akad Nikah Di Rumah

1. Tidak semua teman dapat diundang dalam acara akad nikah bila akad nikah diselenggarakan di rumah, karena mengingat kapasitas ruang atau tempat yang tidak seluas di gedung pernikahan. Karena itu, selaku yang memiliki hajat, anda harus pandai mengatur dan menentukan undangan yang akan diundang hadir dalam akad nikah itu.

2. Akad nikah yang dilakukan di rumah lebih menyita tenagam waktu dan pikiran, karena segala detail yang dibutuhkan dalam pernikahan menjadi beban keluarga dan pasangan calon pengantin, termasuk urusan menyewa sound system dan berbagai sarana pendukung lainnya. Urusan soal lalu lintas masuk dan keluarnya tamu undangan terkadang juga harus dipikirkan agar tidak terjadi penumpukan tamu disaat yang bersamaan. Selain ini yang tidak boleh terlewatkan soal perizinan di lingkungan setempat.

Selain itu anda harus memperhitungkan tentan sirkulasi udara, dan menyiapkan atau menyediakan anggaran dana ekstra untuk keamanan, kebersihan, kursi tambahan, rekening listrik, penambahan daya dan rekening air bila dirumah menggunakan jasa PAM.

Kelebihan Dan Kekurangan Memilih Akad Nikah Di Gedung

Kelebihan Memilih Akad Nikah Di Gedung

1. Lebih parkatis, tidak repot, dan tidak dipusingkan dengan segala detail yang dibutuhkan saat acara pernikahan, karena semuanya telah disediakan oleh pengelola gedung, termasuk sound system, ketersediaan gensetm kebersihan dan lain-lainnya

2. Daya tampung undangan dan tamu lebih besar meski pihak penyelenggara pernikahan tetap harus menghitung jumlah tamu atau undangan yang diharapkan hadir di acara tersebut. Daya tampung parkir kendaraan roda dua dan roda empat biasanya sudah tersedia dengan luas di halaman seputar gedung bagi undangan yang berkendara.

3. Mengingat luasnya tempat, bisa dipastikan tidak akan terjadi penumpukan atau konsentrasi tamu di satu tempat saja. Biasanya karena ketersediaan makanan (baik ringan atau berat) tersebar di beberapa tempat atau sisi di seputaran dalam degung perhelatan, dan calon pengantin tidak perlu dipusingkan dengan urusan lalu lintas tamu yang hadir di gedung tersebut.

Kekurangan Memilih Akad Nikah Di Gedung

1. Pengeluaran terbesar dari alokasi dana untuk pernikahan jelas terlihat dengan menjadikan gedung sebagai tempat pernikahan. Karena, tidak hanya biaya sewa gedung yang harus dipikirkan pengeluarannya, tetapi juga katering, dokumentasi, dan hiburan yang umumnya menjadi satu rangkaian paket dalam sewa gedung, biaya besar itu bisa semakin terasa bila pihak gedung bermitra pula dengan wedding organizer atau wedding planner.

2. Terkesan lebih megah, tidak saja untuk mempelai pengantin, tapi juga untuk tamu-tamu yang hadir menginga batasan antara tampil baik dan pamer kemewahan, dari busana dan aksesori yang dikenakan, hanya sejengkal alias beda tipis.

Kelebihan Dan Kekurangan Jika Akad Nikah Diselenggarakan Di Masjid

Kelebihan Akad Nikah Di Masjid

1. Biaya relatif terjangkai dan sederhana, apalagi biasanya sudah tersedia paket dengan penghulu dan pencatat pernikahan

2. Suasana yang lebih keagamaan dan religius lebih dirasakan sehingga diharapkan makna terdalam akan sebuah ikatan tali pernikahan bisa merasuk dalam sanubari pasangan atau mempelai pengantin.

3. Keberkahan, bisa semakin bertambah karena uang yang diperuntukkan untuk penyelenggaraan pernikahan di masjid sebagiannya ada yang diperuntukkan bagi keperluan infak masjid dan bagi sesama yang membutuhkan, sehingga mempelai pengantin secara tidak langsung pada akhirnya ikut beramal dan mendapatkan berkahnya.

Kekurangan Mengadakan Akad Nikah Di Masjid

1. Tempat yang terbatas, sehingga tidak semua rekan, sahabat dan kerabat bisa diharapkan untuk hadir dalam akad nikah, sekali lagi disini dibutuhkan kecakapan mempelai dan keluarga yang mempunyai hajat dalam memilih undangan, tanpa bermaksud tidak adil (pilih kasih). Demikian juga dengan keterbatasan lahan parkir.

2. Demi menghormati tempat ibadah, di masjid-masjid tertentu biasanya untuk hiburan yang sifatnya tidak berbau keagamaan tidak boleh ditampilkan, maka itu tidak jarang acara penikahan yang diselnggarakan di masjid minus dengan kemeriahan.

Baca Juga Manfaat Pendidikan Pra Nikah

Penutup

Itulah tips memilih tempat akad nikah yang baik dan cocok. Dengan segala pertimbangan yang ada, semua penyelenggaraan pernikahan pada akhirnya dikembalikan pada calon pengantin, mana yang lebih baik, karena itu juga tergantung pada dana anggaran yang anda punya atau persiapkan.

Baca Juga Tips Pernikahan Langgeng Seumur Hidup

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel