Tips Memilih Jenis Musik Hiburan Untuk Pesta Pernikahan Sesuai Dengan Tema - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Tips Memilih Jenis Musik Hiburan Untuk Pesta Pernikahan Sesuai Dengan Tema

informasitempat, Tips Memilih Jenis Musik Hiburan Untuk Pesta Pernikahan - Penempatan musik yang kurang tepat bisa merusak suasana perhelatan seperti pernikahan. Pernahkah anda datang ke suatu pesta pernikahan dimana musik yang disediakan sangat bising di telinga? Hal ini bisa membuat anda mendadak tidak bisa menikmati hidangan yang tersebar di segala penjuru gedung pernikahan. Pembicaraan dengan saudara maupun dengan teman pun menjadi sangat terganggu.

Musik Hiburan Untuk Pesta Pernikahan


Gambar Tips Memilih Jenis Musik Hiburan Untuk Pesta Pernikahan Sesuai Dengan Tema


Keberadaan musik di sebuah pernikahan sangat penting. Banyak pasangan yang akan menikah bersama-sama menentukan jenis musik apa yang hendak mereka sajikan dalam pesta pernikahan itu. Namun perlu diingat bahwa musik yang kurang tepat ditempatkan di suatu acara bisa merusak dari suasana hingga mood para tamu. jadi, tidak bisa sembarangan atau hanya menuruti selera sendiri. Selain itu pula, tidak boleh berlebihan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan, entah itu busana atau maupun musik yang akan ditampilkan.

Yang terpenting dari keberadaan musik tersebut adalah bagaimana nada-nada itu bisa memoles pesta yang sakral menjadi lebih syahdu tetapi meriah tanpa mengesampingkan kehangatan suasana keakraban dengan saudara, teman dan keluarga serta tamu undangan lainnya. Musik sangat menentukan mood para tamu undangan, musik juga menjadi penegas tema pernikahan itu, entah tradisional, klasik maupun modern. Dan berikut adalah beberapa pilihan musik untuk pesta sesuai dengan tema yang bisa menginspirasi anda.

Musik Tradisional Untuk Pesta Pernikahan

Pada umumnya masyarakat kita masih lebih memilih pernikahan tradisional ketimbang macam pernikahan lainnya. Karena pernikahan dianggap sebagai suatu perhelatan sakral yang terikat dengan adat dan budaya.  Tidak heran meski di era globalisasi ini masih banyak masyarakat memilih untuk membuat pesta pernikahan secara tradisional, sesuai dengan adat dari suku masing-masing.

Dalam memilih musik pun masyarakat punya pilihan tersendiri sesuai dengan tema pernikahan. Apabila anda ingin menciptakan pesta dengan atmosfir etnik, maka tidak perlu repot lagi. Hubungi jasa penyelengga pernikahan adat yang biasanya menyediakan musik tradisional. Alternatif lainnya, anda bisa menghubungi sanggar kesenian daerah.

Pernikahan dengan adat Jawa, yang biasanya diiringi dengan alunan gending gamelan Jawa. Yang terdiri dari instrumen musik yang terbuat dari logam, kayu, bambu (kendang, rebab, cemplung, gambang, gong dan seruling bambu). Pernikahan dengan adata Sumatera, biasanya diiringi dengan rebana. musik tradisional lainnya yang sering dipakai untuk mengiringi pengantin adalah kolintang khas Sulawesi dan angklung maupun gending Sunda khas Priangan.

Kelebihan dari pilihan ini adalah sekeras-kerasnya orang memukul gending, angklung atau rebana, tidak akan membuat sakit telinga. Maka dari itu, penggunaan iringan musik tradisional dijamin bisa membuat pernikahan meriah namun khusyuk dan melodius.

Musik Klasik Untuk Pesta Pernikahan

Apabila calon mempelai yakin dengan tema pernikahan tang dipilih adalah pernikahan yang elegan dan berkelas, musik klasik akhirnya akan menjadi pilihan utama. Suasana yang didapatkan dari alunan musik klasik ini tentu saja kemegahan, romantis, hangat dan syahdu. Tidak dapat dipungkiri lagi, banyak pasangan memilih jenis musik ini dalam pesta pernikahan di taman. Karena dengan bunyi-bunyian dari instrumen musik seperti brass, woowinds, perkusi adalah jenis penyedia musik klasik pada umumnya.

1. Mini Orchestra : sering disebut sebagai musik kamar (Chamber Musik). musik yang biasa dimainkan oleh tiga orang atau trio, sering tampil di lounge hotel. Kombinasinya pun beragam, seperti piano-biola-bas, piano-cello-biola, atau piano-cello-flute.

2. Orchestra : suasana super romatis, mewah dan elegan bisa di dapatkan dari sajian musik dari orkestra. Pegelaran ini memang all out. para tamu undangan dijamin akan terkesan. namun untuk itu anda dituntut untuk mengeluarkan biaya ekstra dan waktu yang banyak pula, karena pergelaran ini tidaklah murah dan membutuhkan banyak persiapan. Anda juga harus menyiapkan area yang luas karena personil orkestra lumayan banyak.

Musik Western Dan Musik Pop Indonesia Untuk Pesta Pernikahan

Apabila anda menginginkan suasana pesta meriah namun cozy atau nyaman dimana anda bisa bebas menghampiri para tamu undangan, maka pilihlah musik western ini bisa menjadi pilihan terbaik. Jenis musiknya pun variatif, seperti pop, country, jazz, rhythm and blues (R&B), dan latin. Apabila anda ingin suasana romantis dan stylish, musik pop ala George Michael dan jazz ala Sade bisa menjadi pilihan.

Apabila pesta akan diramaikan dengan line dancing, musik country ala Kemmy Rogers dan musik latin ala Ricky Martin bisa ditampilkan. Musik western bisa dimainkan oleh live band, disc jockey (DJ), atau iPod dan sound system. pilihannya tergantung budget yang tersedia.

Kelebihan dan Kekurangan Antara Live Band, Disc Jockey Dan iPod.

1. Live band sering diminati oleh calon pengantin, suasana yang teduh juga dapat diciptakan dengan musik dari live band ini. Hal ini juga bisa menahan tamu untuk berbicara dengan suara keras.

2. Daripada live band, menyewa disc jockey (DJ) lebih murah, lagu-lagu yang diputar tentu saja sama persis dengan lagu yang dibawakan oleh penyanyi aslinya.

3. Jenis pengiring musik pernikahan dengan iPod atau Flash disc lebih murah, dimana daftar-daftar lagu direkam dan dimasukkan ke dalam satu folder yang bisa dimainkan berulang kali. Oleh karena lagu-lagunya bukan cover version (dinyanyikan oleh orang lain), maka suara dan alunan sama percis dengan yang dibawakan oleh penyanyinya. Namun apabila latar musik hanya berupa musik rekaman, kemungkinan tamu berani mengobrol dengan suara keras.

Baca Juga Manfaat Pendidikan Pra Nikah

Sound Checklist

Ingin sukses dengan sajian musik yang akan mendukung suasana pesta anda? berikut adalah 8  checklist yang harus anda miliki seputar penyediaan musik di pesta.

1. Browsing Around
Luangkan waktu untuk menonton pertunjukan musik. Karena dari situ anda akan terinspirasi beberapa penampilan band maupun musik yang bisa anda minta untuk tampil di pesta anda.

2. Kontrak Sewa
Pastikan anda maupun penyedia musik baik itu band maupun DJ memiliki salinan kontrak yang telah ditandatangi.

3. Menjalin Hubungan Baik Dengan Penyedia Musik
Dengan demikian, mereka akan lebih bisa memberikan penampilan terbaik yang sesuai dengan selera anda dalam pesta.

4. Detail Lokasi
Anda harus memastikan dan memberitahukan secara detail tentang alamat lokasi pesta.

5. Area Untuk Tampil
Ajak penyedia musik untuk datang ke lokasi pesta beberapa hari sebelu hari pernikahan untuk menentukan tempat terbaik mereka akan tampil, karena area tempat tampil harus sesuai dengan pertimbangan efek suara yang dihasilkan serta jumlah orang yang akan tampil.

6. Daftar Lagu
Deretan daftar lagu harus didiskusikan. sebaiknya musik dipilih sesuai dengan selera umum supaya tidak terdengar asing.

7. Penampilan Penyanyi Maupun Anggota Band
Penampilan atau outlook dan busana yang dikenakan penyanyi ataupun anggota band harus didiskusikan. usahakan penampilan sopan dan tidak seronok.

8. Harga Lembur
Apabila penyedia musik diharuskan memainkan musik melebihi waktu yang ditentukan, maka harga pun harus disesuaikan.

Baca Juga 4 Tips Menghadapi Masalah Pernikahan

Penutup

Itulah tips memilih jenis musik hiburan untuk pesta pernikahan sesuai dengan tema pernikahan, dengan demikian anda tidak harus salah dalam meilih musik hiburan untuk mengiringi acara pesta pernikahan anda yang spesial dan bahagia.

Share this post

Related Posts

0 Response to "Tips Memilih Jenis Musik Hiburan Untuk Pesta Pernikahan Sesuai Dengan Tema"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel