5 Cara Mudah Membuat Taman Kering Di Rumah Dan Estimasi Biaya Membuat Taman Kering - Tempat Informasi -->

Sponsor:

5 Cara Mudah Membuat Taman Kering Di Rumah Dan Estimasi Biaya Membuat Taman Kering

Cara Membuat Taman Kering Di Dalam Rumah

Taman kering dirumah memang minim tanaman tetapi tetap terlihat menawan jika kita membuatnya dengan cara yang bagus. lalu bagaimana cara membuat taman kering yang minim tanaman namun tetap terlihat menawan untuk mempercantik rumah anda? ini lah solusinya.

Taman Kering Yang Tampil Ramping

taman kering tampil ramping inilah solusi membuat taman sederhana dirumah anda, tidak perlu banyak tanaman, cukup satu pohon, dan cukup menambhakan satu unsur aksesori taman, maka taman kering ini akan terlihat elegan.

Tempayan Merah Bata

tempayan berwarna merah bata memberikan aksen pada taman, isinya anda bisa menaruh bunga teratai kecil atau eceng gondok untuk menambahkan kesan asri di taman.

Gambar 5 Cara Mudah Membuat Taman Kering Di Rumah Dan Estimasi Biaya Membuat Taman Kering

merancang taman kering memang mudah dan sangat sederhana, tidak perlu banyak tanaman. cukup satu pohon, maka suasana pun menjadi hidup, sementara bagian alasnya cukup pula dengan material batu koral.

begitulah konsep taman kering di rumah, alas taman kering bukanlah rumput tetapi batu koral hitam yang ditabur merata, ukuran batu koral ada yang besar ada juga yang berukuran kecil, dengan diameter batu koral biasanya sekitar 3-5 cm. 

biasanya taman kering sering menggunakan pohon kamboja dengan tinggi 2 m yang ditanam di tanah secara langsung atau di tanam di dalam pot. dan pilih pohon kamboja yang bentuknya langsing, sehingga mengesankan sebuah taman yang simpel.

untuk memberi aksen, di depan pohon kamboja di letakkan tempayan berisi air dan tanaman teratai kecil atau tanaman eceng gondok dengan ikan cupang didalamnya. pilih tempayan itu dengan ukuran permukaannya dengan diamater 40cm.

adapun ikan cupang didalam tempayan itu berguna mencegah berkembang biaknya jentik nyamuk. coba anda perhatikan, taman kering biasanya begitu minimalis : dari pepohonan sampai aksesori pelengkapnya.

5 Langkah Mudah Membuat Taman Kering

1. gali kedalaman tanah sekitar 30cm sampai 60 cm. tanam pohon kamboja ditengahnya lalu tutup kembali dengan tanah setelah pohon kamboja selesai ditanam. atau anda juga bisa meletakkan pohon kamboja di dalam pot ukuran besar jika anda tidak ingin menanamnya langsung di tanah.

2. ratakan permukaan tanah dengan cangkul, bersihkan permukaan tanag dari kerikil, sisa daun kering, sisa bangunan, atau dari sampah lainnya.

3. pasang ijuk setebal 5-10cm secara merata agar permukaan tanah atau pasir tidak keluar, dan ijuk juga dijadikan media untuk peresapan air hujan, dan hindari pemasangan ijuk pada satu tempat, sebagai pengganti ijuk, anda bisa juga menggunakan pasir.

4. isi taman dengan batu koral lalu atur dan ratakan dengan menggunakan sekop, biarkan koral ukuran besar dan ukuran kecil bercampur menjadi satu, sehingga terlihat natural.

5. taruh tempayan ditengah taman sebagai aksen, isi tempayan itu dengan tanaman air yang anda suka, seperti eceng gondok, teratai dan lainnya, hal ini untuk menyeimbangkan karakter batu agar terlihat menawan.

Estimasi Biaya Membuat Taman Kering

berikut ini adalah estimasi atau perkiraan dalam membuat taman kering dengan ukuran 10,2 M persegi.
  • batu koral hitam 80 karung @Rp.11.000 = Rp 880.000
  • pohon kamboja setinggi 2m = Rp 300.000
  • tempayan diameter 40 cm = Rp.30.000
  • eceng gondok atau teratai 4 batang @10000 = Rp.40.000
  • ijuk 10 gulung @ Rp.20.000 = Rp 200.000

Maka Total Estimasi Biaya Untuk Taman Kering Dengan Ukuran Seperti Diatas Adalah Rp.1.450.000.

Tentang Taman Kering

taman kering biasanya digunakan atau dibuat untuk menyeimbangkan bentuk bangunan, taman biasanya sebagai generator udara agar suhu udara didalam rumah tetap sejuk, dan letak taman kering biasanya di belakang rumah, atau di samping rumah atau di sebelah kamar atau disebelah dapur.

kenapa harus menggunakan pohon kamboja? karena pohon kamboja dengan tinggi 2 m sebagai simbol untuk taman yang sederhana, dan pohon kamboja mudah dirawat dan kuat terhadap cuaca dan udara apapun.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel