Apakah Tenaga Itu Dan Jenis-Jenis Tenaga - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Apakah Tenaga Itu Dan Jenis-Jenis Tenaga

Apakah Tenaga Itu Dan Jenis-Jenis Tenaga

Apakah Tenaga Itu - Seperti anda ketahui dari bahan bacaan dalam surat kabar, tujuan terbesar umat manusia dalam membina ilmu pengetahuan sekarang ini adalah untuk memperoleh tenaga dari atom, agar manusia bisa mengisi kehidupan dengan percobaan-percobaan yang damai dan berlimpah dalam kebutuhan hidupnya.

Jika cita-cita ini terlaksana, maka ini berarti langkah terbesar telah tercapai dalam sejarah umat manusia menuju ke arah dunia yang sejahtera.

Gambar Apakah Tenaga Itu Dan Jenis-Jenis Tenaga

Albert Einstein adalah manusia pertama yang membentuk satu teori yang mengukur segala sesuatu dengan istilah tenaga atau energi. dengan kata laim, Albert Einstein bisa mengukur dan membuktikan bahwa benda dapat dirubah menjadi tenaga.

penemuan ini telah membawa perubahan mutlak dalam pandangan manusia terhadap dunia kebendaan, benda menjadi nomor dua. tenagalah yang menjadi hal terpenting di dalam dunia kebendaan kita.

Apakah Tenaga Itu

Tenaga adalah kemampuan dalam melaksanakan suatu pekerjaan, tenaga adalah penunjang terhadap kekuatan, sehingga memungkinkan kekuatan itu mempunyai daya kerja, marilak kita coba memahami hal ini dengan cara meninjau bagaimana cara bekerja sebuah mobil.

untuk membuat sebuah mobil bergerak maju, diperlukan suatu kekuatan, untuk memperoleh kekuatan itu harus ada sumbernya. sumber kekuatan itu adalah tenaga atau energi.

Dari Mana Kita Mendapatkan Sumber Tenaga Atau Sumber Energi

dari bahan bensin, tenaga akan keluar dari bensin apabila bensin itu mengalami proses pembakaran di dalam sebuah silinder. tenaga ini menyebabkan kekuatan tertentu bisa terlaksana, yaitu kekuatan yang menimbulkan gerak melalui bantuan gigi dan roda ban mobil itu.

akibatnya mesin bisa ihidupkan dan tenaga bisa dihasilkan dari padanya untuk mampu menggerakkan mobil itu.

Jenis-Jenis Tenaga

ada dua jenis tenaga yang kita kenal, tenaga yang potensial dan tenaga kinetik. mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tenaga potensial itu.

Tenaga Potensial

bensin adalah sumber tenaga karena molekul-molekul ini tersimpan tenaga, yaitu tenaga yang potensial, bilamana bensin itu meledak, maka tenaga potensial itu telah habis terpakai.

sebuah contoh lain tentang tenaga potensial adalah yang tertampung pada berat. di dalam berat suatu benda terhimpun sejumlah tenaga. tenaga itu dapat kita bebaskan dengan cara membiarkan berat benda itu jatuh. air yang jatuh dari puncak air terjun atau mengalir deras dari balik sebuah bendungan memiliki daya kekuatan yang terhimpun itu.

pada saat benda yang berat itu dibiarkan jatuh, maka air mengalir jatuh ke bawah. oleh karena itu ia bergerak menurut kecepatan yang tertentu dalam melakukan suatu pekerjaan. maka tenaga semacam ini disebut tenaga kinetik.

Tenaga Kinetik

tenaga kinetik adalah tenaga yang berasal dari tekanan berat sesuatu benda yang bergerak dan dari daya kecepatan geraknya itu. pada saat suatu benda itu jatuh, ia kehilangan tenaga potensialnya dan memperoleh tenaga kinetiknya.

tetapi jumlah tenaga yang diperolehnya itu adalah tepat sama dengan jumlah tenaga yang dilepaskannya itu. pada kenyataannya jumlah tenaga yang terdapat di alam semesta ini adalah senantiasa sama saja.

kita tidak mungkin menciptakan tenaga yang baru, atau membinasakannya, yang kita bisa lakukan adalah hanya merubah bentuk dari suatu tenaga kepada bentuk tenaga lainnya, tidak peduli apakah itu menyangkut tenaga yang dikandung oleh air, batu bara atau atom sekalipun.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel