Perintang Suara Dan Apakah Perintang Suara - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Perintang Suara Dan Apakah Perintang Suara

Perintang Suara Dan Apakah Perintang Suara

Perintang suara, istilah perintang suara sebenarnya merupakan suatu istilah yang kurang tepat untuk menggambarkan suatu kondisi bagi pesawat terbang yang bergerak dengan kecepatan tertentu. kita mendengar akan terjadinya semacam "rintangan" terhadap pesawat terbang, apabilia pesawat itu telah mencapai kecepatan suara. tetapi ternyata tidak terjadi rintangan suara semacam itu.

Gambar Perintang Suara Dan Apakah Perintang Suara


untuk bisa memahami ini, baiklah kita mulai dengan mempersoalkan sebuah pesawat udara yang sedang terbang pada kecepatan yang rendah. pada saat pesawat itu bergerak maju, bagian depan pesawat itu mengeluarkan gelombang tekanan.

gelombang tekanan itu disebabkan oleh bertumpuknya partikel udara pada saat pesawat itu bergerak maju. gelombang tekanan ini bergerak maju mendahului pesawat itu dengan kecepatan suara. oleh sebab itu kecepatan suara bergerak lebih cepat daripada pesawat itu sendiri.

yang seperti telah kita katakan diatas tadi, pesawat itu maju dengan kecepatan biasa. pada saat gelombang tekanan ini meluncur kedepan mendahului pesawat itu, maka ia menyebabkan udara itu bergerak dengan lancar melalui permukaan sayap pesawat yang sedang mendekat itu.

kita katakan saja pesawat itu sedang terbang dengan kecepatan suara sekarang. maka udara yangberada di depan pesawat itu tidak akan menerima gelombang tekanan terlebih dahulu di hadapannya, oleh karena baik pesawat maupun gelombang tekanan itu bertumpuk di depan sayap pesawat.

akibatnya terjadilah semacam gelombang yang menyentak, dan gelombang ini menyebabkan tekanan yang hebat pula bagi pesawat itu. sebelum pesawat itu terbang, pada kecepatan suara atau lebih cepat lagi dari suara.

maka diharapkan bahwa gelombang menyentak dan tekanan-tekanan akan membentuk semacam "rintangan" bagi pesawat itu, yaitu suatu "perintang suara". tetapi ternyata tidak ada perintang semacam itu yang terjadi. sebabnya? para insinyur di bidang penerbangan telah berhasil membuat pola bangunan pesawat terbang yang mampu menanggulangi hal ini.

yang kita dengar sebagai suara gemuruh yang bertumpuk pada saat pesawat melewati suatu "perintang suara" itu disebabkan oleh gelombang menyentak seperti yang telah kita uraikan di atas tadi, yaitu bilamana kecepatan gelombang tekanan itu sama dengan kecepatan yang ditempuh oleh pesawat.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel