Mineral Dan Apakah Mineral Itu - Tempat Informasi -->

Sponsor:

Mineral Dan Apakah Mineral Itu

Mineral Dan Apakah Mineral Itu

Mineral adalah setiap bahan yang kita temukan dalam kulit kerak bumi yang bukan dari mahluk hidup. kadang-kadang orang menyebut minyak tanah, batubara dan batu kapur itu mineral, tatpi oleh karema bahan-bahan tersebut tenyata berasal dari tumbuh-tumbuhan dan binatang-binatang yang hidup jutaan tahun lampau, maka pada dasarnya mereka bukanlah mineral.

Gambar Mineral Dan Apakah Mineral Itu


Jenis-jenis Mineral

pada umumnya mineral itu terdiri dari dua golongan, yaitu mineral yang metalik dan mineral non-metalik. contoh-contoh dari mineral metalik adalah hematit (besi), bornit (tembaga), dan bauksit (aluminium).

mineral yang non-metalik adalah antara lain quarts, asbes dan kalsit. bahan-bahan mineral pada umumnya terdapat dalam bentuk "kristal" atau halburan.

memang orang mudah menjadi bingung dalam membedakan secara tegas antara mineral dan batu-batuan, tetapi perbedaan itu ada, sebuah mineral mempunyai susunan yang tertentu.

bahan kimia yang membentuk kimia boleh dikata hampir sama secara menyeluruh, tidak peduli di mana pun berada. jadi, mineral yang kita temukan di bagian mana pun di dunia akan memiliki sifat kemilau, kadar padat, dan ciri-ciri lainnya yang sama.

tetapi batu-batuan itu terdiri dari campuran berbagai macam mineral, kita ambil sebagai contoh adalah granit, granit merupakan batu-batuan yang terdiri dari berbagai mineral seperti quartz, feldspar, mika dan lain-lainnya.

sepotong granit yang kita temukan di suatu tempat bisa berbeda-beda mineralnya yang bermacam-macam itu bila kita bandingkan dengan granit di tempat lain.

Bagaimana Mineral Terbentuk

mineral dapat kita temukan di tengah batu-batuan atau di tengah pasir dan kerikil. cara mereka terbentuk pun sangat beragam pula, banyak mineral telah mengkristal atau menjadi keras semenjak berjuta-juta tahun yang lampau fan berasal dari cairan batu-batuan yang lebur karena terik, yaitu "magma".

intan, mika dan feldspar adalah contoh-contoh mineral yang terbentuk dari magma yang lebur itu. ada mineral tertentu yang dipandang orang sangat mahal harganya, terutama sekali oleh karena bagus bentuknya dan jarang sekali ditemukan.

mineral semacam itu kita sebut "batu mulia". beberapa contoh mineral batu mulia yang tinggi harganya dan sangat mahal adalah intan, garnet, topaz dan zicron.

sebagian jenis mineral sebaliknya terdapat hampir sama dimana-mana, mineral yang paling umum adalah quartz, terdapat kurang lebih 200 macam quartz yang dapat kita temukan hampir di semua bagian dunia ini.

Share this post

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel